Tips

4 CARA MENCARI KOSAN YANG NYAMAN BUAT ANAK MUDA PERANTAU

Cari kos yang sempurna dan sesuai selera kita memang nggak mudah. Tapi setidaknya cara-cara berikut ini bisa membuatmu lebih gampang menemukan kos yang nggak bakal bikin menyesal di kemudian hari.

title

FROYONION.COM - Mencari kosan yang nyaman selalu menjadi persoalan bagi anak muda yang terpaksa merantau. Kebanyakan pencari kosan adalah mahasiswa atau pekerja asal luar kota, walau ditemukan juga beberapa siswa sekolah ternyata ada yang ikut ngekos.

Kamar kos pun sebetulnya gak sekedar tempat tidur. Lo harus memastikan kamar kos lu juga nyaman buat bekerja di rumah, buat ngerjain tugas kelompok, juga buat bertamu misalnya ada teman atau keluarga yang mau menginap semalam.

CARA MENCARI KOSAN

Namun, nyaman bagi mereka belum tentu nyaman buat lo juga. Lo mungkin harus memastikan langsung apakah kamar kosan lo lembab atau tidak, pengap atau tidak, dan lainnya. Berikut beberapa yang harus lo pastikan sebelum menentukan kosan untuk tinggal.

1. KENA CAHAYA MATAHARI

Manusia, tumbuhan dan makhluk hidup lainnya tentu membutuhkan cahaya matahari. Selain memberikan nutrisi pada tubuh lewat paparan cahaya paginya, matahari turut menjadi jam biologis bagi tubuh untuk melangsungkan aktivitas sehari-hari.

Cahaya matahari yang masuk ke dalam kamar kosan turut menjauhkan lo dari suasana kamar kosan yang lembab, pengap, bahkan temboknya berjamur maupun berlumut. Ketidaknyamanan tersebut malah bisa membuat istirahat lo menjadi tidak berkualitas atau bahkan bisa mendatangkan penyakit.

2. LOKASI STRATEGIS

Lokasi kosan yang strategis bisa memudahkan lo dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Misalnya dekat dengan warung makan, swalayan, pom bensin, dan lainnya. Sebuah kamar kosan walau nyaman, kalau jauh dari mana-mana juga bakal bikin lo kerepotan.

Bukan hanya memudahkan lo, kosan dengan lokasi yang strategis juga memudahkan tamu kosan seperti teman atau keluarga ketika mereka mampir ke kosan lo. Pastikan juga di sekitar kosan lo terdapat puskesmas, apotek atau rumah sakit. 

BACA JUGA: PUASA DI KOS: ANTARA ‘SURVIVAL INSTINCT’ ATAU MALAH PUSING?

3. PARKIRAN LUAS DAN AMAN

Penghuni kosan biasanya memiliki kendaraan pribadi untuk bepergian. Baik berupa sepeda, motor ataupun mobil, kendaraan pribadi sangat memiliki banyak manfaat. Misalnya untuk berangkat kuliah/kerja, membeli makan, maupun membeli kebutuhan pribadi di swalayan.

Kendaraan pribadi tentu memiliki harga yang tidak sedikit. Sangat mungkin harga kendaraan pribadi lo lebih mahal dari harga sewa kamar kosan lo per bulannya. Maka dari itu, keamanan kendaraan berupa parkiran yang aman merupakan sesuatu yang cukup krusial dalam mencari kosan.

4. ENGGAK BANJIR

Pada musim hujan seperti ini, faktor kosan lo berada di wilayah rawan banjir atau bukan turut menjadi hal penting. Kosan yang banjir atau atap bocor tentunya bakal bikin lo nggak nyaman. Di saat banjir, lo harus mengamankan barang berharga dan barang elektronik supaya tidak terendam atau rusak.

Setelah banjir pun lo harus membersihkan kamar kosan dari genangan air kotor dan bau yang memenuhi kamar lo. Itu kalau banjirnya sehari, kalau banjirnya berhari-hari atau berbulan-bulan, gimana? 

Maka dari itu coba tanyakan juga ke anak kosan lain atau penjaga warung di sekitar sana mengenai hal ini. Kalau lo tanya ke pemilik kosan tentunya mereka akan menjawab kalau kosan ini aman saja atau jawaban formalitas lainnya.

5. HINDARI PEMILIK KOSAN YANG PROBLEMATIK

Kosan yang nyaman kalau pemilik kosannya problematik ya sama aja. Seiring waktu lo bakal merasa enggak nyaman dan bakal pindah kosan juga akhirnya. Untuk menghindari hal tersebut, lo bisa bertanya ke penghuni kosan di sana, baik ketemu langsung ketika survey maupun lewat via online.

Itulah beberapa hal yang harus lo perhatikan ketika mencari kosan yang nyaman. Cara mencari kosan di zaman sekarang tentunya lebih mudah berkat kemajuan teknologi. Lo pun bisa mencari kosan lewat aplikasi ataupun bertanya di media sosial. Cara paling gampang biasanya bertanya ke teman atau kakak tingkat yang telah merantau dan ngekos sebelumnya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Bang Roy

Bang Roy