Tips

TIPS HEMAT MEMUTIHKAN SEPATU PUTIH YANG KOTOR

Untuk membersihkan sepatu putih dari kotoran dan biar terlihat kinclong seperti baru, kalian hanya memakai alat dan bahan yang ada di rumah. Bisa ikuti tips berikut ya!

title

FROYONION.COM - Sepatu warna putih seakan menjadi sebuah tren dan kewajiban yang harus dimiliki oleh kalangan anak muda saat ini. Karena sepatu putih sendiri cocok untuk disatukan dengan celana, rok, bahkan ada juga yang memadukannya dengan setelan jas untuk tampilan semi formal.

Sayangnya, terkadang ada kekhawatiran untuk membeli sepatu berwarna putih. Salah satu keraguan utama untuk membeli sepatu putih adalah cepat kotor dan warnanya menjadi kusam cenderung mudah menguning.

Walaupun begitu, tak berarti persoalan tersebut jadi penyebab untuk tidak membeli sepatu berwarna putih ya. Kalian bisa kok membersihkan sepatu putih sendiri di rumah dengan mudah. Simak caranya berikut ini.

CARA MEMBERSIHKAN SEPATU PUTIH

 1.    Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi mempunyai fungsi menyehatkan gigi dan membuat gigi menjadi tetap putih. Nah, fungsi inilah yang juga bisa untuk membersihkan sepatu kalian agar menjadi putih kembali. Perlu diingat untuk pasta gigi yang dipakai jangan yang berbentuk gel dan memiliki warna ya.

Caranya adalah basahi dengan air hangat ke bagian yang kotor dan menguning, oleskan pasta gigi ke noda tersebut dan diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian gosok secara perlahan dengan sikat gigi bekas atau sikat khusus sepatu yang permukaannya lembut agar tidak merusak sepatu kalian, lalu bilas dengan air hangat secukupnya dan keringkan dengan kain kering. Untuk cara yang ini sudah banyak yang mencoba dan berhasil lho.

2.    Menggunakan Sabun Cuci Piring

Tidak hanya untuk membersihkan piring dan sendok saja, ternyata sabun cuci piring juga bisa berfungsi untuk menghilangkan kotoran pada sepatu putih lho. Kalian hanya butuh sabun cuci piring, sikat gigi bekas, kain kering, dan air hangat. 

Untuk caranya yaitu, kalian basahi dulu dengan air hangat ke bagian sepatu yang kotor. Kemudian tuangkan sedikit saja sabun cuci piring ke bagian tersebut, gosok perlahan dengan sikat gigi yang halus, lalu tunggu selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air bersih, keringkan dengan kain kering agar sepatu tidak terlalu basah, kemudian jemur dengan cara diangin-anginkan saja ya.

3.    Memakai Soda Kue dan Cuka

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan soda kue dan cuka yang dilarutkan dengan air panas, lalu aduk campuran tersebut hingga teksturnya menyerupai pasta. 

Kemudian, kalian bisa oleskan campuran itu ke permukaan sepatu yang kotor menggunakan sikat gigi yang halus dan diamkan di luar ruangan selama 3 sampai 4 jam. 

Setelah permukaan sepatu yang dilapisi dengan soda dan cuka mengering dan keras, kalian bisa kelupas menggunakan kuku jari kalian.

4.    Memakai Penghapus Pensil

Siapa sangka hanya dengan penghapus pensil bisa membersihkan kotoran yang ada pada permukaan sepatu putih kalian. Tapi hanya untuk noda yang tidak terlalu banyak ya. Untuk kalian yang belum percaya dengan hali ini, yuk langsung dicoba saja.

Ingat ya, penghapus pensil ini hanya bisa digunakan untuk menghapus kotoran pada bahan sepatu kanvas dan kulit sintetis saja. Caranya sangat mudah, sama seperti kalian menghapus sebuah tulisan yang ada di kertas. Perbedaannya hanya medianya saja yaitu sepatu berwarna putih. Kalian pastikan gosokan ke semua permukaan sepatu yang warnanya sudah berubah ya. 

Nah, setelah membersihkan kotoran pada sepatu putih milik kalian. Langkah selanjutnya yaitu kalian harus mengetahui bagaimana cara merawat sepatu putih agar tetap awet dan tidak menguning warnanya. Yukk, terapkan cara berikut ini.

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN AGAR SEPATU PUTIH TETAP AWET

1.    Jangan menggunakan mesin cuci untuk mencuci sepatu

Untuk hal yang pertama ini, kalian jangan coba-coba mencuci sepatu menggunakan mesin cuci ya. Karena nantinya sepatu kalian bisa tergores akibat putaran mesin cuci dan sepatu juga akan menjadi rusak.  

2.    Tidak boleh menjemur sepatu di bawah sinar matahari langsung

Jika kalian sudah membersihkan sepatu, langkah selanjutnya jangan menjemur sepatu di bawah sinar matahari langsung. Karena dampak dari paparan sinar matahari pada sepatu putih yaitu warnanya akan berubah menjadi kusam. Ketika kalian menjemur sepatu, bisa dengan cara diangin-anginkan saja di area yang sejuk.

3.    Jangan mencuci sepatu dengan cara direndam air

Jangan sekali-kali kalian mencuci sepatu dengan cara direndam atau disiram air langsung secara terus menerus dan berlebihan. Hal ini bisa mengakibatkan sepatu sulit untuk mengering.

Jadi, kalau sepatu kalian sulit untuk kering, sepatu tersebut akan menjadi lembab dan bila hal ini dibiarkan, sepatu kalian nantinya akan meninggalkan noda. 

Agar terhindar dari hal itu, biasakan kalian untuk mengeringkan sepatu menggunakan tisu atau kain kering yang lembut ya. Caranya dengan mempatkan dan tekan gumpalan tisu atau kain kering ke seluruh bagian sepatu untuk menyerap air pada sepatu kalian. Lalu, jemur dengan cara diangin-anginkan saja.

4.    Simpan dalam ruangan atau tempat khusus

Setelah sepatu kalian bersih dan kering, berikutnya adalah dengan menyimpan sepatu kalian pada rak khusus sepatu dan usahakan tempat penyimpanannya jauh dari paparan sinar matahari atau bisa di dalam rumah ya. Karena, sepatu kalian warnanya dapat berubah menjadi kekuningan dan cepat pudar jika terkena sinar matahari langsung.

 5.    Tentukan waktu dan tempat yang tepat ketika memakai sepatu putih

Untuk hal penting yang terakhir ini adalah dengan menentukan waktu dan tempat yang tepat untuk memakai sepatu berwarna putih. Misalnya, kalian menggunakan sepatu putih pada saat cuaca yang cerah, karena kalau cuacanya hujan jalanan akan menjadi becek dan sepatu kalian jadi kotor pastinya.

Nah, itu dia tips hemat untuk membersihkan sepatu putih dan juga cara merawatnya agar tetap terlihat seperti baru. Sehingga, nantinya akan menunjang penampilan kalian biar lebih percaya diri saat memakai sepatu putih. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Doni Dwi Setiawan

Lebih baik tidak tahu, tapi pingin tahu, dari pada sok tahu.