Tips

JANGAN LIBURAN KE BANDUNG SEBELUM BACA REKOMENDASI YANG SATU INI

Libur semester genap hampir tiba, kira-kira harus ke mana aja ya kalau ingin menghabiskan waktu libur di Bandung? Jangan risau jangan gundah, kalian bisa pakai rencana liburan di bawah ini.

title

FROYONION.COM - Memasuki waktu libur semester genap, rasanya sayang banget kalau tidak dihabiskan untuk me-refresh pikiran, baik di rumah ataupun jalan-jalan ke luar kota.

Cara orang menikmati liburan juga pasti berbeda-beda. Ada yang suka aktivitas outdoor seperti rafting atau outbond, ada juga yang ingin tetap santai dengan suasana baru alias staycation. Nah, kalau kamu merasa penat dan jenuh, mungkin tandanya kamu perlu healing ke tempat baru yang lebih sejuk namun tetap seru. 

Salah satu kota yang paling banyak dicari oleh Google user untuk berlibur adalah Bandung. Bukan karena di Bandung ada Dilan ya, tapi karena Bandung jadi kota yang cocok untuk menenangkan pikiran dan seru-seruan. 

Jika kalian juga hendak mengunjungi Bandung untuk liburan nanti – entah bersama teman atau sendiri – ada beberapa hal nih yang harus diperhatikan biar liburanmu tidak berantakan, apalagi kalau belum punya itinerary atau rencana liburan.

PERTAMA: PILIH AREA MANA SAJA YANG INGIN DIKUNJUNGI

Dalam satu kota biasanya area tempat wisata akan tersebar di beberapa lokasi. Contohnya saja di Bandung bisa dibagi menjadi tiga area: Lembang, Pangalengan - Ciwidey, dan Kota Bandung. Dari pilihan yang ada, tentukan area mana saja yang mau dijelajahi.

Menentukan lokasi memang sebaiknya ditempatkan di awal rencana liburan karena nantinya akan memengaruhi transportasi, jadwal, hingga tempat penginapan. 

Setelah memilih tempat, kalian juga bisa survey lokasi secara virtual dengan fitur street view 360 derajat di Google Maps. Dengan fitur ini kalian tidak hanya membayangkan, tapi juga bisa mengamati penunjuk jalan, lahan parkir, hingga situasi di sekitar lokasi.

KEDUA: CEK STORY HOTEL SEBELUM MENGINAP 

Tidak semua orang yang berlibur harus menginap di tempat yang bagus. Kalau budget terbatas, kalian bisa menginap di tempat yang biasa saja namun masih nyaman (syukur-syukur kalau tidak horor). Selagi tujuannya bukan staycation, rasanya tempat menginap tidak perlu yang mewah, toh hanya dipakai tidur kan? 

Namun, baik yang mewah atau yang sederhana, kalian tetap perlu cek story hotel terlebih dulu, seperti fasilitas yang ditawarkan, harga, lokasi, hingga testimoni atau review yang sudah all in bisa kalian cek di Google Maps. Di antara banyaknya pilihan yang sudah dikurasi, kalian juga bisa membandingkan satu hotel dengan yang lainnya menggunakan Google Travel.

RENCANA LIBURAN DI BANDUNG

Kalau tidak ingin repot meriset tempat liburan di Bandung seperti cara di atas, kali ini saya sudah merangkumnya untuk kalian, mulai dari tempat yang trending di TikTok hingga rekomendasi dari warga lokal (warlok).

Jika kalian datang dari daerah Jakarta dan sekitarnya, agar lebih praktis dan bisa menikmati pemandangan di sepanjang jalan, kalian bisa menggunakan kereta. Untuk menggunakan kereta ekonomi langsung, bisa naik dari Stasiun Gambir atau Pasar Senen dan turun di Stasiun Bandung dengan harga tiket mulai dari Rp 150 ribu. 

1. TEMPAT WISATA

Lembang adalah salah satu area dengan rekomendasi tempat wisata paling banyak, salah satunya Floating Market. Difasilitasi banyak wahana, tempat ini lebih cocok kalau kalian ingin seru-seruan dengan teman atau keluarga. Tiket masuknya beragam dan dibanderol mulai dari Rp 35 ribu – Rp 60 ribu. 

Orchid Forest Cikole
Potret suasana di Orchid Forest dalam suasana berkabut. (Foto: Orchid Forest Cikole)

Tidak jauh dari sana, kalian juga bisa mengunjungi Orchid Forest. Berada di dekat Gunung Tangkuban Perahu, suasana di sini otomatis jadi lebih sejuk. Selagi menikmati suasana di tengah barisan pohon pinus, kalian juga bisa melihat taman dengan koleksi anggrek dan kaktusnya. Tiket masuknya dimulai dari Rp 50 ribu saja.

