Tips

IDE BISNIS KREATIF DI BULAN PUASA UNTUK PEMULA YANG BISA DICOBA

Momen ngabuburit pada bulan puasa atau Ramadan bisa kalian isi dengan menjalankan sejumlah ide bisnis yang kreatif. Dalam artikel ini akan tersaji sejumlah ide bisnis yang mudah untuk dijalankan.

title

FROYONION.COM - Bulan puasa Ramadan 2023 ditetapkan pada Selasa, 21 Maret. Ramadan pun identik dengan ngabuburit dan buka puasa bersama. Momen berbuka puasa bisa jadi membuka peluang bagi anak muda untuk mencari ide bisnis untuk pemula.

Pada bulan Ramadan, masyarakat yang beragama Islam diwajibkan untuk berpuasa dari matahari terbit lalu berbuka ketika matahari terbenam. Jeda waktu antara sahur dan berbuka bisa kalian coba untuk diisi dengan menyiapkan bisnis.

IDE BISNIS DI BULAN PUASA

Berikut beberapa ide bisnis kreatif yang bisa kalian coba buka di bulan Ramadan.

1. Jualan Gorengan

Berjualan gorengan merupakan ide bisnis kreatif yang kerap laku di bulan puasa Ramadan.
Berjualan gorengan merupakan ide bisnis kreatif yang kerap laku di bulan puasa Ramadan. (Sumber: Aulia Halimatussadiah)

Menu satu ini selalu jadi andalan ketika berbuka puasa. Gorengan selalu cocok dimakan untuk mengisi perut baik bersama keluarga maupun dengan teman. Harganya pun terjangkau dan bisa ditemui di mana-mana. 

Kalian tentu bisa membuka bisnis gorengan, caranya dengan menyiapkan dan memasak gorengan pada siang hari dan menjualnya pada sore hari. Cemilan lainnya seperti telur gulung, cimol, dan jajanan ringan lainnya pun kerap menjadi andalan ketika berbuka puasa.

2. Jualan Es Buah

Yang pertama dicari ketika berbuka puasa adalah minuman pelepas dahaga, baru kemudian gorengan dan makanan berat. Minuman ini bisa saja es buah, es kelapa, es campur dan minuman dingin lainnya. Semua menu tersebut mudah dibuat dan harga bahannya pun terjangkau. 

3. Jual Nasi Box Pre-order

Anak muda yang mengadakan buka bersama tentu tidak ingin repot-repot memasak dalam banyak porsi untuk berbuka puasa. Mereka akan memesan nasi box atau makanan cepat saji lainnya. Selain mudah, mereka jadi bisa fokus berbincang dengan teman-temannya.

Ide bisnis satu ini bahkan sangat prospek apabila kalian ingin mengadakan buka puasa bersama teman. Kalian bisa menawarkan produk jualan nasi box tersebut untuk dihidangkan sebagai menu berbuka puasa. Selama bulan Ramadan tentunya agenda buka bersama teman tidak hanya sekali, ya kan.

4. Jual Hampers atau Parsel

Hampers dan parsel ini punya arti yang berbeda berdasarkan isi, ukuran dan bentuknya. Namun, hampers dan parsel ini intinya adalah bingkisan yang biasanya diberikan kepada teman atau kerabat ketika Idulfitri alias Lebaran. Lo bisa menjalankan ide bisnis hampers dan parsel cukup dari rumah dan hanya ketika menjelang Lebaran

5. Joki Mobile Legends

Di waktu yang panjang antara sahur dan berbuka, kalian bisa mengisinya dengan ide bisnis kreatif satu ini, yaitu menjadi joki Mobile Legends. Push rank seharian juga bisa jadi akan tidak terasa bila diisi dengan bermain game seharian. Dalam menjalani bisnis satu ini, yang terpenting kalian jangan sampai lupa istirahat dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Itulah ide bisnis kreatif untuk pemula yang bisa kalian coba jalankan selama bulan puasa Ramadan. Selain menentukan bisnis apa yang ingin dijalankan, pastikan juga kalian telah memikirkan faktor lain dalam menjalankan bisnis, seperti lokasi bisnis, biaya modal, jumlah kompetitor dan faktor lainnya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung