Tech

UPDATE SEKARANG! 10 FITUR BARU IOS 17 DAN DAFTAR SERI IPHONE YANG KOMPATIBEL

iOS 17 menawarkan peningkatan fitur yang memudahkan kalian dalam bekerja dan menikmati hiburan. Apa saja? Cari tahu juga daftar seri iPhone yang cocok di sini.

title

FROYONION.COMSudah update iPhone kalian ke sistem operasi iOS 17? Setelah resmi diperkenalkan kepada publik pada 5 Juni 2023, Apple mengumumkan peningkatan di beberapa fitur, seperti telepon, FaceTime, pesan, AirDrop, Journal, StandBy, dan masih banyak lagi.

Menurut Craig Federighi selaku Wakil Presiden Senior Bidang Rekayasa Perangkat Lunak Apple, hadirnya dua fitur terbaru yaitu Journal dan StandBy akan menambah pengalaman pengguna dalam mengekspresikan rasa syukur dan cara baru untuk melihat informasi sekilas dalam mode layar kunci.

“Dengan iOS 17, kami menjadikan iPhone lebih personal dan intuitif dengan mempertimbangkan secara mendalam fitur-fitur yang kami andalkan setiap hari. Telepon, FaceTime, dan Pesan adalah inti dari cara kami berkomunikasi, dan rilis ini dikemas dengan pembaruan yang menurut kami akan disukai pengguna kami,” katanya melalui siaran rilis resmi Apple, Senin (5/9/2023).

“Kami juga telah menata ulang AirDrop dengan cara-cara baru untuk berbagi, koreksi otomatis menjadi lebih baik, dan kami memperkenalkan pengalaman baru dengan Journal dan StandBy, serta masih banyak lagi. Kami tidak sabar menunggu semua orang mencobanya,” imbuhnya.

Kini, pengguna iPhone di Indonesia dapat dengan mudah memperbarui iOS 17 mulai Selasa (19/9/2023). Cara memperbarui iPhone ke iOS 17 melalui menu Settings > General > Software Update. Jika kalian belum update iOS 16.1, sistem akan mengarahkan ke OS tersebut. Namun, bila sudah, ada pilihan untuk langsung menikmati iOS 17.

Apa saja 10 fitur baru yang ada di iOS 17 dan daftar seri iPhone yang kompatibel dengan sistem operasi tersebut? Tim Froyonion.com telah merangkumnya untuk kalian. Siapkan perangkat iPhone dan simak hingga selesai artikel ini.

BACA JUGA: RESMI DILUNCURKAN, IPHONE 15 SERIES DIJUAL DENGAN HARGA TERMURAH RP12,2 JUTA

10 FITUR TERBARU YANG DIMILIKI IOS 17

1. FITUR TELEPON YANG MENGALAMI PENINGKATAN BESAR

Salah satu yang membedakan adalah pembaruan aplikasi telepon yang hadir dengan Contact Posters yang dapat kalian personalisasi. Inovasi ini memberikan cara baru bagi pengguna untuk mengekspresikan diri, menyesuaikan tampilan–terutama ketika ada panggilan masuk yang juga tersedia untuk aplikasi telepon pihak ketiga.

Dukungan Live Voicemail akan memberi pesan suara secara langsung melalui tampilan transkripsi yang semakin memudahkan pengguna untuk meninggalkan pesan suara atau menjawab saat penelepon meninggalkan pesanannya. Tenang, panggilan yang dicurigai sebagai spam tidak akan muncul di sini.

2. TAMBAH PESAN AUDIO DAN VIDEO, REAKSI, APPLE TV DI FACETIME

Saatnya mencoba fitur FaceTime terbaru yang memungkinkan kalian untuk mengirim pesan audio dan video ketika menelepon seseorang yang tidak bisa dihubungi, dengan berbagi pesan yang bisa dinikmati nanti. Panggilan juga dapat dipersonalisasi dengan reaksi seperti hati, balon, kembang api, dan lainnya.

Lebih lanjut, FaceTime meluas ke perangkat Apple TV 4K yang bisa dinikmati di dalam rumah. Dibekali Continuity Camera, kalian bisa memulai panggilan video langsung dari Apple TV atau memulai dahulu di Iphone dan menyaksikannya di Apple TV. Center Stage bakal menyempurnakan panggilan video dengan framing yang tepat bahkan saat kalian bergerak di sekitar ruangan.

