Tips

5 HAL YANG PERLU LO LAKUKAN SUPAYA APA YANG DIINGINKAN DAPAT TERWUJUD

Untuk mencapai sesuatu perlu adanya suatu tindakan yang harus dilakukan, tindakan apa saja ya? Simak di sini yuk!

title

FROYONION.COM – Bim salabim jadi apa prok..prok..prok! Tentunya kita pernah dengar kata-kata tersebut ya, Civs. Kata tersebut diucapkan oleh seorang pesulap yang menghibur yaitu pak Tarno. Beliau  mengatakan kalimat tersebut karena hal tersebut dianggap sebagai mantranya, sekaligus untuk menghibur anak-anak maupun orang-orang di sekitarnya. 

Apalagi yang dilakukan oleh beliau adalah suatu sulap yang sederhana dan menghibur supaya orang-orang di sekitar bisa terhibur. Dengan sulapnya, apapun bisa diwujudkan, sehingga hal tersebut bisa menjadi sebuah tontonan yang menarik. Namun, itu semua hanyalah sebuah hiburan saja. 

Dengan kehidupan yang sekarang ini, pastinya harus ada usaha dan kemauan dalam kita mewujudkan sesuatu yang ingin kita gapai. Pastinya tidak dengan cara yang dilakukan oleh Pak Tarno ya, Civs (hehe).

Nah, jika kalian ingin mendapatkan sesuatu yang diinginkan, tepat sekali jika kalian membaca artikel ini. Karena pembahasan kita akan tertuju ke situ. Lalu, apa saja yang perlu kita lakukan agar sesuatu yang kita inginkan dapat tercapai? 

MENGENAL KARAKTER DIRI SENDIRI

Setiap insan manusia pasti memiliki tujuan hidupnya. Walaupun terbilang cukup sulit, kalian harus percayakan itu semua pada diri kalian sendiri. Bagaimana supaya kita dapat percaya terhadap diri kita sendiri?

Tentunya dengan kita melakukan pengenalan terhadap diri sendiri. identifikasikan siapa diri kalian? Di mana letak kekurangan dan kelebihan kalian? Supaya nantinya dapat diketahui di mana letak bakat dan passion kalian, supaya nantinya bisa lebih memuluskan langkah kalian untuk mencapai hal-hal yang ingin dicapai.

Jika hal tersebut sudah dilakukan, setidaknya nanti kita akan lebih bisa memahami, ke mana arah kalian akan melangkah. Karena dengan begitu, sudah bisa dikatakan kalian telah mengenali diri kalian masing-masing.

Setelah mengetahui dan mengenal diri sendiri, yang perlu dilakukan adalah menetapkan pencapaian kita untuk langkah berikutnya. Jika sudah bisa menetapkan suatu pencapaian, berinvestasilah pada pencapaian tersebut, sehingga kita bisa dikatakan “Mencicil” agar suatu hal dapat diwujudkan di masa depan kita.

TANGGUNG JAWAB DENGAN DIRI SENDIRI

Supaya kita dapat membuat kemajuan terhadap diri kita, perlu adanya tanggung jawab penuh yang harus kita ambil untuk diri kita sendiri. hampir segala sesuatu yang kita putuskan adalah melalui diri kita sendiri.

Entah masalah keuangan, hubungan asmara, kesehatan maupun permasalahan umum lain yang mungkin akan dihadapi. Semua hal tersebut sudah selayaknya menjadi tanggung jawab kita pribadi.

Tetapi, jika kita hanya terdiam dan tidak melakukan apa-apa, apalagi hanya menunggu sesuatu yang tidak pasti, itu sangatlah membuang-buang waktu. Namun, jika kita bisa berpikir lebih terbuka, pastinya kita tidak akan berpikir untuk diam di tempat.

Apabila ingin memperoleh sesuatu supaya terwujud dalam hidup kita, tentunya kita harus bertanggung jawab dan selalu berusaha mencapai keinginan tersebut. Jangan sampai ada orang lain yang mengambil kendali dalam hidup kalian.

JANGAN MENGKHAWATIRKAN PERKATAAN ORANG YANG AWAM TERHADAP KITA

Pada saat kita sedang berusaha, pastinya akan sering ada orang yang ikut campur. Namun, apabila hal tersebut menghampiri kalian, bisa kalian hiraukan saja, jangan khawatirkan perkataan atau pemikiran dari orang lain, karena mereka bisa saja hanya “Kepo” atau ingin tahu saja. 

Namun, percayakan semuanya itu pada diri kalian masing-masing, dengan usahamu selama ini, pastinya kalian akan tahu porsi kalian seberapa. Tetapi, jika pikiran kalian sedang buntu, bisa kalian meminta bantuan kepada keluarga maupun kerabat terdekat kalian yang kalian percayai. Dengan begitu, kita bisa mengetahui pendapat ataupun pandangan kita dari orang lain (yang kita percayai). 

Berhenti juga memikirkan pandangan orang awam terhadap diri kita. Karena tidak semua orang itu menyukai kita. Bahkan, beberapa orang bisa saja malah menjatuhkan kita. Jangan pikirkan juga segala pikiran-pikiran negatif orang lain terhadap diri kita masing-masing. 

Tetapi fokuslah pada kelebihan yang kita miliki, karena di situ kita akan mengetahui dan mengerti berapa potensi yang akan kita capai, walaupun sedikit-demi sedikit.

LAKUKAN

Berikutnya yaitu kita harus mau melakukan apa yang telah direncanakan selama ini. Jangan biarkan apa yang sudah direncanakan selama ini malah mangkrak di tengah jalan dan terpendam begitu saja dalam daftar perencanaan kita. Kesempatan tidak akan datang dua kali. Apabila kita ingin mencapai keinginan yang harus diwujudkan, berusahalah hingga keinginan tersebut dapat terwujud. 

Berusahalah sekuat tenaga kita supaya dapat mencapai sesuatu yang diinginkan, selain itu kita juga harus memiliki rasa percaya diri, yakin, dan berdoa, karena dalam mewujudkan sesuatu pastinya juga akan selalu ada campur tangan dari yang di atas.

KONSISTEN

Jika kita ingin mencapai sesuatu, hal yang harus kita lakukan adalah membuat diri kita supaya bisa konsisten setiap waktu. 

Konsisten dalam hal apa saja? Misalnya, untuk kalian yang masih menimba ilmu pendidikan di bangku sekolah atau kuliah, pastinya jika kalian menginginkan nilai yang bagus, pastinya kalian harus rajin belajar supaya hal tersebut dapat tercapai.

Berbeda dengan orang yang sedang berkarir, jika kalian bisa konsisten dan memberikan yang terbaik pada pekerjaan kalian saat ini, pastinya kalian dapat menjadikan contoh untuk karyawan-karyawan yang lain. Sehingga kalian pasti akan dimudahkan dan memperoleh bekal yang pengalaman yang bermanfaat untuk peluang karir kalian di masa depan.

Selain itu, di era modern sekarang, pastinya anak-anak muda juga menyukai tentang teknologi, entah itu dari smartphone, laptop ataupun PC kalian. Apabila kalian menyukai bakat tersebut serta juga bisa konsisten dalam melakukan hal-hal kreatif di dalamnya. Bisa menjadikan peluang karir desain grafis untuk diri kalian secara pribadi, sehingga nantinya bisa saja menjadikan diri kalian sebagai Content Creator, maupun design grafis pada perusahaan-perusahaan tertentu.

Namun sebaliknya, jika kita melakukan contoh tersebut tidak sungguh-sungguh dan tidak konsisten, maka hal-hal yang ingin dicapai tersebut tidak akan pernah terwujud, serta hanya akan menjadikan angan-angan saja. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Yudha Persada

Seorang freelancer yang sedang mencoba mengembangkan skill menulis di Froyonion.com.