Tech

INILAH 3 ALASAN HUAWEI WATCH FIT 3 BISA BIKIN HIDUP KALIAN LEBIH BAIK

Huawei kembali meramaikan pasar smartwatch dengan merilis HUAWEI WATCH FIT 3. Smartwatch dua jutaan ini dilengkapi berbagai fitur yang akan memandu penggunanya ke hidup yang lebih sehat.

title

FROYONION.COM - Usai bikin ricuh di pasar smartband dengan merilis Huawei Band 9 seharga ratusan ribu, yang punya fitur ala-ala smartwatch. Kini Huawei hadir kembali lewat HUAWEI WATCH FIT 3 yang hadir dengan desain berbeda dibanding saudara-saudaranya.

Bagian desain ini sepertinya paling dipertimbangkan betul oleh Huawei. Bentuknya yang tak lagi persegi-panjang seperti series sebelumnya yang sering dianggap mirip smartband yang digedein doang; bikin smartwatch ini lebih fleksibel buat berbagai aktivitas. Baik untuk kebutuhan sporty, bekerja, casual, hingga acara formal sekalipun.

BACA JUGA: HUAWEI RILIS FREEBUDS PRO 3, TWS FLAGSHIP SEHARGA 3 JUTA!

Selain itu ini kali pertamanya Huawei merilis smartwatch dengan dimensi yang persegi begini di produk wearables mereka. Entah guna memenuhi permintaan pasar atau justru sebuah teori ancaman berkedok strategi marketing buat menggeser brand sebelah.

Namun, jelas di tengah pasar smartwatch yang semakin meriah ini, HUAWEI WATCH FIT 3 adalah salah satu yang patut diperhatikan. Selain harganya yang ramah di kelas mid-range, beragam fitur yang ditanamkan di dalamnya juga banyak mendatangkan manfaat bagi pengguna.

Setidaknya, menurut kami, ada tiga manfaat paling nyata yang bisa kalian dapat dengan memiliki HUAWEI WATCH FIT 3, antara lain:

1. BIKIN TAMPIL STYLISH DAN EDGY

Seperti yang sedikit kami singgung di awal, desain smartwatch ini adalah salah satu yang menjadi pertimbangan matang pihak Huawei. 

Jika di series sebelumnya dan di lini smartband, Huawei mengusung bentuk persegi-panjang. Lalu di kelas premium, Huawei Watch GT punya bentuk bundar mirip jam analog. Di HUAWEI WATCH FIT 3 kali ini mereka menghadirkan bentuk persegi.

Dimensi wearables ini yang persegi sekilas membuatnya tampak mirip dengan Apple Watch ketika dilihat dari kejauhan. Bahkan pada device ini diterapkan detail-detail kecil yang biasa ditemui di produk smartwatch bikinan Apple itu.

Misalnya seperti adanya crown yang bisa dipakai untuk scroll layar dan memilih menu. Juga disematkannya function button yang berguna sebagai semacam shortcut.

Jangan lupakan juga layarnya yang lega dengan bagian-bagian ujungnya yang melengkung, yang menambah kesan mewah dan mahal. Body-nya yang terbuat dari metal memberi kesan kokoh.

Untuk menunjang penampilan di berbagai aktivitas, dalam HUAWEI WATCH FIT 3 disediakan lebih dari 100 watch face secara gratis. Bahkan jumlah itu bisa ditambahkan dengan membelinya via aplikasi.

Kesan mahal juga bisa ditemukan pada layarnya yang sudah menggunakan layar AMOLED dengan tingkat kecerahan 1500 nits. Dengan tingkat kecerahan segitu, tak sulit buat membaca layar jam ini di kondisi terang benderang, seperti langit Surabaya pukul 12 siang.

Mengingat ukuran smartwatch ini sekitar 43mm, bikin HUAWEI WATCH FIT 3 cocok digunakan oleh pria dan wanita. Juga mereka yang punya pergelangan tangan yang gede maupun yang kurus.

Bobotnya yang hanya sekitar 26 gram jelas tidak bikin tangan pegal karena kelamaan memakainya. Hal ini didukung juga dengan strap bawaannya yang tak bikin tangan mudah keringetan dan tak bikin kulit iritasi.

HUAWEI WATCH FIT 3 menyediakan beberapa pilihan warna seperti moon, putih, pink, hingga hitam untuk strap berbahan fluoroelastomer. Juga ada jenis strap berbahan nylon stepless dengan warna abu-abu.

Selain itu strapnya yang mudah dibongkar-pasang juga memudahkan pengguna buat berganti strap.

2. BIKIN MAKIN SEHAT

Menyadari kebutuhan konsumen sekarang ini yang makin melek dengan kesehatan fisik dan mental, HUAWEI WATCH FIT 3 menghadirkan berbagai fitur andalan untuk mendukung kebutuhan tersebut.

Bahkan, dengan beragam fitur andalan milik Huawei yang di-support dengan aplikasi Huawei Health yang telah diperbarui, bisa dibilang tujuan utama dibikinnya device ini adalah untuk mendukung kebutuhan hidup sehat penggunanya.

Ini bisa dilihat misalnya pada fitur tracking calorie yang ditanamkan dalam perangkat tersebut.

Fitur tersebut berguna untuk monitoring jumlah kalori yang masuk ke tubuh dan berapa yang dibakar selama seharian beraktivitas. Jelas fitur ini berguna banget buat kalian yang ingin mengawal diet kalian.

Namun, agar fitur ini berjalan maksimal, kalian perlu rajin-rajin melapor apa-apa saja yang kalian makan tiap hari di aplikasi. Tak perlu khawatir makanan yang kalian santap tidak tercantum di aplikasi, karena database menu makanan di Huawei cukup banyak.

Output yang dihasilkan dari mengaktifkan fitur tersebut adalah kalau kalian dirasa kelebihan kalori, maka HUAWEI WATCH FIT 3 akan mengaktifkan alarm agar kalian lebih banyak berolahraga.

Bahkan smartwatch ini akan merekomendasikan jenis workout yang bisa kalian jalankan nantinya. Untuk yang satu ini, dalam HUAWEI WATCH FIT 3 sudah tersedia lebih dari 100 model workout.

Selain itu terdapat juga fitur bernama HUAWEI TruSeen 5.5 yang diklaim punya algoritma lebih akurat ketimbang versi sebelumnya. Fitur yang satu ini berguna untuk memantau detak jantung dan SpO2.

Kegunaan dari fitur tersebut adalah untuk memberi warning kepada pengguna jika adanya aritmia atau detak jantung yang tidak normal. Hanya saja untuk diagnosa yang lebih baik, pengguna tetap perlu berkonsultasi dengan ahli atau dokter.

Sedangkan buat kalian yang hobi lari, HUAWEI WATCH FIT 3 menyediakan berbagai fitur pendukung. Salah satunya adalah GPS yang berguna buat tracking rute lari kalian.

Bahkan jika kalian kesasar saat mencoba track baru, ada fitur track back yang akan memandu kalian buat balik ke rute kalian sebelumnya.

Lalu buat kalian yang baru mulai ingin hidup sehat, HUAWEI WATCH FIT 3 menyediakan beberapa latihan kebugaran yang bisa jadi panduan. Uniknya, semua panduan itu berupa audio dan animasi gambar.

Jangan lupakan juga fitur HUAWEI TruSleep yang berguna banget buat monitoring kualitas tidur kalian. Apakah pernapasan kalian ketika tidur mulus atau justru ada gangguan.

Fitur ini berguna untuk menjaga kualitas tidur kalian agar tetap baik sehingga bisa terhindar dari sleep apnea yang rentan memicu stress.

3. BIKIN JARANG BUKA HAPE

Fitur lainnya yang disematkan dalam HUAWEI WATCH FIT 3 akan membuat pengguna untuk jarang membuka hape.

Hal ini karena lewat perangkat smartwatch ini, kalian misalnya bisa menerima notifikasi pesan yang masuk dari WhatsApp dan media sosial lainnya.

