Tips

PERNAH HILANG MINAT SAMA HOBI/KERJAAN LU? GINI CARANYA BUAT NUMBUHIN BALIK MOTIVASI LU!

Rasanya kehilangan minat sama kegiatan atau pekerjaan yang lu suka itu gak enak, tapi tentu saja ada solusi-solusinya biar lu bisa merasakan kesenangan lagi sama kegiatan lu yang bermanfaat itu.

title

FROYONION.COM - Selama lu hidup, mungkin lu pernah merasakan yang namanya hilang minat terhadap sesuatu yang lu suka- mostly terjadi di hobi ataupun pekerjaan lu pada saat itu. 

Gimana rasanya ketika lu kehilangan desire pada apa yang lu suka saat itu? Pastinya lu merasa hampa, lu merasa males, lu merasa kegiatan tersebut gak ada manfaatnya, motivasi lu hilang, bahkan lu gak pingin melakukan apa yang lu suka. 

Ada juga kasus setelah lu liburan dan masuk kerja, lu masih belum bisa perform secara maksimal selama beberapa waktu.

Sadar nggak sih ketika lu mengalami itu, secara gak langsung lu lagi stuckStuck karena lu lagi dalam kondisi konstan, gak maju ataupun mundur, interest lu lagi nihil, begitu juga motivasi lu. 

Normalnya, individu sewajarnya bisa bounce back dari kondisi itu, tapi pastinya gak semua berjalan semulus apa yang dibayangkan. 

Kondisi-kondisi yang beginian punya beberapa istilahnya sendiri- dari yang ditemuin sama penulis, setidaknya ada tiga kondisi demotivasi yang berhasil penulis pahami.

BEBERAPA JENIS HILANG MINAT

Sebelum penulis bahas, ketiga jenis ini memang mirip definisinya namun bisa dilihat perbedaannya dalam konteks pemakaian dan/atau kondisinya. Kalian boleh simak baik-baik dari sini.

Demotivasi

Demotivasi udah sering banget dibahas dimana-mana, tentunya istilah satu ini pasti udah umum banget buat para individu yang sering banget berselancar di internet. 

Demotivasi adalah kondisi saat individu lelah, capek, atau burnout terhadap pekerjaan yang didampingi sama perasaan hilangnya antusiasme ke pekerjaan tersebut. Secara kasat mata, dampaknya adalah lu jadi gak begitu optimal, kerja lu melambat, dan mudah stress. 

Kalo lu kelamaan demot, nantinya demot ini bakal berpengaruh sama kegiatan lu yang lain- yang mana kalo kayak gini bakal buruk banget buat self-motivation lu buat ke depannya.

Anhedonia

Anhedonia … istilah ini asing buat telinga lu? Anhedonia cukup mirip dengan demotivasi, gambaran Anhedonia adalah kondisi saat minat kita terhadap apa yang kita sukai hilang, ketika minatnya hilang maka perasaan atau emosi kesenangan juga ikut hilang dari situ. 

Buat para civs yang belum tau juga, anhedonia ini dibagi dua; fisik dan sosial. Apa bedanya, bang? Bedanya, fisik itu kita sukar buat ngerasain kesenangan atau enjoy sama kegiatan yang kita sukai sebelumnya. Misalnya main game, olahraga, atau bahkan masturbasi. 

Kalau sosial sendiri lebih ke arah sukarnya kita untuk bersosialisasi sama orang lain. Kalo kita pake bahasa kerennya, turunnya produksi neurotransmitter dalam otak- terutama hormon dopamine berkorelasi sama Anhedonia. 

Hormon dopamine sendiri gunanya buat ngasih elu kesenangan, kegiatan yang banyak produksi hormon ini diantaranya adalah olahraga, tapi bisa juga dipeluk ayang kalau males olahraga.

Post-holiday Syndrome

Nah, Civs jenis yang satu ini lumayan spesial. Kenapa bisa spesial? PHS atau post-vacation blues bisa dialami setelah lu kelar liburan. Perasaan nggak bahagia dateng ke elu tepat setelah libur selesai yang mana artinya lu harus balik ke rutinitas lagi. 

Hal ini bisa aja terjadi karena lingkungan atau tempat kerja lu yang ga sebegitunya menyenangkan, atau bahkan sesimpel transisi dari suasana liburan ke suasana kerja. Bijak banget kalo lu milih balik liburan paling nggak 3 hari sebelum kerja atau bahkan satu minggu, biar transisinya berjalan mulus dan gak bikin lu mengalami PHS ini, civs!

Setelah lu mengenal jenis-jenis hilang minat di atas, udah saatnya gue kasih beberapa saran dan masukan yang bisa membangkitkan lu dari rasa terkapar ini. Perlu diketahui juga untuk pembaca bahwa ketiga jenis abnormalitas di atas bisa mengarah kepada kelainan mental yang lebih dalam. 

Lebih baik kalo lu bisa deteksi dari awal sehingga lu bisa melakukan early-counter atau bahkan pencegahan buat yang gak ingin mengalami. Percaya sama gue deh, kehilangan minat sama yang kita suka itu bikin kita jadi gak mood bahkan untuk bangun tidur- setidaknya itu yang pernah penulis alami sih. 

Oke, berikut beberapa saran dan masukan yang bisa gue kasih.

Lakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik ini berperan besar buat badan dan pikiran lu, sama seperti apa yang udah penulis ketik di atas kalau produksi dopamine itu beneran sangat penting buat menjaga keseimbangan. 

Untuk aktivitas fisiknya sendiri gak terbatas cuma olahraga, lu bisa masak, lu bisa sepedaan, mabar sama temen either mobile games ataupun PC games, cuci mobil, bersih-bersih kamar/rumah, meditasi, atau bahkan sesimpel dengerin musik dari playlist atau artist favorit lu. Bisa dibilang semua yang udah penulis sebut merupakan cara manusia melakukan refreshing.

Poin ini berlaku untuk ketiga jenis abnormalitas tadi ya, Civs! Nggak ada spesifikasi khusus harus gimana dari tiga jenis hilang minat tersebut. Penulis sendiri bener-bener nyaranin untuk olahraga rutin seenggaknya satu kali seminggu selama dua sampai tiga jam. Bulu tangkis, atau main futsal misalnya.

Buat Suatu Gol Baru

Selain melakukan aktivitas fisik yang bermanfaat tadi, lu bisa set sebuah goal baru- bisa dalam pekerjaan yang lu lakukan saat ini, bisa juga dari hobi yang lu suka. 

Dengan adanya peran tujuan yang baru ini harapannya bisa memotivasi lu untuk mencapai goal selama prosesnya nanti. Pada dasarnya, kenihilan tujuan bikin individu jadi merasa konstan dan segitu-segitu aja. Ketika nantinya lu sampe di goal lu yang baru ini, lu bisa kasih self-reward buat diri sendiri sebagai bentuk apresiasi karena lu telah berusaha sepanjang prosesnya.

Jangan Lupa Hubungi Dokter

Perlu penulis ingetin lagi bahwa ketiga abnormalitas di atas sama sekali gak bisa diremehkan dan harus ter-maintaining dengan baik. Dari ketiga jenis tadi, penulis menyimpulkan kalau anhedonia dan demotivasi bisa berkepanjangan- tergantung bagaimana tingkat keparahan yang dialami sama individu. 

Kalau emang dibutuhin banget dan kalian merasa udah bener-bener gak bisa di-handle rasa hilang minatnya, kalian bisa langsung hubungi dokter. Spesial untuk Anhedonia, lu bisa hubungin dokter umum untuk melihat apakah ada gejala fisik yang menyebabkan ini semua. 

Setelah itu, lu juga bisa menghubungi psikolog/psikiater untuk berkeluh kesah di depan mereka, yang pasti jangan malu-malu dan keluarin semuanya ketika lu curhat ke mereka para tenaga ahli. 

Ada catatan penting yang harus penulis bahas di sini, anhedonia biasanya berkaitan sama isu kesehatan mental lain, jadi hati-hati ya civs! yang beginian emang harus ditangani sama profesional biar nantinya elu tetap terjaga dengan baik. Sama seperti anhedonia, demotivasi yang berkepanjangan juga bisa melakukan langkah yang mirip.


Dinamika perasaan sama hal yang kita sukai itu emang gak bisa diremehkan ya, Civs! Lu setidaknya selalu bisa maintaining emosi lu dan perasaan lu dengan baik, niscaya lu mungkin akan jarang ngalamin yang beginian. Perbanyak aktivitas fisik biar level dopamine lu tetap terjaga. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Rivaldi Gabrielleo

Orang yang sering mindful, sering juga mind-blowing. Hobinya menulis konten bertema psikologi biar orang-orang tau kalo dia bisa nulis.