Tech

REKOMENDASI SKUTER LISTRIK SEBAGAI KENDARAAN ALTERNATIF UNTUK MENGARUNGI JALANAN

Akhir-akhir ini, tren kendaraan ramah lingkungan semakin meningkat. Bahkan saat ini di Indonesia sendiri lagi gencar-gencarnya mencari solusi kendaraan bebas polusi. Satu diantara inovasi yang ada saat ini adalah skuter listrik.

title

FROYONION.COM - Skuter listrik atau istilah lainnya otopet listrik tengah menjadi kendaraan alternatif yang sedang populer di perkotaan. Selain memiliki beberapa manfaat terhadap lingkungan, skuter listrik juga punya berbagai manfaat kegunaan.

Dengan di desain khusus bagi para penggunanya untuk berdiri saat berkendara, biasanya skuter listrik digunakan untuk sekedar berkeliling komplek, pergi ke pasar, atau bahkan digunakan untuk pergi ngantor.

Saat ini sudah banyak orang yang beralih ke skuter listrik sebagai alternatif kendaraan yang lebih ramah lingkungan untuk bergerak mengarungi jalanan di perkotaan.

Bagi kalian yang masih bingung ingin punya skuter listrik dengan kualitas bagus dan awet, di bawah ini ada beberapa merek skuter listrik yang bisa jadi rekomendasi untuk kalian miliki.

1. Segway Ninebot Kick Scooter F25

Salah satu merek ternama untuk skuter listrik adalah Segway. Merek yang berasal dari negeri tirai bambu ini kualitasnya sudah tidak diragukan lagi, bahkan pernah menjadi merek best seller di tanah air.

Segway ninebot kick scooter F25 menjadi alternatif kendaraan roda dua untuk berkendara. Merek dengan tipe ini mampu menempuh jarak maksimal sejauh 20 – 25 km dengan kecepatan hingga sampai 25 km/jam dan mampu menerjang tanjakan dengan kemiringan hingga 15 persen.

Kekuatan yang dimiliki segway ninebot F25 cukup baik, karena merek ini mampu menopang beban berat hingga 120 kg. Kedua ban yang dimiliki Segway ninebot kick scooter F25 ini berukuran 10 inch dengan jenis ban pompa angin yang dilengkapi rem cakram.

Tipe F25 ini juga dilengkapi dengan lampu sorot depan dan lampu belakang yang memberikan keamanan ketika digunakan bepergian di malam hari. Tak hanya itu, Segway ninebot kick scooter F25 juga sudah dilengkapi dengan fitur bluetooth security lock, sehingga fitur ini membuat penggunanya merasa lebih aman ketika menyimpannya.

2. Electric Scooter 4 Pro Xiaomi

Nggak cuma sebagai merek smartphone, xiaomi juga menjadi merek ternama bagi skuter listrik yang mampu bersaing dengan merek lain, loh!

Dengan desain klasik dan performa yang lebih bertenaga berkekuatan maksimal hingga 700W, xiaomi electric scooter 4 pro memiliki ukuran secara keseluruhan yang lebih meningkat dibandingkan tipe milik xiaomi lainnya.

Material yang digunakan adalah aluminium aerospace grade yang membuat kerangkanya jauh lebih kuat dan tahan lama, tetapi tetap ringan jika dilipat dan dibawa.

Electric scooter 4 pro ini berkecepatan maksimum 25 km/jam dengan jarak tempuh hingga 55 km dan mampu melaju di tanjakan dengan kemiringan 20 persen. Memiliki ban  dengan struktur tanpa ban dalam yang berukuran lebih besar yaitu 10 inch mampu menghalau goncangan dengan lebih baik di jalan yang bergelombang.

Skuter listrik ini juga telah dilengkapi dengan fitur kecepatan yang dapat disesuaikan, dasbor yang multifungsi serta lampu depan dan belakang untuk keamanan dan kenyamanan ketika digunakan di malam hari.

3. Skutis Corporation ANOA EX +

Produk yang berasal dari skutis corporation ini dirancang khusus sesuai kondisi jalanan di Indonesia yang performanya mampu dimaksimalkan dengan cukup mudah.

