Tech

INDONESIA JADI YANG PERTAMA DI ASIA TENGGARA YANG PUNYA FITUR YOUTUBE SHOPPING

Akhirnya fitur yang sudah lama dinanti hadir juga! Sekarang kita sudah bisa berbelanja lewat YouTube dengan fitur YouTube Shopping mereka yang bekerja sama dengan Shopee.

title

FROYONION.COM- Kemarin (18/9) YouTube dengan resmi mengumumkan fitur YouTube Shopping hadir di Indonesia. Hal ini menjadi sebuah hal yang bisa kita banggakan, karena Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang bisa menikmati fitur baru ini.

YouTube juga bekerja sama dengan Shopee untuk mengembangkan YouTube Shopping. Bersama, baik YouTube dan Shopee memiliki misi untuk semakin mensejahterakan para konten kreator dan UMKM Indonesia. 

YOUTUBE SHOPPING
(Dari kiri) Ajay Vidyasagar sebagai Direktur Regional APAC YouTube, Monica Vionna Elysia, Senior Director, Marketing Growth, Shopee Indonesia, dan Travis Katz, General Manager dan Vice President Shopping, YouTube. (Foto: Froyonion/Grace Angel)

Direktur Regional APAC YouTube, Ajay Vidyasagar, mengatakan bahwa Indonesia adalah rumah untuk jutaan konten kreator. Sebanyak lebih dari 2000 kreator di Indonesia memiliki lebih dari 1 juta subscribers. 

BACA JUGA: BAGAIMANA YOUTUBE CIPTAKAN DAMPAK SOSIAL YANG NYATA

Hal ini membuat Indonesia menjadi tanah gembur bagi fitur terbaru YouTube yang memungkinkan para penggunanya untuk menonton sekaligus berbelanja. 

CARA BERGABUNG PROGRAM AFILIASI YOUTUBE SHOPPING

Tak hanya menguntungkan para pengguna YouTube, fitur ini juga semakin menguntungkan para konten kreator. 

Pasalnya, YouTube juga membuka program afiliasi YouTube Shopping yang memungkinkan mereka untuk mendapat komisi dari setiap penjualan produk yang ada dalam konten yang mereka buat. 

Komisi ini berbeda dari Adsense yang didapatkan kreator dari iklan yang muncul dalam video mereka. Sehingga dapat dikatakan, YouTube Shopping menjadi sumber penghasilan baru baru para konten kreator Indonesia. 

BACA JUGA: NAPAK TILAS MR. BEAST SANG YOUTUBER FILANTROPIS & 5 KEISTIMEWAAN CHANNEL ‘GILA’ MILIKNYA

Untuk bergabung dalam program ini, para kreator harus memenuhi beberapa syarat, seperti:

  • Channel tergabung dalam Program Partner YouTube.
  • Channel harus memiliki lebih dari 10.000 subscriber.
  • Tinggal di Amerika Serikat, Korea, dan Indonesia.
  • Channel bukan channel musik, Channel Artis Resmi, atau terkait dengan partner musik. Partner musik dapat mencakup label musik, distributor, penerbit, atau VEVO.
  • Konten channel tidak ditetapkan sebagai Dibuat untuk Anak-Anak, dan jumlah video yang ditetapkan sebagai Dibuat untuk Anak-Anak di channel tidak signifikan.

Cara selengkapnya dapat kalian baca di sini

CARA AKSES YOUTUBE SHOPPING

Mulai hari ini kalian juga sudah bisa menikmati fitur YouTube Shopping lewat video-video berdurasi panjang maupun yang ada di dalam Shorts.

Kalian bisa dengan mudah klik pada link produk yang tertera di dalam video, lalu kalian akan langsung diarahkan ke Shopee untuk pembelian. Hal ini menjadi salah satu kelebihan YouTube Shopping yang dapat memberikan pengalaman seamless dan transaksi yang pastinya aman.

Monica Vionna Elysia, Senior Director, Marketing Growth, Shopee Indonesia, juga memberikan pendapatnya tentang potensi YouTube Shopping. 

BACA JUGA: JADI PLATFORM KONTEN TERBESAR, YOUTUBE SUMBANG RP7,4 TRILIUN KE PDB NEGARA

“Harapannya fitur ini bisa memberikan opsi sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya untuk baik pengguna Youtube dan Shopee. Kita juga berharap ini memudahkan mitra-mitra penjual untuk bisa disebarkan ke kreator yang lebih luas dan audiens yang lebih luas juga.” (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.