Tips

DEAR ANKER (ANAK KERETA): INI TIPS NAIK LRT JABODEBEK UNTUK PERTAMA KALI

Yang mau naik LRT Jabodebek untuk pertama kalinya, baca dulu tips selengkapnya di sini, biar perjalanan kalian aman dan nyaman!

title

FROYONION.COMLintasan Rel Terpadu atau Light Rail Transit (LRT) Jabodebek akan soft launching pada Rabu (12/7) dengan memulai masa uji coba di tanggal 12 Juli - 15 Agustus 2023. Kehadiran LRT menjadi angin segar bagi anker alias anak kereta yang sehari-harinya melaju menuju ke tempat kerja melalui moda transportasi kereta api.

Mengutip akun resmi media sosial Instagram @lrt_jabodebek, masyarakat yang ingin mencoba masa uji coba LRT Jabodebek dapat mengisi formulir pendaftaran melalui tautan yang disematkan pada profil Instagram tersebut.

“Buat yang sudah tidak sabar mau mencoba LRT Jabodebek Trial Operation Terbatas, nih ada berita bagus buat kalian, Yuk buruan daftar pada tanggal 10 Juli 2023, jangan sampai ketinggalan! Ingat yaa! Link Pendaftaran ada di semua sosial media kami pada tanggal 10 Juli 2023 yaa teman Raina!” dikutip dari Instagram @lrt_jabodebek.

Di samping itu, tarif yang berlaku bagi penumpang selama masa uji coba LRT Jabodebek adalah sebesar Rp1. Tentunya, kalian selaku anker, nominal tersebut bukan menjadi penghalang dan dapat menggunakan kartu elektronik sebagai sarana pembayaran.

Nah, biar kalian semakin siap naik LRT Jabodebek untuk pertama kalinya. Tim Froyonion.com telah merangkum tips yang akan memudahkan kalian mencoba kereta dengan bobot ringan dan menghubungkan beberapa kota sekitar ibukota ini. Check this out!

BACA JUGA: CARA BAWA SEPEDA DI COMMUTER LINE (KRL), SEPERTI APA ATURANNYA?

MENDAFTAR SECARA ONLINE

Saat ini, LRT Jabodebek belum sepenuhnya beroperasi secara normal. Namun, tenang saja! Kalian bisa menaiki kereta ini dengan mengikuti masa uji coba yang diselenggarakan mulai 12 Juli - 15 Agustus 2023. Caranya adalah mendaftar secara online.

Langkah pertama, kalian dapat mengunjungi laman akun Instagram resmi @lrt_jabodebek untuk mengisi formulir pendaftaran pada tautan atau link yang telah disematkan pada bio Instagram. Setelahnya, isi data diri seperti biasanya.

Setelah kalian mengisi formulir pendaftaran pada tautan yang tertera di akun media sosial LRT Jabodebek, maka langkah berikutnya adalah tahap seleksi. Pihak LRT Jabodebek akan menyeleksi terlebih dahulu calon penumpang yang dapat mengikuti masa uji coba.

Jika kalian lolos seleksi, kalian dapat menunggu konfirmasi dari pihak LRT Jabodebek untuk mengetahui informasi perihal tanggal dan stasiun keberangkatan, rute, serta jadwal perjalanan selama masa uji coba kereta LRT Jabodebek.

Sebagai catatan, tersedia tiga stasiun keberangkatan LRT Jabodebek yang dapat kalian pilih, di antaranya adalah Stasiun Jati Mulya, Stasiun Harjamukti, dan Stasiun Dukuh Atas. Tidak menutup kemungkinan, beberapa stasiun lain juga menjadi titik pemberangkatan kereta.

BACA SYARAT DAN KETENTUAN

Setelah kalian mendaftar dan terpilih menjadi calon penumpang dalam masa uji coba LRT Jabodebek. Di bawah ini merupakan syarat dan ketentuan yang wajib kalian baca dan penuhi sebelum menjajal kereta dengan lintasan sepanjang 44 kilometer ini.

  1. Calon penumpang wajib mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di media sosial LRT Jabodebek;
  2. Calon penumpang menunggu konfirmasi dari pihak LRT Jabodebek terkait jadwal perjalanan dan informasi penting lainnya;
  3. Menunjukkan bukti konfirmasi yang diperoleh dari pihak LRT Jabodebek melalui SMS/WhatsApp/email kepada petugas yang berjaga di stasiun;
  4. Calon penumpang wajib membawa uang elektronik atau Kartu Multi Trip (KMT) yang masih aktif berlaku;
  5. Dilarang makan, minum, dan merokok di dalam kereta selama perjalanan masa uji coba LRT Jabodebek; 
  6. Calon penumpang bersedia mengikuti rute perjalanan yang telah ditentukan oleh pihak LRT Jabodebek;
  7. Uji coba perjalanan LRT Jabodebek hanya dapat diikuti oleh calon penumpang yang telah terdaftar dan terkonfirmasi secara resmi;

Seperti kereta komuter pada umumnya, LRT Jabodebek juga menyediakan kursi prioritas yang diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu dan balita, lansia, dan disabilitas. Pastikan kalian memahami betul peraturan tersebut, ya!

RUTE DAN STASIUN LRT JABODEBEK

LRT Jabodebek melintas sepanjang 44 kilometer dan memiliki 18 titik pemberhentian. Adapun rute perjalanan yang akan berlaku dibagi menjadi dua rute atau jalur, yaitu LRT Jabodebek Lintas Cibubur (blue line) dan LRT Jabodebek Lintas Bekasi (green line).

Untuk rute LRT Jabodebek Lintas Cibubur (blue line) terdapat 12 titik pemberhentian atau stasiun. Di antaranya Harjamukti, Ciracas, Kampung Rambutan, TMII, Cawang, Ciliwung, Cikoko, Pancoran, Kuningan, Rasuna Said, Setiabudi, dan Dukuh Atas.

Sedangkan, rute LRT Jabodebek Lintas Bekasi (green line) memiliki 14 titik pemberhentian atau stasiun. Seperti Jati Mulya, Bekasi Barat, Cikunir 2, Cikunir 1, Jati Bening Baru, Halim, Cawang, Cikoko, Pancoran, Kuningan, Rasuna Said, Setiabudi, dan Dukuh Atas.

Perlu kalian ketahui bahwa Stasiun Halim merupakan stasiun yang berada di lintas Bekasi dan menjadi titik yang terintegrasi dengan Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Halim. Kedepannya, moda transportasi BRT dan non BRT Transjakarta juga terhubung di sini.

Selain itu, fakta uniknya bahwa LRT Jabodebek berjalan di atas lintasan rel yang sekaligus sebagai sumber daya Listrik Aliran Bawah (LAB), dan dapat berjalan secara otomatis atau tanpa masinis melalui sistem Grade of Automation (GoA) level 3.

Jadi, bagi kalian anker yang dalam waktu dekat ini ingin menaiki LRT Jabodebek, tak perlu khawatir karena moda transportasi kereta ringan ini juga terhubung dengan moda transportasi lain yang pastinya nyaman serta aman. Selamat menikmati perjalanan! (*/)

BACA JUGA: TIPS AMAN HINDARI COPET DI KENDARAAN UMUM

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas