Tech

TWITTER PERSIAPKAN FITUR TOMBOL DISLIKE DI TIAP POSTINGAN, SIAP DAPAT DOWNVOTE?

Twitter (sekarang X) akhirnya dirumorkan tengah mengembangkan fitur dislike untuk tiap postingan. Fitur ini termasuk salah satu yang paling dinanti. Akan seperti apa jadinya?

title

FROYONION.COM – Media sosial Twitter yang kini berganti nama menjadi X setelah dibeli Elon Musk, terus berinovasi dan menambahkan sejumlah fitur baru. Melansir dari TechCrunch, fitur paling anyar yang tengah dalam pengembangan adalah tombol dislike.

Sebelumnya, X memberi tambahan fitur View Counts pada 2023 lalu. Tampilan tayangan ini akan memungkinkan pengguna melihat berapa banyak orang yang melihat cuitannya.

BACA JUGA: BUKAN VIEW COUNTS, 6 FITUR INI YANG SEHARUSNYA ADA DI TWITTER

Tahun ini, X dikabarkan akan menambahkan komunitas NSFW (Not Safe For Work) alias konten dewasa yang cenderung mengarah ke aktivitas seksual. Tidak berhenti sampai di situ, dikabarkan X juga sedang mengembangkan fitur tombol dislike.

X sendiri awalnya hanya memiliki fitur tombol Reply untuk membalas cuitan, Like untuk menyukai cuitan serta Retweet untuk mengutip cuitan. Jika telah resmi ditambahkan, tombol Dislike akan berfungsi sebagai respon tidak suka pada suatu cuitan.

Fitur ini bukan hal baru di media sosial lain. Youtube misalnya, telah terlebih dahulu memiliki tombol Dislike sebagai respon tidak suka pengguna pada suatu konten. Bagaimana fitur ini akan hadir di X nantinya?

PENGEMBANGAN FITUR TOMBOL DISLIKE DI X

Berdasarkan referensi kode yang ditemukan dalam aplikasi iOS X, tombol Dislike nantinya akan disimbolkan dengan ikon hati yang patah dan berada persis di sebelah tombol Like yang berbentuk hati.

Fitur downvote sendiri pernah diuji coba oleh Elon Musk pada 2021. Namun, saat masih di tahap percobaan awal, X hanya mengizinkan downvote pada balasan cuitan.

BACA JUGA: TWITTER RESMI PERKENALKAN KOMUNITAS NSFW, YAY OR NAY?

Persis seperti Instagram, balasan yang lebih relevan akan berada di bagian paling atas sebuah utas. Ini akan mencegah pengguna X memposting konten yang dirancang untuk memancing keributan atau menghasilkan ketidaksukaan dari keterlibatan komentar.

Beberapa pengguna membagikan pengalaman saat mereka menemukan fitur Dislike di akun X. Terdapat beberapa referensi baru yang ditambahkan dalam fitur ini serta serangkaian teks yang meminta pengguna mengambil tindakan untuk mengonfirmasi Dislike yang dilakukan.

Misalnya, ada teks bertuliskan, “Apakah Anda ingin downvote posting ini?”. Karena kalimat tersebut hanya merujuk pada postingan dan bukan balasan, kemungkinan X akan mempertimbangkan untuk menghadirkan fitur Dislike pada semua postingan di platformnya, tidak hanya terbatas pada balasan saja.

Pengguna lain mengungkap ia dapat mengaktifkan tombol Dislike dengan menggunakan fitur bendera. Akan tetapi, tombol Dislike hanya tersedia untuk sementara waktu dan belum pasti apakah nantinya masih akan dapat berubah lagi.

BACA JUGA: THREADS VS TWITTER, MANA YANG LEBIH MENANG DARI SEGI FITURNYA?

Fitur Dislike juga sempat terlihat di akun seorang karyawan X yang tengah membagikan demo video tentang cara memperluas balasan. Postingan ini lalu dihapus dan diposting ulang tanpa keberadaan fitur tersebut. 

Banyaknya penampakan fitur Dislike membuat pengujian tombol ini sepertinya memang tengah marak dilakukan. Bukan tidak mungkin, Dislike akan benar-benar terwujud di kemudian hari. 

Menarik juga untuk menantikan apakah jika benar Dislike akan benar-benar ada, Musk justru akan menyembunyikannya dari publik. Pasalnya, fitur Likes seseorang juga diubah menjadi privat baru-baru ini.

APAKAH FITUR INI AKAN BERGUNA?

Tidak seperti View Counts yang dianggap tidak penting dan komunitas NSFW yang hampir jadi alasan X di-banned di Indonesia, fitur Dislike bisa dibilang sedikit lebih berguna.

Dislike bisa jadi penyeimbang Like untuk menandakan apakah sebuah konten lebih banyak disukai atau lebih banyak tidak disukai oleh pengguna. Relevansi balasan atas sebuah konten juga bisa diukur dari banyaknya Like dan Dislike ini.

Tombol Dislike sekaligus akan dapat membantu ‘menenggelamkan’ komentar buruk seperti hujatan. Netizen juga bisa menggunakan tombol Like dan Dislike untuk voting seru-seruan.

Apalagi, mengingat fitur ini masih dalam tahap pengembangan, belum bisa dipastikan akan seperti apa tampilan dan fungsi lengkapnya. Kita juga belum tahu apakah kita bisa melihat cuitan yang di-dislike pengguna lain atau hanya tersedia privat seperti tab Likes sekarang.

Menarik menantikan perkembangan fitur terbaru ini sekaligus fitur-fitur lain yang akan dihadirkan X nantinya. Jadi, sudah siap menerima Dislike netizen? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read