Tak cukup di situ saja, kalian juga bisa menjawab panggilan yang masuk di hape lewat produk wearables Huawei ini. Bahkan tak hanya menjawab, kalian juga bisa melakukan panggilan telepon juga.

Fitur menarik lainnya adalah ditanamkannya pemutar musik dalam device ini dengan ruang internal yang disediakan sekitar 1,5 GB (atau kurang lebih 300 lagu). Pemutar musik tersebut bisa disambungkan dengan produk TWS. 

Dengan begitu aktivitas workout kamu semakin berwarna dengan iringan musik yang bikin betah, tanpa perlu repot-repot berurusan dengan hape.

Ada juga fitur NFC yang disematkan untuk varian tertentu. Sayangnya untuk yang dirilis di Indonesia, fitur tersebut belum bisa digunakan untuk melakukan pembayaran. Melainkan hanya untuk merekam kartu masuk apartemen dan sejenisnya.

Untuk masalah konektivitas, kalian tak perlu khawatir. Sama seperti perangkat wearables Huawei lainnya, HUAWEI WATCH FIT 3 bisa disandingkan dengan iPhone maupun hape Android lainnya.

Namun, apalah gunanya fitur seabrek kalau daya tahan baterainya selalu bikin was-was. Beruntung, HUAWEI WATCH FIT 3 punya daya tahan baterai yang sangat awet biarpun kapasitasnya cuman 400 mAh saja.

Untuk pemakaian normal dengan fitur Always on Display (AOD) yang dimatikan, HUAWEI WATCH FIT 3 bisa terus menyala selama 7 hingga 10 hari. Sementara itu jika fitur AOD diaktifkan, daya tahan baterainya bisa bertahan sekitar 4 hari.

Selain itu, pengisian dayanya juga terbilang sangat cepat. Dengan charger magnetis, pengisian daya HUAWEI WATCH FIT 3 hanya butuh sejam saja dari 0% sampai penuh. Sayangnya device ini belum mendukung pengecasan secara wireless.

RESMI DIRILIS PADA 21 MEI 2024

HUAWEI WATCH FIT 3 resmi diluncurkan pada tanggal 21 Mei 2024 lalu. Dengan seabrek fitur unggulan yang Huawei banget dan desain yang kece, smartwatch ini dipatok dengan harga yang sangat worth it.

Untuk varian HUAWEI WATCH FIT 3 dengan strap berbahan fluoroelastomer dijual dengan harga Rp 1.999.000. Sedangkan untuk yang strapnya berbahan nylon (silver) dibanderol dengan harga sedikit lebih mahal sekitar Rp 2.299.000.

Buat kalian yang membelinya di masa promosi yang bakal berakhir pada tanggal 18 Juni 2024, akan berkesempatan mendapat bonus HUAWEI FreeBuds SE 2 seharga Rp 469.000.

Selain menjual HUAWEI WATCH FIT 3, dalam masa promosi ini, Huawei juga menjual HUAWEI FreeClip varian Beige yang dijual seharga Rp 2.699.000. Pelanggan berkesempatan mendapatkan bonus gratis HUAWEI Band 8 seharga Rp 659.000.

Hadir juga HUAWEI WATCH GT 4 41 mm Green Fluoroelastomer Strap yang dibanderol di harga Rp 3.199.000. Disediakan juga bonus gratis berupa  HUAWEI FreeBuds SE 2 senilai Rp 469.000 untuk pembelian di masa promosi.

Buat kalian yang tertarik untuk memborong perangkat wearables dari Huawei di atas, bisa dibeli via e-commerce seperti ShopeeTokopediaTikTok ShopBliBliLazada dan lain sebagainya.

Bisa juga dibeli secara offline dengan mengunjungi Huawei Authorized Experience Store, gerai Erafone, BliBli Store hingga Urban Republic. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Shofyan Kurniawan

Shofyan Kurniawan. Arek Suroboyo. Penggemar filmnya Quentin Tarantino. Bisa dihubungi di IG: @shofyankurniawan