Tips

REKOMENDASI PEKERJAAN YANG COCOK UNTUK MAHASISWA

Mahasiswa memang suka jajan dan nongkrong. Tapi, bagaimana kalau kantong kosong? Jangan khawatir, ini rekomendasi pekerjaan buat mahasiswa.

title

FROYONION.COM - Banyak dari mahasiswa yang ingin tetap memiliki penghasilan meski sedang kuliah. Padahal, kuliah sambil kerja adalah sesuatu yang tidak mudah dan tidak semua orang bisa melakukannya.

Salah satu solusinya adalah mencari pekerjaan sampingan. Nah, kali ini ada beberapa rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa. Apa saja? Berikut daftarnya:

1. Guru Les

Guru les adalah salah satu pilihan yang diambil mahasiswa untuk memiliki penghasilan tambahan. Selain menjadi sampingan, menjadi guru les juga bisa menambah pengalaman di dunia pendidikan.

Mata pelajaran yang diajarkan biasanya seperti matematika, IPA, IPS, dan bahkan agama atau mengaji. Jika kalian tertarik, maka bisa membuka jasa privat atau bergabung dengan lembaga bimbingan belajar.

2. Admin Media Sosial

Kemajuan teknologi menuntut setiap orang untuk melek dengan dunia digital. Tidak ada salahnya jika kalian menekuni bidang ini. Karena di saat kuliah, kalian bisa kerja sampingan menjadi admin media sosial.

Banyak perusahaan yang biasanya membuka lowongan kerja part time. Kalian harus terlebih dahulu memiliki skill seperti copywriting dan soft selling.

3. Penulis

Sama halnya seperti admin media sosial, kalian dapat mengasah kemampuan di bidang menulis dengan menjadi penulis lepas. Bidang ini bisa diikuti oleh mahasiswa jurusan apapun.

Selain mendapatkan rupiah dari hasil keringat sendiri, kalian juga bisa menambah wawasan dengan menulis. Bahkan, bukan tidak mungkin kalian akan mendapatkan relasi seperti penulis buku terkenal.

4. Barista

Siapa di sini yang doyan nongkrong? Ternyata, mas-mas yang ada di cafe juga biasanya mahasiswa, loh. Barista di cafe memang sebagian merupakan mahasiswa.

Kalian juga bisa seperti mereka. Caranya adalah dengan menjalin relasi dan berlatih menjadi seoran barista. Kalian bisa belajar menguasai teknik meracik kopi dan minuman lainnya.

5. Penerjemah

Memiliki kemampuan berbahasa asing memang tidak ada ruginya. Selain memperkaya diri, kalian juga bisa menjadi penerjemah saat di bangku kuliah.

Banyak mahasiswa yang mengambil job sebagai penerjemah di berbagai perusahaan. Mereka biasanya merupakan mahasiswa jurusan bahasa asing. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga jurusan lain bisa bersaing.

Itulah rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa. Sebaiknya kalian memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion dan potensi agar hasilnya lebih maksimal.

Tapi, jangan sampai karena bekerja kalian melupakan tugas-tugas kuliah. Ingat, kewajiban seorang mahasiswa adalah belajar. Jangan sampai aktivitas di luar kuliah seperti bekerja paruh waktu mengganggu jam belajar kalian, ya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Diyo Suroso

Jurnalis dan content writer