Tips

5 PEKERJAAN KEKINIAN INI COCOK BANGET UNTUK KAMU YANG INTROVERT!

Introvert cenderung mengisi energi dengan menyendiri dan mudah kelelahan saat harus berinteraksi dengan banyak orang. Nah, inilah beberapa pekerjaan yang cocok untuk si introvert!

title

FROYONION.COMBanyak orang yang menyalahpahami definisi dari introvert dengan menganggap bahwa seorang introvert adalah orang yang pemalu, gampang minder, pendiam hingga penyendiri. Padahal sebenarnya tidak demikian. Seorang introvert bisa saja memiliki sifat percaya diri, seorang pembicara yang hebat, memiliki segudang koneksi yang tidak kaleng-kaleng, hingga merupakan seseorang yang cukup berpengaruh di dunia. Sebut saja beberapa nama seperti Elon Musk sang pendiri Tesla dan SpaceX, Bill Gates selaku pendiri Microsoft, hingga J.K Rowling yang menjadi penulis terkenal akibat seri Harry Potter. 

Nah, para introvert sering disalahpahami sebagai orang yang tidak suka bersosialisasi karena energi mereka memang mudah terkuras ketika diharuskan banyak berinteraksi dengan orang lain, serta mereka mengisi kembali energinya dengan menyendiri alias me time. Hal ini berkebalikan dengan para ekstrovert yang mendapatkan energinya kembali ketika berinteraksi dengan banyak orang.

BACA JUGA : STOP BERLINDUNG DI BALIK KATA INTROVERT

Pada intinya, introvert dan ekstrovert tidak menjelaskan siapa diri kalian, sebab pengelompokan introvert dan ekstrovert hanya soal bagaimana seseorang mengisi ulang energinya. Nah, sebagai seorang introvert yang energinya mudah terkuras ketika harus berinteraksi dengan banyak orang, berikut adalah beberapa rekomendasi pekerjaan untuk kalian yang introvert!

1. DATA ANALYST

Siapa sih yang tidak mengetahui pekerjaan analis data pada zaman digitalisasi seperti ini? Pada zaman dengan kemajuan teknologi yang pesat seperti ini, kemampuan analis data sangat banyak diperlukan oleh perusahaan. Seseorang yang bekerja sebagai data analis berperan penting untuk menganalisis dan menerjemahkan data berupa informasi demi kelangsungan perusahaan. Tugas dari data analis tidak jauh dari melakukan analisis data, merancang database hingga bekerja sama dengan klien demi menghasilkan data yang akurat.

Nah, selain diketahui mengisi ulang energi dengan menyendiri, seorang introvert juga dikenal sebagai pemikir yang mendalam dan merenungkan informasi. Hal ini sangat sesuai dengan kamu yang introvert, menyukai ketelitian, memiliki keterampilan observasi dan gemar berhubungan dengan angka-angka.

2. EDITOR VIDEO

Editor video menjadi salah satu rekomendasi pekerjaan untuk kamu yang introvert. Pada masa kini, dimana semua orang menggunakan medsos dan menggemari konten, pekerjaan editor video menjadi salah satu pekerjaan dengan peluang besar. Seorang editor video biasanya berhubungan dengan pemilihan klip, tulisan, perbaikan durasi dan efek spesial untuk kepentingan video, sehingga tidak banyak berinteraksi dengan orang lain.

Editor video adalah pekerjaan mandiri, alias dikerjakan sendiri. Mengedit video memerlukan kreativitas, konsentrasi hingga fokus yang tinggi sehingga pekerjaan ini cocok untuk orang yang introvert. 

BACA JUGA: TERNYATA INTROVERT JUGA BISA LEBIH KREATIF, INI 5 ALASANNYA!

3. GAME REVIEWER

Tak hanya analis data dan editor video, game reviewer juga cocok untuk seorang introvert, loh. Game reviewer biasanya memiliki peran yang penting bagi para pengembang game karena bisa memberikan ulasan dan masukan untuk perbaikan game tersebut. Seorang game reviewer akan menganalisis berbagai aspek dari sebuah game seperti gameplay, grafik, cerita hingga mekanika permainan.

Selama melakukan review tentunya kamu akan banyak menghabiskan waktu sendiri untuk menganalisis game. Sebab dalam melakukan review kamu perlu melakukan banyak observasi dan analisis dengan fokus yang tinggi. Sebagai seorang introvert yang memerlukan waktu sendiri untuk mengisi energi, pekerjaan ini memberikan kamu kesempatan untuk bekerja dalam lingkungan yang tenang dengan interaksi yang sedikit.

4. COPYWRITER

Pernahkah kamu melihat teks iklan atau konten tulisan untuk suatu produk di media sosial? Nah, hal itu merupakan tugas dari seorang copywriter. Seseorang yang bergelut dalam bidang copywriting bertugas untuk membuat teks iklan yang persuasif atau membuat konten berita tentang produk dan layanan yang ditawarkan perusahaan. Jadi, fokus pekerjaan ini adalah membuat tulisan yang persuasif dengan tujuan menjual.

Sebagai seorang penulis yang membutuhkan fokus dan kreativitas yang tinggi untuk menghasilkan tulisan, pekerjaan ini tidak mengharuskan kamu untuk melakukan banyak interaksi. Dalam proses copywriting seperti mencari tema, riset konten, menganalisis pasar hingga kepenulisan, biasanya tidak dibutuhkan banyak orang atau malah akan kamu kerjakan sendirian. Nah, hal ini cocok untuk kamu yang introvert, sebab pekerjaan ini minim interaksi dan bisa dilakukan dimana saja.

BACA JUGA: REKOMENDASI PEKERJAAN YANG COCOK UNTUK MAHASISWA

5. BACK END DEVELOPER

Inti dari pekerjaan seorang back end developer ialah merancang dan mengembangkan perangkat lunak di sisi server yang berkaitan dengan logika ataupun database agar aplikasi atau website perusahaan bisa berjalan sebagaimana seharusnya. Seorang back end developer akan melakukan perancangan database, meningkatkan struktur data, merancang alur web, coding, testing, melakukan riset dan evaluasi, hingga membuat konsep untuk ditambahkan dalam aplikasi.

Nah, dalam melakukan tugasnya, seorang back end developer akan menghabiskan banyak waktu didepan komputer dan berurusan dengan bahasa pemrograman, sehingga pekerjaan ini menjadi salah satu pekerjaan yang tidak banyak menuntutmu untuk berinteraksi dengan orang lain. Kamu juga akan banyak menghabiskan waktu sendiri karena perlu fokus untuk merancang dan mengembangkan perangkat lunak.

Itulah lima pekerjaan kekinian yang cocok untuk kamu yang introvert! Namun perlu diingat, bahwa meski kamu introvert, kamu juga bisa mengambil pekerjaan pada bidang yang banyak memiliki interaksi dengan orang lain seperti customer service, hubungan masyarakat, trainer dan lain-lain. Menjadi introvert tidak serta merta menjadikan kamu harus bekerja di bidang yang sedikit interaksinya, ya! Nah, untuk kamu para introvert, apakah tertarik bekerja pada posisi di atas? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Kal

Seorang gadis sederhana dengan pikiran ruwet. Punya kecanduan sama film serta buku.