Tips

5 CARA SEDERHANA UNTUK MENGURANGI STRES DAN CEMAS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Tak harus banyak-banyak baca buku self improvement, mengurangi stres dan cemas bisa dilakukan dalam keseharian juga.

title

FROYONION.COM - Stres dan kecemasan biasanya terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan dapat berdampak buruk pada kesehatan mental seseorang. 

Kali ini, kita akan bahas tentang pentingnya mengurangi stres dan kecemasan di kehidupan sehari-hari dan fakta-fakta mengenai dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari stress dan kecemasan terhadap kesehatan mental. 

OLAHRAGA DAN AKTIVITAS FISIK

Olahraga dan aktivitas fisik secara teratur dapat menjadi cara yang efektif dalam mengurangi stres. 

Ketika kita berolahraga, tubuh melepaskan endorfin yang bisa meningkatkan mood dan mengurangi stres. 

Selain itu, olahraga juga membantu mengalihkan fokus dari pikiran yang cemas menjadi aktivitas fisik yang bermanfaat. 

Beberapa contoh latihan fisik yang mudah dilakukan seperti jalan kaki, berlari, bersepeda, atau melakukan gerakan yoga sederhana di rumah. 

Dengan melakukan olahraga dan aktivitas fisik secara teratur, kamu bisa mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental kamu.

BACA JUGA: ‘SLEEP CALL’ KUAK RUMITNYA HIDUP DALAM JERATAN PINJOL, DATING APP, DAN BOBROKNYA KESEHATAN MENTAL

MENJAGA POLA MAKAN DAN TIDUR CUKUP

Menjaga pola makan yang sehat tidak hanya berdampak positif untuk kesehatan fisik saja, tapi juga dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. 

Beberapa jenis makanan bisa mempengaruhi mood dan kemampuan kita dalam mengatasi stress, seperti kacang-kacangan, ikan, dan buah-buahan dapat membantu mengurangi stres. 

Selain itu, memiliki pola tidur yang cukup dan berkualitas juga sangat penting dalam mengurangi kecemasan. 

Jika kamu sering begadang pada malam hari, hal itu hanya akan membuat kamu semakin overthinking akan segala hal sehingga akan memperburuk stres dan kecemasan. 

Oleh karena itu, kalau kamu mau mengurangi stres dan kecemasan dalam kehidupan sehari-hari, menjaga pola makan seimbang dan tidur yang cukup serta berkualitas adalah cara efektif yang harus kamu coba.

BELAJAR RELAKSASI DAN TEKNIK PERNAFASAN

Belajar relaksasi dan teknik pernafasan merupakan cara efektif untuk mengurangi stres dan kecemasan. 

Beberapa cara relaksasi yang dapat dicoba yaitu meditasi, yoga, dan visualisasi. Meditasi membantu menenangkan pikiran dan mengurangi stres dengan fokus pada pernafasan dan memberikan kesadaran pada saat ini. 

Yoga juga dapat membantu mengurangi stres lewat gerakan tubuh yang terkoordinasi dengan pernapasan. 

Visualisasi adalah teknik yang membantu kita membayangkan situasi yang menyenangkan atau pikiran positif untuk membantu meredakan kecemasan. 

Selain itu, teknik pernafasan juga dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh. Melalui pernafasan yang dalam dan perlahan, kita bisa merangsang saraf parasimpatik yang menghilangkan stres dan meningkatkan relaksasi. 

Dengan mempraktikkan relaksasi dan teknik pernafasan seperti ini kamu bisa mengurangi stres dan merasa tenang di kehidupan sehari-hari.

MELUANGKAN WAKTU UNTUK DIRI SENDIRI

Meluangkan waktu untuk diri sendiri juga dapat meredakan stres dan cemas. 

Luangkan waktu kamu dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai, seperti membaca buku, mendengarkan musik favorit atau sekedar duduk di teras sambil menikmati minuman kesukaan kamu, lakukan hal yang kamu sukai sendiri di rumah atau traveling ke tempat yang ingin kamu datangi. 

Hal itu bisa meningkatkan rasa bahagia kamu dan membuat perasaan menjadi jauh lebih tenang.

Dengan menerapkan lima cara sederhana di atas, kamu bisa mengurangi stres dan kecemasan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bisa bikin kamu lebih sehat, bahagia, dan produktif. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Thya Aji Andarini

Mantan budak corporate yang hobinya nulis kadang cuma suka baca doang.