Tips

MABA WAJIB TAHU! 7 TIPS BELAJAR EFEKTIF MENGHADAPI UJIAN

Ujian semasa SMA atau selama kuliah memang tidak begitu berbeda. Namun, sebagai mahasiswa baru hal-hal yang patut lo perhatikan agar belajar lo jadi efektif. Apalagi matkul dan materi yang diujikan tidak sedikit. Simak tips berikut ini agar lo bisa belajar dengan efektif untuk ujian nanti!

title

FROYONION.COM - Bulan ini lagi musim Ujian Tengah Semester atau bahkan ada beberapa universitas yang sudah selesai. Nah, gimana ujiannya? Apakah lancar? atau lo ngerasa ada yang kurang? 

Honestly speakingit’s still OK kalo semisal lo merasa sulit mengerjakan soal UTS. Karena ini pertama kalinya lo menghadapi UTS dengan titel baru a.k.a mahasiswa, so wajar kalo masih trial and error

Berhubung perjuangan kalian belum selesai karena setelah UTS akan terbit Ujian Akhir semester (UAS), ada baiknya lo prepare lebih dini biar kesalahan-kesalahan semasa UTS kemarin nggak terulang. 

Ada beberapa tips yang bisa lo terapkan untuk menghadapi ujian biar belajar lo lebih efektif. Apa aja tipsnya? Simak artikel di bawah ini untuk tau lebih lanjut!

CARI INFORMASI TERKAIT UJIAN

Yep, tahap pertama yang perlu lo persiapkan adalah informasi terkait ujian tersebut. Biasanya setiap dosen punya peraturan dan karakternya masing-masing, penting buat lo untuk tau itu. 

Misalnya tentang materi-materi yang akan diujikan, apakah ujian open book atau close book? dosen lo tipe yang lebih suka ambil materi dari mana? ppt? buku? hasil diskusi, atau study case? Apakah soal berbentuk essay, isian singkat, atau pilihan ganda? Dosen lo tipe yang strict tentang aturan penulisan kah? Eits jangan salah, kadang ada dosen punya aturan tersendiri seperti mewajibkan mahasiswa menjawab menggunakan warna pulpen spesifik, tidak boleh menggunakan pensil, menjawab 1 soal hanya boleh di 1 kertas, hingga peraturan lainnya. Informasi-informasi tersebut bisa lo dapetin dari dosennya langsung. Kalau pun dosen lo ga ngasih beberapa informasi di atas, lo bisa tanya kakak tingkat atau anak kelas lain in case dosen lo lupa ngabarin kelas lo. Walaupun terlihat sepele tapi hal ini penting buat lo tau biar ga ada pengurangan nilai hanya karena lo ga tau peraturannya.

BUAT TO DO LIST

Setelah lo udah dapetin informasi terkait ujiannya, hal selanjutnya yang bisa lo lakuin adalah buat to do list! Yep, buat to do list ini bisa ngebantu lo belajar lebih terstruktur. Lo bisa mulai dengan ngelist hal-hal yang perlu dipersiapkan, misal dari alat-alat yang diperlukan untuk ujian, materi-materi yang diperlukan either dari ppt atau buku, dan kebutuhan lainnya. Penting buat lo untuk persiapkan bahan yang perlu dipelajari! Kalo udah, hal selanjutnya adalah buat list materi-materi yang perlu lo pelajari. Lo bisa mulai dari materi paling awal agar runtut, jangan lupa untuk break down informasi tambahan terkait materi yang bakal lo pelajari. Dengan list ini akan menuntun kalian belajar materi agar tidak ada yang terlewat.