Karena lokasinya lumayan jauh dari Kota Bandung dan cukup sulit ditempuh dengan kendaraan online, ada baiknya kalau kalian memakai jasa rental mobil atau motor. Untuk rental motor sendiri persiapkan budget antara Rp 100 ribu – Rp 150 ribu per harinya. Sedangkan untuk sewa mobil harian dimulai dari Rp 300 ribu dan bisa dipesan lewat Traveloka.

2. MUSEUM

Untuk aktivitas yang lebih santai, di hari berikutnya kalian bisa mengunjungi Museum. 

Museum Geologi
Ruang Pamer Sumber Daya Geologi. (Foto: Museum Geologi)

Kalau suka Museum yang kental dengan bau sejarah, kalian bisa pergi ke Museum Geologi. Ruang pamerannya menampilkan tentang sejarah kehidupan, sumber daya geologi, serta manfaat dan bencana geologi. Jadi di sini tidak sekedar jalan-jalan, tapi juga sambil belajar sejarah. Harga tiketnya pun murah, mulai dari Rp 2 ribu – Rp 10 ribu. Informasi lebih lanjut ada di sini ya.

Selasar Sunaryo Art Space
Pameran Rancangan Busana Kolaborasi NADJANI × Syagini Ratna Wulan. (Foto: Selasar Sunaryo Art Space)

Suka suasana yang lebih artsy? Dari Museum Geologi kita naik sedikit ke daerah Dago. Di sana ada ruang seni bernama Selasar Sunaryo Art Space. Berbeda dari Musem Geologi, di sini secara rutin akan menampilkan pameran seni dengan tema yang berbeda-beda. Tiketnya dihargai Rp 35 ribu saja. 

3. TEMPAT KULINER

Tidak lengkap rasanya kalau belum mencicipi aneka makanan dan kuliner Bandung. 

Kalau tidak mau repot berpindah dari satu tempat ke tempat lain yang berjauhan, kalian bisa pergi ke 2 area ini: Braga dan Lengkong kecil. Di sepanjang area ini memang terkenal jadi kawasan kuliner. 

Braga
Tampak puluhan lukisan dari seniman lokal yang terpampang di sepanjang Jalan Braga. (Foto: Trip Advisor)

Di Braga, selain bisa mengisi perut, areanya juga cocok untuk foto-foto ala ootd karena masih ada sedikit nuansa Bandung zaman dulu. Di sini, kalian bisa menemukan dessert dan ice creamcoffee shop, restoran fancy, hingga cafe-cafe lucu.

Sedikit lain dengan Braga, di daerah Lengkong kecil (Lengkong Night Streetfood) kalian akan banyak menemukan makanan kaki lima yang harganya bisa lebih murah dan beragam. Mulai dari fluffy pancake, segala jenis peracian, grillseafood,dan masih banyak lagi. Di sini, bawa Rp 5 ribu – 10 ribu udah bisa ngantongin satu jajanan kok. Para pedagang di Lengkong Night Streetfood biasanya mulai membuka kedai dari pukul 17.00 WIB hingga tengah malam.

4. TOKO OLEH-OLEH

Di Bandung, ada dua toko oleh-oleh yang dari dulu hingga sekarang masih jadi pusat perhatian: Primarasa dan Tiramisusu. 

Primasa
Varian Brownies panggang dari Primarasa. (Foto: Primarasa)

Primarasa sendiri memang sudah sangat terkenal dari dulu dan cukup bersaing dengan tetangganya, Kartika Sari. Kalau di sini, menu favorit dan best seller-nya adalah brownies panggang (± Rp 100 ribu). Selain itu ada juga almond pastry-nya yang tidak kalah enak (± Rp 120 ribu). Cabangnya juga sudah tersebar, bahkan salah satunya berlokasi di dekat Stasiun Bandung.

Kalau ingin yang agak kekinian, kalian harus coba Tiramisusu by Chocomory. Menu best seller-nya adalah tiramisusu yang tersedia dengan dua saos, original dan cookies n’ cream (Rp 88 ribu). Selain aneka bolu, mereka juga menjual cemilan ringan seperti pie, cookies, dan masih banyak lagi. Hati-hati kalap ya!

Itu tadi rekomendasi rencana liburan kalau kalian ingin menghabiskan waktu dan jalan-jalan di Bandung. Jangan lupa simpan catatan ini ya. Selamat liburan! (*/) (Photo credit: Abisha Siahaan)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

E. Nur Badriah

Seorang taurus dan babu dari seekor kucing persia