Tips

TIPS MEMILIH SEPATU FUTSAL BIAR NYAMAN DIGUNAKAN

Untuk kalian yang hobi olahraga futsal harus tahu bagaimana memilih sepatu futsal yang benar dan cocok untuk kaki kalian. Simak ulasannya berikut ini!

title

FROYONION.COM - Sepatu futsal bisa dikatakan salah satu barang yang harus dipakai oleh para pemain futsal saat melakukan kegiatan olahraga futsal. Selain untuk melindungi kaki dari benturan yang keras, sepatu sendiri memiliki kegunaan untuk membantu kalian menendang bola hingga berlari. 

Bagian outsole pada sepatu futsal biasanya terbuat dari bahan karet. Nah, untuk kalian yang mau membeli sepatu futsal bisa perhatikan beberapa hal penting untuk membeli sepatu futsal yang benar. Simak artikel ini sampai habis ya! 

SESUAIKAN DENGAN  BUDGET

Untuk langkah yang pertama tentunya adalah budget atau biaya yang kalian punya untuk membeli sepatu tersebut. Tetapi, kalian jangan tergoda dengan tawaran harga sepatu yang murah. Kebanyakan dengan harga yang murah pasti kualitas sepatu tersebut tidak begitu bagus.

Apabila budget kalian belum cukup untuk membeli sepatu futsal yang original dari merek-merek luar negeri, tak ada salahnya untuk membeli sepatu futsal original produksi merek lokal. 

Saat ini produksi sepatu futsal asli Indonesia sudah memiliki kualitas yang terbaik agar para pemain futsal dapat memainkan bola dengan nyaman di lapangan futsal. Contohnya ada merek Specs, Ortuseight, Mills dan masih banyak yang lainnya. 

TENTUKAN UKURAN

Kalian pasti sudah tahu ukuran sepatu yang sesuai dengan kaki kalian dong. Tetapi, kalian tidak disarankan untuk memilih sepatu dengan ukuran sama seperti sepatu yang lain. 

Pilihlah sepatu futsal dengan ukuran lebih besar dari ukuran kaki kalian setidaknya 1 cm. Karena, dengan menggunakan sepatu futsal yang lebih besar 1 cm dari kaki kalian, akan membuat kaki bisa bergerak maksimal serta kegiatan futsal kalian menjadi nyaman untuk meningkatkan performa di lapangan.  

AMATI JENIS SOL SEPATU

Jenis sol pada sepatu futsal pastinya berbeda dengan sol sepatu yang dipakai pada sepatu olahraga lainnya. Kalau kalian melakukan olahraga futsal di atas rumput sintetis, carilah sepatu futsal dengan sol yang ada gerigi kecilnya. Bahan sol sepatu futsal yang dipakai pada lapangan rumput buatan pastinya harus lebih kokoh supaya bisa mengendalikan laju pemain saat berlari di lapangan buatan yang licin.

Sementara itu, apabila kalian melakukan olahraga futsal di lapangan vinyl, carilah sepatu dengan sol luar yang rata dan tidak ada gerigi kecilnya. Karena, lapangan vinyl merupakan lapangan yang lapisan karetnya halus dan lembut ketika diinjak untuk berlari.    

PERHATIKAN JAHITAN SEPATU

Setelah memastikan sol sepatu yang tepat untuk digunakan di lapangan yang sesuai, langkah selanjutnya yaitu perhatikan jahitan pada sepatu yang ingin dibeli. Sepatu futsal bisa dikatakan bagus yaitu dari segi jahitannya yang kencang dan rapi.

Sebab, sepatu yang mempunyai jahitan yang kencang dan rapi adalah jaminan bahwa merek sepatu futsal itu tidak gampang rusak dan pastinya awet. Nah, untuk kalian yang ingin membeli sepatu futsal jangan lupa perhatikan jahitannya terlebih dahulu.

SESUAIKAN SEPATU DENGAN POSISI DI LAPANGAN

Peran kalian di lapangan saat melakukan olahraga futsal pastinya harus menetapkan jenis sepatu futsal yang harus dimiliki. Sebab, pada setiap posisi pemain futsal itu memakai jenis sepatu yang berbeda. Mulai dari bagian atas sepatu (upper) yang ketat hingga bentuk sol yang lebar.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak beberapa langkah memilih sepatu yang sesuai dengan posisi di lapangan berikut ini :

1.    Sepatu Futsal Untuk Posisi Kiper

Seorang kiper sebenarnya memiliki tugas yang sederhana yaitu menjaga gawang agar tidak kebobolan, tapi pada era modern sekarang ini ternyata kiper juga turut membantu dalam proses serangan balik ke pertahanan lawan.

 Oleh karena itu, sepatu futsal yang cocok untuk kiper yaitu yang memiliki upper tebal. Karena, seorang kiper sering bersentuhan langsung dengan lapangan dan pastinya kalau uppernya tebal akan mengurangi kerusakan pada sisi sepatu bagian dalam. Selain itu, pilihlah sepatu yang bagian tumitnya elastis dan kuat agar nyaman saat melakukan split.

2.    Sepatu Futsal Untuk Posisi Anchor

Posisi anchor sendiri, diwajibkan memiliki kreativitas passing yang akurat. Untuk kalian yang posisinya sebagai anchor, carilah sepatu yang enak digunakan saat passing yaitu sepatu yang sisi bagian dalamnya lebar. Selain itu, pilihlah sepatu yang elastis agar saat melakukan pertahanan bisa lebih cepat untuk melakukan pergerakan dan cepat juga dalam merebut bola.   

3.    Sepatu Futsal Untuk Posisi Flank

Untuk kalian yang berposisi sebagai flank atau sayap, pastinya harus mempunyai skill gocek yang lincah dan bisa berlari dengan cepat di lapangan. Kalian bisa pilih sepatu yang memiliki bobot sepatu yang ringan agar bisa berlari dengan kencang. Selanjutnya, cari sepatu yang memiliki outsole tipis atau pendek sehingga ketika menggocek bola akan terasa enteng.

4.    Sepatu Futsal Untuk Posisi Pivot

Yang terakhir sepatu futsal yang cocok untuk seorang pivot adalah sepatu yang memiiliki outsole cukup tinggi dan lebar sehingga bola akan menempel dengan sempurna dan bisa berfungsi untuk menahan bola. Selanjutnya, dengan memiliki outsole yang tinggi akan membantu kalian dalam keseimbangan ketika berduel badan dengan pemain anchor lawan. 

Jadi, sekarang kalian sudah tahu dong ketika akan membeli sepatu futsal harus gimana. Informasi di atas adalah sesuai dengan pengalaman saya dan bertanya kepada teman-teman yang mahir dalam bermain futsal.

Tetapi kembali lagi, sepatu futsal yang cocok adalah sepatu yang nyaman ketika digunakan. Ketika kalian pakai sepatunya terasa nyaman maka kalian dapat semakin menikmati permainan di lapangan. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Doni Dwi Setiawan

Lebih baik tidak tahu, tapi pingin tahu, dari pada sok tahu.