PILIH WAKTU BELAJAR YANG TEPAT

Terdengar sepele, tapi penting! Tiap orang punya jam-jam emas masing-masing. Kapan waktu yang ngebantu lo untuk fokus, entah pertimbangannya dari diri sendiri atau dari lingkungan lo. Dan yang terpenting, waktu yang tepat adalah ketika badan lo masih segar, biasanya waktu ketika lo udah cukup istirahat. Sebagian orang memilih untuk belajar di pagi hari karena lebih sunyi juga badan terasa lebih segar sehingga dapat memahami materi lebih mudah. Namun tidak menutup kemungkinan ada orang yang bisa belajar di malam hari. Dengan mengatur waktu yang tepat, lo juga bisa ngatur waktu istirahat lo. Semua harus balance, jangan sampai waktu belajar dan tidur lo kurang atau bahkan kelebihan. 


BELAJAR SAMBIL MERANGKUM

Yep, merangkum materi salah satu hal efektif untuk belajar. Ingat! Merangkum bukan berarti mencatat seluruh materi. Merangkum ini bisa ngelatih lo untuk memahami materi, bukan sekedar menghapal.  Lo perlu membuat catatan yang mudah lo pahami. Kuncinya adalah lo paham materi tersebut, nanti kalo lo udah paham lo bisa catat dengan kata-kata lo sendiri. Lo bisa pakai simbol/kode, singkatan kata, kata kunci, atau penjelasan singkat lainnya yang ketika lo baca catetan lo, lo bisa inget konsep dari materi itu. Ketika menulis, anggap lo lagi ngejelasin ke anak kecil yang mana perlu singkat namun tetap dapat maknanya.


BELAJAR BERSAMA

Kadang ga sedikit dari kita yang sulit memahami maksud dari dosen, entah karena faktor bahasa yang digunakan atau saat dijelaskan kita ada miss sehingga tidak sempat memperhatikan. Solusinya adalah bertanya ke teman. Belajar dengan teman terbukti efektif karena lo bisa sharing terkait pemahaman suatu materi sekaligus lo bisa crosscheck kebenaran dari yang udah lo pahami. Manfaat lain dari tanya ke teman adalah lo bisa lebih leluasa bertanya dan tidak sedikit yang lebih mudah paham jika dijelaskan oleh teman. Oleh sebab itu, kuncinya adalah jika tidak tahu, bertanya adalah kuncinya~

ISTIRAHAT CUKUP

Walaupun terdengar clichebut still ini salah satu hal penting tapi masih banyak orang yang sepelekan. Istirahat itu juga penting agar stamina saat lo ujian pun terjaga. Inget, pas ujian lo lo bakal lebih sering pake otak lo, dan salah satu faktor agar bisa mikir dengan tenang adalah kesehatan badan lo. Makan sebelum ujian juga perlu karena berpikir juga memerlukan energi. Oleh sebab itu, sehari sebelum ujian pastikan lo udah selesai belajar semua materi, jadi di waktu itu lo tinggal nge-refresh aja. Jangan sampai H-1 lo malah stress, kurang tidur, sampai akhirnya lo berujung sakit. So, pastiin lo istirahat yang cukup ya!

SELF REWARD

Hal selanjutnya yang gak kalah penting adalah self reward! Yep, walaupun bagi sebagian orang hal ini kurang penting, self reward ini terbukti dapat membantu mengejar target belajar kalian lho. Baik itu self reward skala kecil maupun besar, apapun itu akan membantu kalian untuk fokus dalam belajar karena selama belajar kalian memiliki tujuan. Sebatas kalian boleh lanjut scrolling sosmed sehabis 1 jam belajar itu juga termasuk self reward loh! Lebih baik memasang target yang realistis dan ga begitu memberatkan biar semua target kalian dapat tercapai. Tapi perlu diingat, hasil yang dicapai dengan self reward yang diberikan juga harus seimbang. Jangan sampai ada yang berat sebelah, seperti misal lebih banyak self reward dibandingkan hasilnya, yang ada nantinya lo bakal ngeremehin target. Sedikit asalkan rutin itu juga progress kok~

Nah itu dia tips yang bisa lo terapin selama belajar untuk ujian nanti. Psstt tips ini jadi salah satu faktor gue bisa dapet IPK cumlaude lho hehe. So, good luck guys! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Sarah Nabilah

A freelance writer and full-time learner