Tips

6 BARANG INI AKAN MEMPERMUDAH HIDUPMU SEBAGAI ANAK KOS

Baru pertama kali merantau ke luar kota dan tinggal di kos-kosan? Berikut 6 rekomendasi barang yang wajib kamu miliki supaya memudahkan hidupmu walaupun jauh dari rumah.

title

FROYONION.COM Hidup merantau dan tinggal jauh dari rumah bisa jadi bukan hal yang mudah. Apalagi kalau ini adalah kali pertama kamu harus mulai mengurus diri sendiri. 

Beradaptasi di lingkungan baru bisa dimulai dari memilih tempat kos yang nyaman dan fasilitasnya memadai. Misalnya, di dalam kamar sudah tersedia kasur, bantal, meja dan lemari sehingga kamu tidak perlu repot-repot membawanya sendiri dari rumah. 

BACA JUGA: CARA MENYIMPAN BAHAN MAKANAN DI KULKAS BUAT ANAK KOS 

Selain beberapa barang esensial di atas, item-item lain dapat pula kamu tambahkan supaya bisa mempermudah hidup di perantauan. Ada setidaknya enam barang yang terbukti menjadi game changer bagi anak kos sekaligus menghemat pengeluaran. 

Apa saja keenam barang tersebut? Yuk simak artikel di bawah.

 1. STOP KONTAK KABEL

Satu colokan di kamar kos itu tidak akan cukup. Kamu pasti butuh lebih banyak colokan untuk mengisi daya ponsel atau laptop dan menjalankan alat elektronik lain dalam kamar di waktu bersamaan. 

Sangat penting untuk memiliki stop kontak kabel yang memiliki 3 hingga 5 colokan. 

BACA JUGA: 4 CARA MENCARI KOSAN YANG NYAMAN BUAT ANAK MUDA PERANTAU

Selain bisa muat banyak tempat pengisian daya, stop kontak ini juga dilengkapi kabel sepanjang beberapa meter. 

Artinya, kamu bisa memindahkan stop kontak dengan lebih leluasa dan fleksibel. Mau nge-charge laptop di atas kasur walaupun letak colokan di kamar jauh dari tempat tidur? Bisa!  

2. RICE COOKER

Percayalah, memiliki penanak nasi sendiri akan menyelesaikan separuh permasalahan anak kos. Terutama sekali kalau di tempat kosmu tidak ada fasilitas dapur, memiliki rice cooker adalah kunci. 

Tidak hanya dapat dipakai untuk menanak nasi, rice cooker juga bisa kamu gunakan untuk menghangatkan lauk dan memasak aneka menu sederhana. 

BACA JUGA: 3 FROZEN FOOD YANG WAJIB ANAK KOS STOK

Kamu pun bisa menghemat pengeluaran makan karena punya alat masak sendiri. 

Tidak perlu rice cooker ukuran besar, kapasitas di bawah 1 liter saja sudah cukup karena toh hanya digunakan untuk keperluan satu orang.  

3. MUG ELEKTRIK

Kalau kamu termasuk orang yang harus memulai hari dengan secangkir kopi atau teh panas, mug elektrik adalah barang wajib ada di dalam kos. 

Sesuai namanya, alat ini dijalankan menggunakan listrik dan berfungsi untuk memanaskan air dalam jumlah kecil. 

Hanya butuh waktu kira-kira 3 menit untuk memanaskan air sebanyak satu cangkir. Alat ini juga dapat digunakan untuk memasak makanan sederhana seperti mie instan atau sup. 

Memiliki mug elektrik terutama akan sangat membantu kalau tidak ada fasilitas dapur di kosmu, atau dapur kos terletak jauh dari kamarmu. Daripada bolak-balik ke dapur hanya untuk menjerang secangkir air, lebih baik lakukan saja di dalam kamar. 

4. LAMPU DARURAT

Pencahayaan darurat akan sangat kamu butuhkan kalau sewaktu-waktu terjadi pemadaman bergilir. Walau tidak sering, tapi alat ini bisa jadi penyelamat di saat-saat genting. 

Percaya, deh, daripada merasa panik saat tiba-tiba mati lampu, lebih baik punya alat ini sebagai sumber cahaya darurat. Senter HP memang bisa dipakai juga, tapi akan beda ceritanya kalau HP dalam keadaan lowbatt ketika terjadi mati lampu. 

Jangan lupa untuk rutin mengisi daya lampu darurat saat sedang tidak digunakan. Cahaya lampu darurat dapat bertahan setidaknya tiga jam sehingga akan cukup memberimu waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang sedang dilakukan. 

5. HANGER LIPAT

Pernah merasakan sedang buru-buru tapi hanger baju malah tersangkut satu sama lain karena bahannya besi tipis? Menyebalkan dan bikin emosi saja! 

Untuk mempermudah hidupmu sebagai anak kos, pilih hanger baju berbahan plastik. Kamu juga bisa gunakan hanger lipat. Sesuai namanya, jemuran ini bisa dilipat saat sedang tidak digunakan.

 

Selain lebih meringkas pekerjaan, kamu juga tidak perlu banyak ruang penyimpanan. Dijamin tidak akan ada drama emosi saat lagi buru-buru lagi! 

6. POMPA GALON ELEKTRIK

Masih pakai pompa manual saat mengambil air dari dalam galon? Prosesnya lama dan butuh banyak tenaga. Saatnya beralih menggunakan pompa galon elektrik

Sesuai namanya, alat ini menggunakan daya listrik dan harus diisi ulang ketika daya sudah habis. Kamu cukup memasukkan selang dalam galon dan tekan tombol untuk mengalirkan air dari galon ke dalam gelas. 

Sangat praktis dan nyaris tidak butuh tenaga sama sekali. Harganya bahkan tidak jauh beda dari pompa manual yang seringkali  kesulitan mengalirkan air saat isinya sudah hampir habis. 

Itulah 6 rekomendasi barang yang akan mempermudah hidupmu sebagai anak kos. Semoga membantu! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read