Anoa EX+  menjadi skuter listrik pilihan karena dapat menempuh jarak dekat sampai jarak menengah hingga sejauh 55 km dengan kecepatan yang lebih cepat yaitu hingga 45-50 km/jam dalam sekali isi ulang baterai.

Skuter listrik Anoa  EX+ ini didesain untuk menopang kapasitas beban pengguna hingga  120 kg. Tipe skuter ini punya bobot yang cukup berat yaitu 25 kg. Material yang digunakan adalah aluminium alloy dengan roda pneumatic sebesar 10 inch.

Anoa EX+ juga memiliki tiga fitur pilihan kecepatan yang dapat disesuaikan, mudah untuk dilipat dan dilengkapi dengan lampu depan, belakang serta lampu sein. Pada bagian setangnya terdapat layar tampilan yang berisikan informasi seperti waktu berkendara, speedometer, total jarak tempuh dan lain-lain.

Selain itu, merek dari skutis corporation ini juga memiliki rem cakram depan dengan sistem pengereman regeneratif (mengisi ulang baterai setiap melakukan pengereman). 

4. Motify X7

Berbeda dengan skuter listrik lainnya, motify X7 memiliki keunikan tersendiri yaitu baterainya mampu dilepas pasang yang dapat memudahkan ketika melakukan pengisian daya. Bahkan bagi penggunanya ketika hendak berpergian jauh dengan menambah jarak tempuh, tak perlu khawatir karena bisa dengan mudah membeli baterai tambahan.

Motify X7 mampu menempuh jarak sejauh 20 km dengan kecepatan maksimal 25 km/jam. Motify X7 memiliki berat keseluruhan 14 kg dan dapat menopang beban maksimal 100 kg.

Ban yang dimiliki berukuran 8,5 inch dengan sistem rem triple (rem cakram belakang, rem elektrik,  dan rem mekanis sepatbor) membuat lebih aman saat digunakan.

Skuter listrik dengan merek Motify X7 ini juga dilengkapi dengan layar LED & lampu LED (lampu belakang dan lampu rem).

Setelah tahu beberapa rekomendasi merek di atas, ada beberapa faktor yang perlu kalian perhatikan. Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu kalian sebelum membeli produk tersebut, simak yuk!

1. Sesuaikan Budget

Pertama yang paling penting dipersiapkan untuk membeli skuter listrik ini tentunya budget. Sesuaikan pilihan dengan budget yang kalian punya. Pada intinya kalian harus bisa bersikap realistis, karena ada kualitas pasti ada harga.

2. Fungsi dan kebutuhan

Tentukan tujuan kalian membeli skuter listrik tersebut untuk apa. Misalnya jika digunakan sebagai kendaraan untuk berangkat kerja, pastikan spesifikasi dan fiturnya sudah sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya.

3. Keamanan dan Keselamatan

Pastikan ketika ingin membeli produk skuter listrik ini adalah fitur keselamatannya. Penting banget buat kalian mengetahui sistem pengeremannya, ketersediaan lampunya, agar ketika digunakan bisa lebih aman dan nyaman.

4. Garansi dan Sistem Maintenance-nya

Hal penting yang harus diperhatikan lainnya adalah sistem perawatannya. Pastikan toko yang menjadi tempat kalian membeli produk tersebut menyediakan garansi.

Pastikan juga di toko tersebut punya sistem perawatan yang baik, sehingga kalian bisa melakukan servis secara berkala dengan mudah.

5. Melakukan Test Drive

Agar kalian lebih yakin ketika ingin membeli skuter listrik tersebut, usahakan untuk beli secara langsung sehingga kalian bisa tahu dan merasakan langsung pengalaman mengendarainya.

Kalo nggak bisa datang langsung ke tempatnya, usahakan untuk menyimak review yang ada di internet tentang produk yang akan kalian beli tersebut.

Nah itu dia beberapa rekomendasi skuter listrik yang punya kualitas bagus dan awet untuk dimiliki dan tips yang bisa kalian pikirkan sebelum membelinya.

Kalian bisa mulai dengan mempertimbangkan kecepatan, jarak tempuh, dan fitur keselamatannya dengan budget yang dimiliki. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kegunaannya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhammad Tegar Rayandra

Mengaku akademisi komunikasi yang suka nulis sana-sini. Suka content writing dan public speaking.