Tech

NETFLIX CS PUNYA FITUR GAME, LINKEDIN NGGAK MAU KALAH!

Setelah Netflix dan YouTube punya fitur game, kini LinkedIn juga meluncurkan versi mereka. Kira-kira kenapa ya platform digital mulai merambah dunia game?

title

FROYONION.COM - Mungkin banyak yang tidak sadar, tapi sekarang ini banyak platform digital yang mulai menyematkan games atau fitur permainan untuk bisa digunakan di platform mereka masing-masing. 

Tren ini berkembang setiap waktunya dan kini terus menjadi populer. 

Contoh paling mudahnya, Netflix Games punya permainan-permainan yang ternyata bisa kita gunakan di aplikasi mereka disamping hanya untuk menonton film atau merasakan layanan streaming saja. 

Terbaru, platform media sosial untuk para profesional LinkedIn juga meluncurkan hal serupa. 

Aplikasi besutan Microsoft itu resmi meluncurkan Game pada May 2024 lalu. Ada tiga game baru bergenre classic yang bisa dimainkan, yakni Pinpoint, Cross Climb, dan Queens. 

Fitur game ini bukan hanya bisa dimainkan seorang diri saja di LinkedIn, tapi hasil dari permainan bisa dibagikan ke koneksi mereka dan mengajak untuk saling bermain bersama. 

Ini jadi salah satu cara LinkedIn untuk meningkatkan interaksi pengguna mereka. Khususnya mungkin supaya tidak semua penggunanya hanya membicarakan hal-hal berbau dunia profesional ataupun pekerjaan. 

"Kami ingin memberikan orang-orang cara untuk melatih otak mereka sambil beristirahat sejenak, tetapi juga memberikan orang-orang alasan untuk terhubung dengan orang lain," kata Vice President LinkedIn, Daniel Roth sebagaimana dikutip dari Wired, Senin (6/5). 

Lalu, apa saja sih platform atau aplikasi yang kini punya fitur Game? Ini dia beberapa rangkumannya: 

1. Netflix Games

Nah, perusahaan penyedia layanan streaming ini sudah merambah ke industri game sejak 2021 lalu. Tapi sayang banget karena kala itu layanan ini tidak terlalu mendapat perhatian signifikan. FYI, cara untuk bisa mengakses layanan Netflix Game ini harus melalui aplikasi yang didownload di Play Store ataupun App Store. 

Tapi, baru-baru ini memang Netflix Games menjadi salah satu hal yang menarik perhatian dari pengguna. Total ada 81,2 juta unduhan dari seluruh dunia pada tahun 2023 dan menandakan kenaikan yang sangat signifikan. Netflix juga akhirnya memutuskan untuk memperluas layanan gamenya ini dengan mencoba meluncurkan fitur ini untuk digunakan di browser. 

Karena bisa dibilang yang cukup 'sepuh' dalam mengembangkan fitur game, Netflix sendiri sudah memiliki portofolio permainan yang beragam. 

Total ada lebih dari 100 judul game populer yang bisa dimainkan, seperti: GTA: The Trilogy, Assassin’s Creed, dan Monument Valley. 

Netflix juga punya Intellectual Property yang lebih luas sehingga game-game dari serial asli seperti "Love Is Blind," "The Queen’s Gambit," "Stranger Things" bisa dimainkan di platform mereka. 

Fitur game ini gratis bisa digunakan oleh setiap pengguna yang sudah memiliki akun dan bisa mengakses layanan streamingnya. 

2. YouTube Playables

Selain Netflix, platform penyedia layanan video streaming tertua dan mungkin terbesar saat ini, YouTube juga kini memiliki fitur gamenya sendiri. 

Memang kita tahu kalau YouTube menjadi salah satu platform yang sering digunakan oleh pengguna dalam membagikan konten-konten seputar game. Baik itu melakukan siaran langsung ataupun melalui konten memainkan game yang populer. 

Mungkin karena itu, YouTube resmi mengintegrasikan fitur permainan ke dalam layanannya pada Mei 2024. Pengguna memiliki akses ke lebih dari 75 minigame yang menjadi koleksi YouTube saat ini. 

Beberapa judul game populer seperti Angry Birds Showdown, Cut the Rope, Trivia Crack, dan 8 Ball Billiards Classic bisa kalian temukan di platform ini. 

Kalau dilihat dari konsepnya, memang seperti game-game yang disediakan ini dirancang untuk mengisi waktu saat bepergian atau untuk dimainkan secara santai di antara sesi menonton video YouTube.

Awalnya, minigame YouTube hanya tersedia untuk pengguna Premium. Namun kini permainan tersebut gratis untuk dimainkan oleh semua pengguna. Penawaran ini tersedia di desktop, perangkat Android, dan perangkat iOS. 

3. Sling TV Arcade

Platform ini menjadi salah satu layanan televisi streaming di Amerika. Namun tak bisa dipungkiri jika platform ini pun menghadapi tantangan untuk bisa bersaing di industri. Makanya mereka pun meluncurkan platform untuk bermain game secara gratis bernama "Arcade". 

Dengan fitur ini kalian bisa bermain berbagai permainan arcade klasik sambil menonton TV atau film favorit secara langsung. Memang sayangnya saat ini baru ada 10 judul game yang tersedia di fitur ini, namun mereka mengklaim akan terus menambahkan judul-judul game populer setiap bulannya. 

Emplat platform termasuk LinkedIn itu menjadi beberapa contoh industri yang terus berkembang dan sebagai pelaku di industri mereka tidak bisa berdiam diri. 

Setiap waktunya, industri harus menggodok dan mencari cara agar bisa menjadi relevan dengan target market ataupun konsumen mereka sehari-hari. 

Siapa sangka jika platform untuk menonton atau streaming kini akan digunakan untuk bermain game juga? 

Bahkan, platform yang kita kira selama ini “sangat serius” saja mengikuti tren tersebut dan meluncurkan game mereka sendiri. Beberapa contoh ini bisa menjadi salah satu pembelajaran juga di mana industri tak selalu sama. 

Akan ada waktunya preferensi dari pengguna akan bergeser, tinggal bagaimana pelaku industri dapat menyesuaikan diri untuk bisa sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tentunya dengan tidak melupakan “DNA” atau “Core” bisnis utama yang mereka lakukan dari waktu ke waktu, ya! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Michael Josua

Cuma mantan wartawan yang sekarang hijrah jadi pekerja kantoran, suka motret sama nulis. Udah itu aja, sih!