Tips

4 CARA ANEH MENINGKATKAN KREATIVITAS

Kalian pasti suka ngerasa stuck dan kehabisan ide saat mencoba untuk berkarya, kan? Ada beberapa trik kreatif yang agak aneh nih, tapi siapa tahu bisa membantu meningkatkan kreativitas kalian. Yuk, simak!

title

FROYONION.COMKreativitas adalah kemampuan untuk memikirkan atau menciptakan sesuatu yang baru dan original. Banyak orang percaya bahwa kreativitas adalah bakat yang diberikan sejak lahir, namun kreativitas juga bisa dilatih dan ditingkatkan.

Orang kreatif itu biasanya punya otak yang 'kece' banget, bisa menghasilkan ide-ide yang 'ngehits' dan beda dari yang lain. Mereka juga 'fleksibel' dan bisa beradaptasi dengan situasi apapun. Mereka punya kemampuan buat 'nge-risiko' dan mencoba hal baru tanpa takut gagal, serta terbuka dengan pengalaman baru.

Nah salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas adalah dengan mencoba hal-hal yang berbeda dan unik. Berikut ini adalah 4 cara aneh agar kalian makin kreatif.

BERPIKIR DENGAN KAKI

Cara pertama untuk meningkatkan kreativitas adalah dengan berpikir menggunakan kaki. Caranya dengan mencoba berjalan-jalan sambil berpikir tentang masalah atau ide yang ingin dipecahkan atau dikembangkan.

Dengan bergerak, tubuh kalian akan menghasilkan hormon endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres, sehingga pikiran menjadi lebih jernih dan kreativitas meningkat.

Cara lain, kalian bisa meditasi sambil berdiri di atas satu kaki. Ini akan membantu meningkatkan keseimbangan tubuh dan menghilangkan distraksi, sehingga memudahkan pikiran kalian untuk fokus.

Baca juga: MELAHIRKAN IDE KREATIF ALA PABLO PICASSO DAN LUDWIG VAN BEETHOVEN

TIDUR DI TEMPAT BERBEDA

Cara kedua untuk meningkatkan kreativitas adalah dengan tidur di tempat yang berbeda dari biasanya. Tidur di tempat berbeda dapat membantu meningkatkan kreativitas karena dapat memicu aktivitas otak yang berbeda.

Saat kita tidur di tempat yang berbeda, otak kita mencatat perbedaan lingkungan dan merespons dengan meningkatkan kepekaan kita terhadap lingkungan tersebut.

Hal ini dapat memicu otak untuk merespons dengan cara yang lebih kreatif, menghasilkan ide-ide baru yang mungkin tidak akan muncul jika kita tidur di tempat yang sama setiap malamnya.

Selain itu, tidur di tempat yang berbeda juga dapat mengurangi stres dan membantu menghilangkan blokade kreatif, tentu aja bisa meningkatkan produktivitas dan kreativitas kita secara keseluruhan.

BERBICARA DENGAN ORANG YANG BERBEDA

Berbicara dengan orang yang berbeda nyatanya bisa membantu meningkatkan kreativitas kita loh. Kalian tahu? Karena mereka dapat memberikan perspektif dan pengalaman yang berbeda dari kita. 

Setiap orang memiliki latar belakang dan pengalaman yang unik, ketika kita berbicara dengan orang lain, kita dapat memperluas pandangan dan pemahaman kita tentang dunia.

Ketika kita berbicara dengan orang baru, kita juga dapat memperoleh ide-ide baru dan berbeda dari apa yang kita pikirkan sebelumnya. Kita bisa saling menginspirasi dan memicu ide-ide kreatif satu sama lain dengan memberikan masukan atau tanggapan yang konstruktif.

Selain itu, ketika kita melakukan percakapan, kita mungkin perlu mengadaptasi gaya komunikasi dan memikirkan cara yang lebih efektif untuk berkomunikasi dengan mereka. Ini bisa membantu kita untuk mengembangkan kemampuan berpikir yang lebih fleksibel dan kreatif.

MEMBUAT DAFTAR IDE ‘BODOH’

Cara keempat untuk meningkatkan kreativitas adalah dengan membuat daftar ide yang bodoh. Kok bisa? Jadi ketika kalian membuat daftar ide bodoh, secara langsung bisa membantu kalian memperluas cara berpikir dan memperbolehkan otak untuk berpikir out of the box.

Mudahnya begini, membuat daftar ide bodoh itu menghilangkan rasa takut gagal. Dalam menghasilkan ide-ide kreatif, seringkali kita terjebak dalam pola pikir yang terlalu serius atau terlalu kritis, sehingga membuat kita takut mencoba hal baru dan berinovasi. Dengan membuat daftar ide bodoh, kita membebaskan diri dari rasa takut dan memungkinkan pikiran kita untuk lebih bebas dan eksploratif.

Membuat daftar ide bodoh juga bisa memicu imajinasi kita dan membuka jalan bagi ide-ide yang lebih kreatif. Ketika kita membiarkan pikiran kita berjalan-jalan bebas dan tidak terikat dengan batasan logika, kita dapat menemukan ide-ide yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

Ide bodoh juga mendorong kreativitas kolaboratif. Saat kita berbagi ide-ide bodoh dengan orang lain, mereka mungkin dapat memberikan perspektif yang berbeda dan memicu ide-ide yang lebih kreatif. Dengan berkolaborasi, kita dapat menghasilkan ide-ide yang lebih kompleks dan lebih inovatif.

Secara keseluruhan, membuat daftar ide bodoh dapat membantu kita untuk menghilangkan rasa takut, memicu imajinasi, dan mendorong kreativitas kolaboratif. 

Nah kalau cara kalian gimana untuk meningkatkan kreativitas? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.