3. TAMPILAN SEGAR DAN PENINGKATAN BAGUS DI APLIKASI PESAN

Terdapat perubahan signifikan pada aplikasi pesan. Di antaranya karakter stiker emoji baru dan kemampuan pembuatan stiker secara langsung dengan mengangkat subjek dari foto. Masih kurang? Ada fitur Live Sticker yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan efek ke stiker dan menjadikannya lebih hidup serta ekspresif.

Check In juga menjadi fitur penting di aplikasi pesan. Kalian dapat mengetahui anggota keluarga atau teman ketika sudah sampai di tujuan dengan selamat. Selain itu peningkatan pada filter pencarian juga dikembangkan untuk memudahkan pengguna dalam memulai pencarian dengan hasil kata kunci yang lebih spesifik dan detail.

4. BERBAGI MAKIN GAMPANG DENGAN AIRDROP DAN NAMEDROP

Pengguna setia fitur AirDrop, mana suaranya? Aktivitas berbagi berkas antar iPhone semakin gampang dengan dukungan AirDrop dan NameDrop. Jika sebelumnya AirDrop memudahkan berbagi berkas berupa foto, video, atau dokumen lain dalam hitungan detik, NameDrop punya cara yang cukup unik.

Kalian cukup menyatukan antar iPhone atau menghubungkan iPhone dengan Apple Watch 1. Melalui gerakan yang sama, pengguna juga dimudahkan dalam berbagi informasi kontak, hingga aktivitas hiburan seperti mendengarkan musik, menonton film dan bermain gim melalui dukungan SharePlay dalam jarak dekat antarperangkat iPhone.

5. FITUR AUTOCORRECT DAN DICTATION YANG LEBIH CERDAS DAN OTOMATIS

Salah ketik atau typo akan diminimalisir secara lebih cerdas dan otomatis melalui fitur Autocorrect dan Dictation. Model terbaru pada Autocorrect akan memberikan pengalaman yang lebih mendalam dengan tingkat akurasi tinggi–mengoreksi kata melalui model bahasa transformator dan model bahasa pembelajaran mesin. Di samping itu, fitur Dictation akan mendikte pengetikan sesuai dengan tata bahasa, rekomendasi teks prediktif sebaris, sehingga melengkapi kalimat semudah mengetuk spasi dan membuat entri teks tercepat dari sebelumnya.

6. INTIP INFORMASI DAN STATUS IPHONE TERKINI LEWAT STANDBY

Pertama kalinya, Apple memperkenalkan StandBy. Fitur ini memungkinkan kalian untuk menikmati pengalaman layar penuh dengan informasi seklias yang dapat dilihat dari jarak jauh, dalam posisi miring dan mengisi daya. StandBy dapat kalian personalisasikan untuk menampilkan beragam gaya jam, foto favorit, widget, atau Smart Stacks.

Didukung fitur lain seperti Siri, panggilan masuk, dan notifikasi, StandBy menjadikan iPhone kalian semakin berguna ketika dilihat dari jarak jauh. Misalnya, mengingat tampilan pilihan pengguna saat mengisi daya dengan MagSafe. Cukup mengetuk layar, StandBy selalu tersedia untuk kalian kapan pun dan di mana pun.

7. FITUR JOURNAL SEBAGAI CARA BARU MENGHARGAI MOMEN KEHIDUPAN

Hobi menulis jurnal atau journaling? Kalian bisa memanfaatkan fitur terbaru Journal yang siap mengajak kalian untuk membantu merefleksikan dan mempraktikkan rasa syukur melalui aktivitas penjurnalan. Dengan memanfaatkan machine learning, saran yang dipersonalisasi akan memberikan kalian inspirasi ketika menulis jurnal.

Bukan cuma itu, Journal juga dibuat dengan kemampuan mengunci aplikasi, penggunaan pemrosesan di perangkat, dan dukungan end-to-end encryption, aktivitas menulis jurnal tidak pernah seasyik ini dan memastikan privasi kalian terlindungi sehingga tak ada satu pun yang dapat mengakses jurnal yang telah kamu buat.

8. PERAMBAN SAFARI YANG SEMAKIN AMAN UNTUK PRIVATE BROWSING

Peningkatan luar biasa di peramban Safari, di antaranya adalah perlindungan yang lebih besar ketika mengakses penjelajahan pribadi atau private browsing. Mulai dari pelacak saat kalian menjelajah web, dan terhindar dari orang yang mungkin memiliki akses ke perangkat iPhone. Lebih lanjut, Safari juga membekali perlindungan dengan teknologi sidik jari tingkat lanjut untuk mencegah situs web melacak identifikasi perangkat pengguna.

Aktivitas berbagi kata sandi dan kunci sandi juga akan lebih mudah dan aman, pasalnya, kalian dapat berbagi kata sandi dengan sekelompok kontak terpercaya. Uniknya, semua orang di grup dapat leluasa menambahkan dan mengedit kata sandi terbaru yang dibagikan melalui iCloud.

9. TAMBAH PLAYLIST LAGU FAVORIT DI FITUR TERBARU APPLE MUSIC

Apple Music tak hentinya memberikan inovasi kepada pengguna. Kalian bisa mendengarkan musik bersama teman atau sahabat secara lebih mudah dibandingkan sebelumnya melalui Collaborative Playlists. Dukungan SharePlay memungkinkan pengguna lain dapat mengontrol musik, meski tidak berlangganan Apple Music.

Berbagi konten juga jadi lebih gampang dengan fitur AirPlay yang kini semakin cerdas mempelajari preferensi pengguna. Dibangun dengan landasan pribasi dan keamanan, AirPlay akan memberi pengalaman menikmati konten favorit di TV bahkan saat bepergian. Dengan catatan, fitur tersebut akan tersedia sebelum akhir tahun di hotel-hotel tertentu.

10. FITUR ACCESSIBILITY TERBARU AKAN MEMUDAHKAN PENGGUNA DISABILITAS

Apple senantiasa mendukung pengguna dengan disabilitas melalui fitur teranyar di Accesibility, seperti Assistive Access–tampilan antarmuka yang dapat disesuaikan untuk membantu pengguna disabilitas kognitif secara lebih mandiri, Live Speech dan Personal Voice yang akan membantu pengguna disabilitas berbicara untuk membuat suara yang mirip dengan suara mereka, serta Point and Speak yang membantu pengguna tunanetra atau low vision untuk membaca teks dengan cara menunjuk layar.

Tentu, dari 10 fitur baru di atas, masih banyak sederet fitur yang telah dikembangkan Apple untuk pengguna setia iPhone di iOS 17, mulai dari fitur Health, Maps, AirTag, AirPods, Home, Reminders, Visual Look Up, Siri, Photos, dan Privacy.

DAFTAR SERI IPHONE YANG KOMPATIBEL DENGAN IOS 17

  • iPhone 15
  • iPhone 15 Plus
  • iPhone 15 Pro
  • iPhone 15 Pro Max
  • iPhone 14
  • iPhone 14 Plus
  • iPhone 14 Pro
  • iPhone 14 Pro Max
  • iPhone 13
  • iPhone 13 Mini
  • iPhone 13 Pro
  • iPhone 13 Pro Max
  • iPhone 12
  • iPhone 12 Mini
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone XR
  • iPhone SE Gen 2
  • iPhone SE Gen 3

Setelah mengetahui sekilas tentang fitur-fitur anyar di iOS 17 dan daftar seri iPhone yang kompatibel, di bawah ini adalah tips yang wajib kalian lakukan sebelum memperbarui iPhone ke iOS 17:

  1. Periksa kembali ruang penyimpanan dengan memiliki setidaknya 20 GB ruang kosong untuk meminimalisir risiko masalah penyimpanan yang kerap muncul pasca pembaruan.
  2. Pastikan kalian mem-backup terlebih dahulu dengan iCloud untuk membuat cadangan yang lebih aman dan terhindar dari risiko data terhapus.
  3. Pastikan koneksi internet atau Wi-Fi dalam kecepatan yang stabil dan baterai yang terisi penuh untuk meminimalisir kegagalan pembaruan sistem operasi.
  4. Meski hampir semua perangkat iPhone kompatibel dengan iOS 17, beberapa fitur bisa saja tidak sepenuhnya dimiliki pada perangkat iPhone yang lebih lama.

Jadi, sudah siap untuk perbarui iPhone kalian ke iOS 17? (*/)

BACA JUGA: PEJABAT DAN PNS DI CHINA DILARANG PAKAI IPHONE DI TEMPAT KERJA, APA ALASANNYA?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas