Tips

INILAH 5 BEASISWA LUAR NEGERI YANG TIDAK PERLU TAKUT BATAS USIA

Dari Fulbright sampai GIST, semua beasiswa ini bisa kamu ikuti tanpa mesti cemas batas maksimal usia.

title

FROYONION.COM - Harus disadari bahwa tidak semua orang di Indonesia mampu berkuliah dengan biaya pribadi. 

Bahkan kadang suatu kalangan masyarakat harus menjual suatu kepemilikan, seperti tanah, sapi, mobil, atau rumah demi menguliahkan anaknya. 

Tentu saja, hal ini dapat mengundang berbagai persoalan ekonomi berkelanjutan apabila tidak menemukan solusi terbaik.

Mayoritas pelajar di Indonesia tentu ingin melanjutkan jenjang pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi. 

Namun, persoalan ekonomi yang melilit terkadang harus menghalangi langkah mereka. 

Selain persoalan ekonomi ada pula persoalan usia yang terkadang membuat seseorang berpikir panjang sebelum melanjutkan jenjang pendidikan. 

Beberapa universitas tidak mengizinkan suatu tingkat usia untuk memperoleh kesempatan menempuh pendidikan tinggi.

Alhasil, sebuah niat baik menempuh pendidikan tinggi pun harus terhambat atau malah dibatalkan. Lalu, apa yang harus dilakukan? 

Ternyata, kalau kita mau mencari lebih jauh dalam informasi di dunia digital, kita bisa memperoleh info-info menarik tentang beasiswa dari luar negeri. 

Beasiswa-beasiswa ini memiliki penanggungan pendidikan yang lengkap dan bahkan banyak di antaranya yang tidak membatasi usia calon mahasiswa. 

Berikut disajikan 5 beasiswa dari luar negeri yang memiliki keuntungan menarik tersebut.

  1. Fulbright Scholarship

Beasiswa ini dikhususkan untuk pendaftar kuliah jenjang Pascasarjana, baik untuk program Master atau Doktoral. Program beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Amerika Serikat. Beasiswa ini umumnya digunakan dalam bentuk pertukaran mahasiswa Amerika dan Indonesia. Namun, juga bisa didapatkan secara personal tanpa melalui program pertukaran mahasiswa.

Umumnya, mereka yang menempuh jenjang Master seperti yang dipersyaratkan LPDP dibatasi pada usia 35 tahun. Berbeda dengan jenjang Doktoral yang  tidak memiliki batas usia, kecuali adanya pembatasan untuk yang sudah mendekati masa pensiun jabatan. Namun demikian, dengan beasiswa Fulbright ini mau usia berapapun akan mendapat kesempatan belajar selama memenuhi syarat akademik yang dibutuhkan.

Beasiswa ini memiliki beberapa keuntungan bagi para penerimanya. Keuntungan yang dimaksud adalah, biaya kuliah sampai lulus, biaya hidup bulanan, bantuan biaya VISA, tiket pesawat pulang dan pergi, serta asuransi (kesehatan dan kecelakaan). Beasiswa ini menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati pendaftar dari Indonesia.

2. Stipendum Hungaricum Scholarship

Tidak jauh berbeda dengan beasiswa Fulbright, Stipendum Hungaricum Scholarship juga tidak menetapkan batasan usia pendaftar. Bahkan, beasiswa ini sudah bisa didapat untuk mereka yang ingin menempuh jenjang kuliah S1 di Hungaria. Beasiswa ini dikatakan lebih mudah didapatkan oleh mahasiswa internasional sebab ada politik pemerintah Hungaria yang memberikan keleluasaan kontak budaya internasional. Meskipun tidak ada batasan usia maksimal pendaftar, beasiswa ini memiliki batasan minimal calon mahasiswa, yakni 18 tahun. Hal ini berkaitan dengan kedewasaan yang dibutuhkan untuk menempuh kehidupan di luar negeri.

Beasiswa ini memberikan beberapa keuntungan yakni biaya kuliah, tunjangan hidup, akomodasi, dan asuransi kesehatan. Sementara itu, tiket pesawat dan VISA menjadi tanggung jawab pribadi setiap penerima beasiswa.

3. MoE Taiwan Scholarship

Beasiswa ini merupakan program dari Kementerian Pendidikan Taiwan. Seperti halnya Stipendum Hungaricum Scholarship, beasiswa ini tidak mematok batas usia maksimal pendaftar dan sudah bisa didapatkan sejak jenjang S1. Mereka yang hendak meneruskan pendidikan di Taiwan sampai S3 pun mendapat kesempatan lebih baik dengan memperpanjang beasiswa. Hal itu bisa didapatkan dengan syarat akademik dan prestasi khusus yang perlu diperhatikan.

Sebagai salah satu negara perdagangan dan transisional, beasiswa ini tidak memberikan bantuan untuk pembuatan VISA dan tiket pulang pergi. Bantuan beasiswa yang diberikan adalah biaya pendidikan dan biaya hidup.

4. Beasiswa Gates Cambridge

Yayasan Bill dan Melinda Gates membuat beasiswa ini untuk kalangan pelajar yang memiliki keinginan kuat berkuliah di Cambridge. Beasiswa ini mulanya tidak banyak didengar oleh masyarakat Indonesia. Namun, dewasa ini beasiswa Gates Cambridge sudah mulai banyak diminati para pendaftar dari Indonesia.

Beasiswa ini memiliki keuntungan yang serupa beasiswa LPDP dengan nilai yang lebih tinggi. Beberapa hal yang ditanggung oleh beasiswa ini adalah biaya pendidikan, tunjangan keluarga, tunjangan kesehatan, akomodasi, tiket pesawat pulang dan pergi, serta banyak keuntungan lainnya.

5. GIST Scholarship

Beasiswa yang satu ini khusus untuk mereka yang hendak kuliah di Korea Selatan. Secara khusus, beasiswa ini dikeluarkan oleh Gwangju Institute of Science and Technology (GIST). Sebagaimana beasiswa Fulbright, keuntungan dari program ini adalah tidak adanya batasan usia untuk calon mahasiswa yang hendak menempuh program Master dan Doktoral.

Keuntungan yang didapat dari penerima beasiswa ini adalah biaya kuliah, tunjangan bulanan, asuransi kesehatan, akomodasi, dan tiket pesawat. Sangat mirip dengan Fulbright Scholarship bukan?

Itulah berbagai beasiswa dari luar negeri yang tidak membatasi usia para pendaftarnya. Berbagai keuntungan yang didapat dari para penerima beasiswanya pun dapat dikatakan sangat menggiurkan. 

Dengan berbagai keuntungan tersebut, kita bisa belajar banyak hal, utamanya tentang terbukanya kesempatan pendidikan untuk siapa saja, kalangan dari kelas apa saja. Pendidikan selalu menjadi hak untuk seluruh masyarakat dunia. Informasi ini sekaligus menjadi pengingat bahwa sebuah mimpi menempuh pendidikan tinggi tidak perlu disesali oleh sebuah kegagalan pertama kali dalam mencoba. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Hamdan Mukafi

Selamanya penulis