Tips

TIPS AMAN HINDARI COPET DI KENDARAAN UMUM

Sebagai pengguna kendaraan umum, pasti ada perasaan khawatir jika barang berharga kita berpindah tangan. Nah, ini dia tips-tips hindari copet di kendaraan umum.

title

FROYONION.COM - Waktu berangkat dan pulang kerja biasanya jadi momok yang cukup meresahkan bagi para Anker (Anak Kereta) seperti gue dan kendaraan umum lainnya. Karena selain harus berdesak-desakkan di tengah banyak orang, kita juga harus berhati-hati agar tidak kena sasaran para pencopet. Ini dia tips aman hindari copet di kendaraan umum.

TIPS TERHINDAR DARI COPET DI KENDARAAN UMUM

Ada beberapa tips agar lo tidak dicopet di kendaraan umum:

1. MENYIMPAN DAN MENGAMANKAN DOMPET

Tips paling dasar agar terhindar dari copet di kendaraan umum adalah menyimpan dan mengamankan dompet lo di kantong depan atau di dalam tas.  Taruh tas di depan agar tetap berada dalam pengawasan. Cara lainnya bagi lo yang sering pakai jaket, lo bisa menyimpan dompet di kantong dalam jaket agar lebih aman.

2. KENALI WAKTU-WAKTU SIBUK

Tips selanjutnya adalah  mengenali rush hour atau waktu sibuk. Jika memungkinkan, hindari bepergian pada waktu berangkat dan pulang kerja agar mengurangi risiko dicopet. Misalnya lo bisa pergi lebih cepat atau lebih lambat di saat jam-jam sibuk.

3. JANGAN MENGELUARKAN BARANG BERHARGA DI KERAMAIAN

Pastikan lo membawa uang receh atau uang kecil yang kira-kira diperlukan dalam perjalanan agar tidak perlu mengeluarkan dompet. Selain itu, lo bisa menyimpan HP pada tas atau saku jaket yang tertutup dan sulit digapai orang lain. Mungkin kalau lo orang yang addict banget sama media sosial dan HP, well lo harus menjaga agar HP lo tidak berpindah tangan ketika akan naik atau turun kendaraan umum.

4. JANGAN MENYIMPAN BENDA BERHARGA DI SATU TEMPAT 

Salah satu kebiasaan yang sering gue lakukan adalah menyimpan berbagai benda berharga di satu tempat, misalnya dompet disimpan bersama HP. Jika suatu saat lo dicopet, maka lo akan kehilangan beberapa benda sekaligus. Sebisa mungkin, simpanlah uang yang akan lo gunakan pada dompet recehan atau di saku jaket yang berbeda dari dompet utama. Membagi uang di beberapa tempat juga mengurangi resiko kehilangan yang lebih besar.  

5. JAGA JARAK DARI ORANG LAIN

Berhati-hatilah saat ada orang lain yang bertanya atau meminta bantuan. Bukan berarti llo nggak boleh menolong orang ya. Tetapi ada baiknya menjaga jarak dengan orang tersebut karena bisa menjadi salah satu peluang pencopetan. Termasuk juga jangan menerima bantuan dari orang yang tidak dikenal.

6. TETAP FOKUS!

Nah, ini kunci dari semua tips-tips tadi. Tetaplah fokus pada kondisi di sekitar lo . Setidaknya lebih aware terhadap gerak-gerik orang lain yang menurut lo mencurigakan. Jika suatu saat lo merasa disenggol seseorang, segera periksa kantong atau bagian yang dirasa terisenggol untuk memastikan agar barang tidak hilang. Tapi ingat! Bisa jadi ini jebakan agar lo tanpa sadar memberitahukan posisi benda berharga pada para pencopet. Jadi saat memeriksa kantong, lakukanlah secara halus agar tidak mudah diketahui.

Nah itulah beberapa tips dari agar terhindar dari copet di kendaraan umum dan keramaian. Tetaplah fokus dan jangan sampai lengah pada lingkungan sekitar. See you! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dicky Surya

Freelance writer