Tech

HUAWEI MATEBOOK X PRO RESMI RILIS, JADI STANDAR BARU LAPTOP FLAGSHIP

Huawei baru saja merilis Huawei MateBook X Pro dengan segudang fitur menarik. Selain itu, laptop ini menjadi yang memiliki bobot paling ringan di kelasnya.

title

FROYONION.COM - Huawei baru saja merilis laptop di kelas flagship, yakni Huawei MateBook X Pro pada tanggal 25 Juni 2024 kemarin. Peluncuran ini bebarengan dengan dirilisnya Huawei MateBook 14.

Namun, jika Huawei MateBook 14 lebih menyasar mahasiswa atau para fresh graduate, Huawei MateBook X Pro punya spek lebih gahar karena memang ditujukan buat para pekerja profesional.

Desain laptop ini cenderung menipu. Siapa sangka di balik desainnya yang ramping dan bobotnya yang enteng, ditanamkan kecanggihan dari prosesor Intel Core Ultra 9 dan segudang fitur andalan lainnya.

Lalu, apa saja yang ditawarkan oleh Huawei melalui laptop Huawei MateBook X Pro? Simak detail lengkapnya.

1. DESAIN RAMPING

Istilah yang cocok dilekatkan pada laptop ini adalah: “Dikira cupu, ternyata suhu.” atau mungkin juga, “Dikira kertas, ternyata keras.

Ya, bagian desainnya ini sepertinya menjadi perhatian penuh bagi Huawei dalam membangun laptop tersebut. Bahkan raksasa teknologi asal Tiongkok itu berani mengklaim kalau Huawei MateBook X Pro sebagai laptop Intel Core Ultra 9 paling ringan di kelasnya.

Klaim itu tentunya bukan sembarangan. Dengan jerohan yang tak kaleng-kaleng, laptop ini punya bobot kurang dari satu kilogram (tepatnya 980 gram). Lebih ringan ketimbang pesaing di kelasnya yang berbobot satu kilogram lebih.

BACA JUGA: PANDUAN CARA MEMILIH LAPTOP YANG TEPAT UNTUK PENGEDITAN VIDEO

Dengan berat segitu, membuat Huawei MateBook X Pro cocok digendong ke mana-mana dalam ransel, tanpa bikin bahu terasa pegal atau kram. 

Oleh karena itu, jika kamu cari laptop dengan spek ganas sekaligus masih sayang sama tulang punggung, laptop ini bisa jadi solusi yang pas.

Tak hanya punya bobot yang enteng, laptop ini juga punya desain modern dan ramping dengan finishing doff yang bikin terasa mahal.

Kesan casual dan fleksibel melekat banget pada Huawei MateBook X Pro, sehingga membuatnya dapat menyasar pasar konsumen yang lebih luas.

2. SUHU AMAN

Apa faedahnya punya laptop bodi ramping dengan spek ganas jika mesinnya mudah mendidih dan bikin lag? Bisa-bisa bikin produktivitas kita kendor dan kerjaan jadi tidak kunjung kelar.

Apalagi, prosesor Intel Core Ultra 9 dikenal mudah panas meskipun punya performa gila. Dan biasanya laptop dengan bodi ramping harus mengorbankan kipas dalam mesin untuk menghemat ruang.

Beruntung, Huawei paham betul pentingnya hal tersebut. Prosesor ganas itu sudah dibarengi dengan Thermal Design Power (TDP) yang punya rating hingga 40 Watt. 

Rating yang terbilang cukup tinggi buat melibas pekerjaan berat seperti rendering, coding dan exporting data.

BACA JUGA: 10 LAPTOP TERBAIK UNTUK MENGEDIT VIDEO DI TAHUN 2024

Tak hanya itu, untuk menjinakkan suhunya, laptop ini dilengkapi juga dengan sistem pendingin HUAWEI Shark Fin Fan yang inovatif.

Udara panas yang dihasilkan mesin, akan dibuang menuju atas layar. Sedangkan celah intake-nya diletakkan di bagian bodi samping kiri dan kanan laptop. 

Hal tersebut memungkinkan laptop ini aman ditaruh di permukaan yang empuk tanpa mengganggu kinerja kipas menarik udara.

3. SEGUDANG FITUR ANDALAN

Laptop ini dibekali seabrek fitur andalan, mulai dari bagian display, keyboard, software bawaan hingga bagian touchpad-nya yang inovatif.

Dari tampilan layarnya yang berdimensi 14,2 inchi, Huawei mengklaim kalau laptop ini adalah laptop pertama di dunia yang menggunakan Flexible OLED. Tak heran jika bobotnya lebih ringan dan bezelnya bisa lebih tipis.

Selain itu layarnya ini punya resolusi yang terbilang tinggi, yakni 3.1K dengan aspek rasio 3:2. Dengan resolusi setinggi itu, sangat membantu sekali pekerjaan desain untuk menghasilkan karya yang detail.

Terlebih lagi, bagian display ini punya tingkat kecerahan hingga 1000 nits, di saat OLED lainnya hanya berada di kisaran 500-600 nits saja. 

Dengan begitu, kamu tidak perlu repot mencari tempat yang remang saat mau menggunakan Huawei MateBook X Pro. Tempat terang sekalipun tak jadi masalah.

Bahkan kamu tak perlu khawatir dengan pantulan cahaya, karena layar laptop ini punya permukaan glossy dengan 5 layer coating process yang diklaim 70% lebih minim pantulan cahaya.

Tak cukup di situ saja, layar laptop ini dilengkapi fitur touchscreen dan bisa tersambung dengan Huawei M-Pencil Gen 3. Dan dengan refresh rate hingga 120 Hz, menghasilkan kesan smooth dan mulus saat scrolling layar.

Selain keunggulan display-nya, salah satu fitur yang menarik dan cukup inovatif ada pada bagian touchpad-nya. Bagian ini memakai Huawei Free Touch berukuran lega yang posisinya ada di tengah bodi.

Yang menarik adalah bagian ini sudah dilengkapi dengan X-axis linear motor. Sehingga ketika kita menekan touchpad ini, ada feedback yang kita rasakan yang menambah kesan mewah dan mahal pada laptop ini.

Selain itu, bagian touchpad ini juga memiliki 8 intuitive gestures yang bisa menjadi tombol shortcut. 

Misalnya, slide yang berada di samping kanan bisa digunakan untuk mengatur volume suara. Lalu slide di samping kiri bisa dipakai untuk mengatur kecerahan layar. Bahkan slide bagian atas juga bisa digunakan untuk rewind atau fast forward video yang kamu tonton.

Selain itu, dengan mengklik bagian pojok kiri atas touchpad ini, kamu bisa melakukan minimize window. Dan untuk menutup tab browser dan window, kamu tinggal klik bagian pojok kanan atas.

Dan apabila kamu ingin mengambil screenshot, kamu tinggal mengetuk bagian touchpad ini dengan satu punggung jari sebanyak dua kali saja. Unik, bukan?

4. KAPASITAS STORAGE YANG LEGA

Jika kamu seorang desain grafis atau arsitek yang butuh storage lega buat menyimpan hasil desain, laptop ini sudah menyediakan ruang hingga 2 TB. 

Selain itu, laptop ini juga punya kapasitas RAM hingga 32 GB untuk mendukung aktivitas multitasking kamu tanpa terganggu dengan lag.

5. EKOSISTEM HUAWEI YANG INKLUSIF

Di antara banyaknya fitur berlimpah yang ditawarkan Huawei MateBook X Pro, yang paling worth it adalah ekosistem mandiri yang inklusif dari Huawei. 

Dengan membeli laptop ini, kamu bisa menikmati berbagai layanan yang mereka sediakan di sana tanpa perlu kamu memiliki hape atau device lainnya dari Huawei. 

Bahkan ekosistem ini bisa mudah terintegrasi dengan perangkat berbasis android lainnya bahkan laptop merek lainnya. Istilahnya, semuanya bisa gabung di sana.

Kamu misalnya bisa memanfaatkan fitur WebCam dari Huawei yang akan sangat mendukung kegiatan meeting via Zoom. Terlebih resolusi kamera pada laptop ini terbilang tinggi, sehingga mampu menghasilkan gambar yang jernih.

Fitur lainnya yang tak kalah seru adalah fitur Multi-screen dari Super Device yang memungkinkanmu berbagi layar dengan teman atau klien.

Super Device milik Huawei ini bahkan sudah didukung dengan AI Search yang memudahkan kalian dalam mencari informasi, hanya dengan mengajukan pertanyaan atau mengucapkan perintah suara pada laptop.

Selain itu, Super Device ini juga mendukung Multi-Device Files yang berguna menghimpun semua file dari semua perangkat yang terhubung di Super Device dalam satu lokasi. Sehingga pencarian file pun lebih hemat waktu.

6. BISA DIPAKAI MAIN GAME BERAT

Tak hanya mulus dipakai untuk melibas pekerjaan berat, seperti editing hingga rendering, laptop ini juga bisa menghajar game-game berat dengan grafis tinggi.

Tentunya ini berkat prosesor Intel Core Ultra 9 yang menjadi otaknya. Didukung juga dengan Intel Arc Graphics yang sangat mumpuni.

7. SINYAL LANCAR

Tak hanya sudah mendukung Wi-Fi 6E, laptop ini juga dilengkapi teknologi 3D Metaline yang diklaim mampu menangkap sinyal hingga jarak lebih 300 meter.

Hal ini bikin sinyal internet menjadi lebih stabil. Kamu yang sedang meeting lewat Zoom tak perlu khawatir sinyalmu tiba-tiba putus.

HARGA HUAWEI MATEBOOK X PRO

Laptop ini dapat dibeli secara pre-order mulai tanggal 25 Juni sampai 12 Juli 2024. 

HUAWEI MateBook X Pro bisa dibeli dengan harga Rp 34.999.000 secara online di Huawei Official Store secara eksklusif di Tokopedia. Di sana tersedia juga 12 bulan Free Gadget Protection dan 0% biaya penanganan pembayaran kredit hingga 24 bulan.

Selama periode tersebut pelanggan akan mendapatkan hadiah senilai Rp 4 jutaan berupa TWS HUAWEI FreeBuds 5, HUAWEI Bluetooth Mouse, Backpack, Microsoft Office Home & Student 2021, dan Laptop Stand.

Untuk pembelian secara offline bisa melalui Huawei Authorized Experience Store, gerai Erafone, dan BliBli Store, maupun toko partner resmi Huawei terdekat. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Shofyan Kurniawan

Shofyan Kurniawan. Arek Suroboyo. Penggemar filmnya Quentin Tarantino. Bisa dihubungi di IG: @shofyankurniawan