Tech

GODENTIST: APLIKASI KARYA ANAK BANGSA BERBASIS AI UNTUK PERIKSA GIGI

Enam mahasiswa telah menciptakan sebuah aplikasi GoDentis untuk memeriksa kesehatan gigi. Lewat aplikasi ini, kalian bisa berkonsultasi dengan dokter gigi secara online, serta memeriksa keadaan gigi dengan bantuan AI.

title

FROYONION.COM - Pemeriksaan gigi ke dokter dianjurkan untuk dilakukan setiap enam bulan sekali. Kalian mungkin tidak melakukannya sesuai anjuran karena terhalang kesibukan sehari-hari.

Namun, tenang aja, kini kalian bisa melakukan periksa gigi cukup pakai aplikasi bernama GoDentist. Aplikasi GoDentist adalah karya enam mahasiswa lulusan program Bangkit 2023.

Mereka adalah Abdul Malik Shodiqin (Founder - CEO), Kholil Haq Alim Hakim (Co-Founder - CTO), Farhan Rahman (Co-Founder - CMO), Rahadian Fajar Nugroho (Co-Founder - CPO), Rifaz Muhammad Sukma (Co-Founder - COO), dan Annisa Septriyana (Co-Founder) 

BACA JUGA: PUNYA GIGI BERLUBANG? INI TIPS CARA MENGATASINYA

Berangkat dari kendala akses perawatan atau deteksi awal masalah gigi yang belum bisa dilakukan semua orang, GoDentist sebagai aplikasi teledentistry untuk perawatan gigi dan mulut dirasa bisa menjadi solusi pilihan.

“Dengan aplikasi ini, kami ingin menghadirkan solusi yang bisa membantu meningkatkan kepedulian dan akses masyarakat terhadap layanan perawatan gigi dan mulut,” ujar Abdul Malik Shodiqin, CEO GoDentist.

PERAN TEKNOLOGI AI DALAM GODENTIST

Dengan memanfaatkan teknologi AI, GoDentist dapat membantu diagnosis dini masalah gigi. Pengguna bisa mengambil foto kondisi giginya dari berbagai sudut menggunakan smartphone. 

Kalian akan diminta untuk mengambil gambar (foto) rahang gigi nya. Mulai dari rahang depan, rahang atas, dan rahang bawah. 

Lalu AI GoDentist akan mendeteksi masalah gigi, seperti gigi berlubang, karang gigi, hingga perubahan warna pada gigi. 

BACA JUGA: INSPIRASI DI BALIK PEMBUATAN SKINCHECKAI, APLIKASI UNTUK MERAWAT KULIT DENGAN AI

GoDentist kemudian akan akan menunjukan informasi general tentang kondisi gigi yang bermasalah. 

Setelah itu, pengguna bisa lanjut ke tahap konsultasi dengan dokter dan mendapat resep obat jika diperlukan. 

BIAYA LAYANAN DOKTER GIGI GODENTIST

Aplikasi GoDentist memberikan berbagai layanan, termasuk konsultasi dengan dokter gigi. 

“Setelah membuat akun, pengguna bisa terhubung dengan dokter gigi yang tersedia. Biaya konsultasi biasanya berkisar Rp35.000,- sampai Rp50.000,- untuk satu kali sesi selama maksimal 30 menit,” terang Abdul.

BACA JUGA: BERHENTI VAPING BUKAN MIMPI LAGI, WUJUDKAN DENGAN APLIKASI INI!

GoDentist turut bekerja sama dengan RSGMP (Rumah Sakit Gigi dan Mulut) Universitas Hasanuddin, Makassar.

“Saat ini, sudah ada dokter gigi rekanan yang berbasis di Jakafia, Bandung, dan Makassar yang siap memberikan pendampingan,” tambah Abdul.

Aplikasi GoDentist berhasil meraih penghargaan “Best Digital Brand” di acara Lepas Sambut Bangkit 2024. 

Tim GoDentist merasa bahwa program Bangkit sangat membantu dalam pengembangan aplikasi mereka. Mulai dari belajar ilmu pengembangan teknologi AI, aplikasi mobile, hingga Cloud Computing.

Kalian yang tertarik ingin mencobanya bisa mengunduh aplikasi GoDentist di Google Play. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung