Tips

JANGAN SAMPAI NGANG NGONG: BEGINI CARA BASA-BASI SAAT KETEMU CALON MERTUA

Kesan pertama memang selalu penting, terutama untuk kamu yang ingin bertemu dengan calon mertua. Biar nggak terkesan canggung apalagi sampai ngang ngong, berikut tips basa-basi yang cocok untuk kamu gunakan ketika bertemu dengan orang tua pasangan.

title

FROYONION.COM - Bertemu dengan orang tua pasangan apalagi untuk pertama kalinya, sebenarnya nggak perlu dipikirkan terlalu berlebihan. Meskipun begitu, kita tetap harus mempersiapkan diri dengan baik supaya bisa memberikan “kesan pertama” yang menarik dan nggak terlihat canggung di depan calon mertua. 

Pasalnya, sebuah kesalahan kecil dalam obrolan biasa aja bisa loh menimbulkan kesan buruk yang nggak diinginkan. Makanya penting untuk mempersiapkan diri dengan baik, dan menghindari situasi ngang ngong yang bisa bikin kamu nggak nyaman.  

Untuk memberikan kesan pertama yang baik pada calon mertua, ada beberapa tips yang bisa diikuti supaya kamu nggak perlu merasa takut, cemas, bingung, atau pun gelisah saat bertemu dengan mereka.

1. Cari tahu informasi mengenai orang tua pasangan, jangan mager!

Melakukan penelitian sebelum bertemu calon mertua, bisa membantu kamu untuk mempersiapkan topik pembicaraan yang sesuai dan menarik perhatian mereka. 

Penelitian ini bisa kamu lakukan melalui berbagai cara, salah satunya dengan bertanya sama pasangan kamu, atau bisa juga mencari informasi melalui media sosial mereka. 

Selain mempermudah kamu untuk mengetahui minat mereka, penelitian ini juga bisa loh membantu kamu untuk menghindari topik yang sensitif atau nggak pantas untuk dibicarakan. 

Itu karena dalam kebudayaan tertentu ada topik yang dianggap tabu atau nggak sopan untuk dibicarakan dengan orang tua pasangan. 

2. Kondisi cuaca yang kelihatan sepele, ternyata ampuh buat membuka obrolan sama calon mertua.

Cuaca yang cerah, berawan, hujan ringan sampai dengan lebat, yang tadinya mungkin bikin kamu sebal, ternyata bisa jadi penyelamat loh kalau kalian mau memulai obrolan sama calon mertua. 

Kalau cuacanya dingin, kamu bisa membicarakan perbandingan suhu dengan tempat tinggal kamu. 

Sepele banget sih, tapi obrolan ringan seperti itu bisa mencairkan suasana dan membuat obrolan pertama menjadi lebih santai dan menyenangkan.

 3.  Membicarakan foto masa muda calon mertua yang terpajang di rumah, bisa menjadi topik awal yang baik untuk membangun obrolan.

Membahas foto masa muda calon mertua bisa menjadi topik yang menarik dan mengasyikkan. 

Selain itu, percakapan semacam itu bisa membawa kamu ke dalam pengalaman masa lalu mereka yang menarik. 

Dari obrolan tersebut, kamu mungkin menemukan cerita-cerita lucu atau menginspirasi tentang mereka. 

Kemudian, obrolan bisa berlanjut ke arah yang lebih dalam dan luas, sehingga membantu memperkuat hubungan dan menjalin kedekatan dengan mereka. 

4.  Manfaatkan adik atau kakak dari pasangan kamu sebagai bahan obrolan, mulai dari topik sekolah, pekerjaan, hingga kebiasaan sehari-hari mereka.

Kalau calon mertuamu punya anak selain pasanganmu, manfaatkan hal tersebut menjadi bahan obrolan mulai dengan bertanya tentang pendidikan mereka, pekerjaan, atau hal-hal lainnya yang mereka sukai. 

Siapa tahu, kamu bisa menemukan kesamaan dengan mereka atau bahkan mempelajari hal-hal baru yang menarik. 

5. Dijamin bakalan seru! Angkat topik tentang masa kecil pasanganmu, alias anak mereka. 

Mendiskusikan masa kecil pasanganmu yang merupakan anak mereka, bisa menjadi topik yang menarik dan menghibur untuk diperbincangkan bersama calon mertua. 

Kamu bisa bertanya tentang hobi atau kegemaran pasanganmu ketika masih kecil, atau mungkin momen-momen lucu yang mereka alami bersama keluarga. 

Selain menjadi obrolan yang asyik, hal ini juga bisa jadi jurus ampuh untuk mempererat hubunganmu dengan calon mertua!

6. Terakhir! Cobalah meminta saran atau pendapat mengenai sesuatu. Tips ini bisa bikin calon mertua kamu merasa dihargai dan dianggap sebagai panutan oleh kamu.

Kalau kamu sudah kepalang mentok memilih topik pembicaraan sama calon mertua, cobalah untuk menanyakan pendapat mereka mengenai suatu hal. 

Mungkin bisa mulai dari topik isu sosial terkini kalau kamu mau bahas obrolan yang berat, pendapat mereka tentang karier kamu, atau bahkan topik serius seperti kapan kamu akan menikah dengan pasanganmu alias anak mereka. 

Dengan menanyakan pendapat mereka, kamu bikin mereka merasa dihargai dan merasa memiliki peran penting dalam kehidupanmu. Nggak heran kalau tips ini benar-benar bisa bikin calon mertua kamu semakin akrab dari yang sebelumnya.  

Itu dia enam tips yang bisa kamu pakai supaya nggak ngang ngong ketika bertemu calon mertua. Penting juga untuk diingat, bahwa sebenarnya kita nggak perlu terlalu memaksakan diri untuk terlihat sempurna atau terlalu serius. 

Cobalah untuk tetap santai dan bersikap apa adanya, karena sikap yang terlalu kaku justru bisa membuat suasana menjadi tegang. 

Selain obrolan yang menarik, kesan pertama juga bisa datang dari penampilan loh. Jadi, jangan sampai ngang ngong dan persiapkan diri sebaik mungkin, ya! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Yolla Wida Yollanda

Penulis yang suka mikir, tapi ga suka mikir yang berat-berat.