Tips

PUNYA GIGI BERLUBANG? INI TIPS CARA MENGATASINYA

Gigi berlubang memang bikin nggak nyaman. Coba cek di sini untuk cara mengatasinya.

title

FROYONION.COM - Gigi berlubang atau karies biasanya disebabkan oleh bakteri pada permukaan gigi yang menciptakan asam dari gula. Mereka akan mengikis lapisan email kamu, lalu merusak enamel, lapisan dentin, sampai membentuk rongga lubang.

Penyakit ini juga kerap kali disepelekan, terutama bagi anak muda. Padahal membiarkan gigi berlubang terlalu lama bisa menyebabkan penyakit gigi dan mulut, bahkan penyakit komplikasi yang lebih parah lho. Mulai dari abses gigi, penyakit gusi, penyakit, jantung, sampai stroke. 

Ngeri kan, Civs? Biar gigimu kembali sehat, coba lakukan hal ini untuk mengatasi gigi berlubang kamu. 

MAKAN PERMEN KARET BEBAS GULA

Makan permen karet bebas gula setelah makan terbukti klinis bisa membantu remineralisasi enamel. Permen karet bebas gula ini mengandung senyawa yang disebut kasein fosfopeptida-amorf kalsium fosfat (CPP-ACP) yang telah diuji mengurangi bakteri penyebab gigi berlubang—S. Mutans. Permen ini dapat merangsang air liur, sehingga dapat mengurangi produksi dari bakteri tersebut. 

KONSUMSI VITAMIN D

Vitamin D penting lho untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfat dari makanan yang kamu makan. Studi menunjukkan hubungan antara mengonsumsi makan makanan tinggi vitamin D dan kalsium, seperti yoghurt. Hasilnya, orang yang mengonsumsi makanan tinggi vitamin D lebih bisa menanggulangi masalah gigi berlubang daripada orang yang kurang mendapatkan vitamin tersebut. 

KURANGI MAKANAN MANIS

World Health Organization (WHO) menyatakan konsumsi gula adalah faktor penyebab tertinggi dari gigi berlubang. Mereka pun merekomendasikan untuk mengurangi asupan gula hingga kurang dari 10 persen dari asupan kalorimu setiap harinya. Makan makanan manis sesekali tak masalah tapi kalau berlebihan, hati-hati gigimu tambang berlubang, Civs. 

RAJIN MENYIKAT GIGI DENGAN PASTA GIGI FLUORIDE

Fluoride merupakan zat terpenting untuk mencegah gigi berlubang dan remineralisasi enamel. Riset menunjukkan, menyikat gigi secara teratur dengan pasta gigi berfluoride bisa mencegah gigi berlubang. Ingat ya, harus sikat gigi 2 kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur. 

PERGI KE DOKTER GIGI 

Sudahkah kamu pergi ke dokter gigi 6 bulan sekali? Ini adalah hal yang sering diabaikan oleh kita lho. Kamu mungkin salah satu orang yang pergi ke dokter gigi kalau sedang sakit saja kan? Kalau ya, cobalah ubah kebiasaanmu sekarang juga untuk mencegah gigi berlubang. 

Tapi kalau sudah terlanjur mendapati gigimu berlubang, segeralah periksakan diri ke dokter. Dokter gigi mungkin akan menyarankanmu beberapa perawatan penting seperti menambal gigi, memperbaiki mahkota gigi, perawatan saluran akar, hingga pencabutan gigi. 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gigi berlubang. Penyakit ini mungkin terlihat sepele, dan tidak kamu rasakan sekarang. Tetapi jika menunggu sakit baru menanggulanginya, siaplah mempunyai gigi ompong. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dian Rosalina

Penulis, Ibu-ibu, dan pecinta kucing yang suka bakso.