Tips

BEGINI CARA BELANJA DI APLIKASI MARKETPLACE, BIAR TAK TERTIPU

Selalu hati-hati untuk kalian yang suka berbelanja menggunakan aplikasi belanja online. Terkadang ada saja penjual yang menampilkan produknya tidak sesuai dengan aslinya.   

title

FROYONION.COM – Di era perkembangan digital sekarang ini, banyak masyarakat yang memanfaatkannya untuk berbagai macam aktivitas dengan cara yang sangat modern. Kenapa? Karena, saat ini masyarakat cenderung lebih suka dengan cara yang praktis dan efisien dalam melakukan suatu hal. 

Salah satu perkembangan digital saat ini yaitu adanya layanan marketplace untuk masyarakat yang ingin membeli berbagai macam barang secara online di dalam suatu website atau aplikasi. Namun, adakalanya masyarakat atau pelanggan tidak cermat pada barang yang ingin dibeli, apakah barang tersebut asli dan berkualitas atau tidak. Karena itu, patut dipertimbangkan dahulu ketika membeli barang pada aplikasi marketplace. Berikut cara gampang agar kalian tak tertipu saat belanja online. 

1.    LIHAT JUMLAH TRANSAKSI DAN RATING PENJUAL 

Sebelum kalian membeli suatu produk pada aplikasi belanja online alangkah baiknya untuk menyimak berapa banyak orang yang sudah bertransaksi di toko itu, sudah berapa lama toko tersebut berdiri dan kalau perlu hubungi langsung penjualnya dengan menggunakan fitur chat

Penjual yang sudah memiliki banyak transaksi sukses dan melewati verifikasi identitas oleh pihak marketplace, biasanya akan lebih terpercaya, apalagi penjual yang sudah memiliki label star seller atau berbintang dengan reputasi yang tinggi. 

Namun, tidak ada salahnya untuk membeli produk di toko yang baru atau belum mempunyai reputasi, karena penjual baru justru memberikan pelayanan yang lebih bagus demi mencari reputasi dan ulasan yang baik. Paling penting adalah kalian bisa chat penjual terlebih dahulu, jika ada hal yang mau ditanyakan sebelum membeli produk tersebut. 

2.    LIHAT ULASAN PRODUK YANG SUDAH DIBELI 

Cara selanjutnya agar kalian tidak tertipu dengan penjual nakal yaitu kalian bisa melihat ulasan produk yang sudah dibeli oleh pelanggan lain. Cara ini cukup penting karena pembeli yang sudah menerima barang pasti akan menuliskan komentar dan rating terkait barang tersebut. 

Misalnya ada pembeli yang merasa kesal karena mendapatkan barang yang palsu dan tidak sesuai deskripsi barangnya. Pastinya pembeli tersebut akan menuliskan ulasan dan rating yang tidak baik untuk toko atau produk tersebut. Nah, maka dari itu dengan adanya ulasan dari pembeli lain, kalian bisa membuat pertimbangan sebelum membeli barang di toko online tersebut. 

3.    PERHATIKAN HARGA YANG DITAWARKAN 

Siapa sih yang tidak mau mendapatkan barang kesukaan dengan harga yang murah? Pastinya semua orang mau dong. Nah, untuk cara yang ketiga ini, kalian bisa amati dan mencari tahu terlebih dahulu harga barang yang sesuai dengan pasaran.  

Ada banyak promo Flash Sale atau diskon yang diberikan oleh perusahaan marketplace pada aplikasinya, namun ada saja penjual yang masih nakal dengan memasang harga yang tidak wajar. Strategi pemasaran dengan memasang harga murah dan membuat hati menjadi tertarik untuk membeli adalah sebuah akal para penjual untuk melakukan penipuan. 

 Perlu diingat, walaupun pihak marketplace sering memberikan promosi diskon secara besar-besaran dan resmi, kalian harus tetap waspada dan pandai dalam memilih dan membeli suatu produk. Misalnya, ada yang jual smartphone dengan harga resmi Rp. 5.000.000, tiba-tiba dijual sangat murah dengan harga Rp. 1.500.000. Kemungkinan besar, itu adalah penipuan.

4.    JANGAN MELAKUKAN PEMBAYARAN DI LUAR MARKETPLACE

Pihak marketplace menawarkan beberapa metode pembayaran yang bisa dilakukan pelanggan, misalnya melalui gerai Alfamart, Indomaret, kartu kredit dan debit, transfer bank, COD/bayar ditempat dan lain sebagainya. 

Kalian harus menolak, jika diminta penjual untuk melakukan pembayaran diluar marketplace. Nantinya, pihak marketplace tidak akan menjamin dan bertanggung jawab jika terjadi masalah. Kalau kalian diminta penjual untuk melakukan pembayaran diluar marketplace, segera melapor ke Customer Service marketplace tersebut. 

Itulah tadi beberapa cara penting, agar kalian tidak menjadi korban penipuan di marketplace. Namun, kalian jangan khawatir untuk berbelanja secara online, karena masih banyak penjual yang jujur dan kalian bisa mendapatkan berbagai macam diskon yang diadakan. Selalu hati-hati dan bijaklah ketika membeli barang. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Doni Dwi Setiawan

Lebih baik tidak tahu, tapi pingin tahu, dari pada sok tahu.