Tech

CAPCUT STOP LAYANAN CLOUD GRATIS? TENANG, INI SOLUSI ALTERNATIFNYA!

CapCut, aplikasi pengedit video populer akan meniadakan layanan cloud gratis pada 5 Agustus 2024. Lalu, gimana cara solutif menghadapi kabar tersebut? Temukan solusinya di sini!

title

FROYONION.COMTersiar kabar kurang menyenangkan bagi kamu yang sehari-harinya mengedit video melalui aplikasi pengeditan video di CapCut.

Aplikasi yang dikembangkan ByteDance dan cukup populer digunakan kreator konten di seluruh dunia ini akan menghentikan penyimpanan cloud gratis mulai 5 Agustus 2024.

BACA JUGA: 10 LAPTOP TERBAIK UNTUK MENGEDIT VIDEO DI TAHUN 2024

Sebelumnya, CapCut secara berangsur mengirimkan notifikasi perubahan ketentuan layanan penyimpanan cloud gratis.

Tentu, imbasnya sangat terasa bagi kamu yang mengandalkan penyimpanan cloud gratis di CapCut, tak terkecuali untuk kategori penyimpanan cloud sebesar 1GB.

Pengguna harus mengeluarkan kocek tertentu. CapCut menyediakan paket mulai USD 2.49 atau Rp35.000 untuk penyimpanan 100 GB per bulan dan paket senilai USD 7.49 atau Rp120.000 untuk penyimpanan 1TB per bulan.

BACA JUGA: TUTORIAL EDIT VIDEO YANG MENYENANGKAN, MUDAH DAN MURAH UNTUK PARA PEMULA

CapCut juga mengumumkan pembatasan maksimal jumlah kolaborator pada suatu akun dengan layanan gratis yakni dikurangi hingga menjadi dua pengguna.

“Kami membatasi kolaborasi gratis hanya untuk dua orang mulai 5 Agustus. Pengguna yang ingin bekerja sama dengan lebih banyak orang harus berlangganan paket Team Tier yang memungkinkan kolaborasi dengan beberapa akun pengguna dan dalam ruang cloud bersama,” ucap juru bicara perusahaan CapCut, dilansir dari TechCrunch.

DAMPAK PENIADAAN LAYANAN CLOUD GRATIS DI CAPCUT

Keputusan ini berdampak besar bagi para pengguna, khususnya bagi kamu yang termasuk aktif menggunakan aplikasi CapCut dalam mengedit konten video.

Salah satu dampaknya adalah peningkatan biaya. Dibandingkan sebelumnya, pengguna dapat memanfaatkan secara gratis, kini mereka diwajibkan berlangganan paket berbayar jika ingin tetap menyimpan file video di cloud CapCut.

BACA JUGA: TEKNOLOGI CLOUD JADI ‘UJUNG TOMBAK’ BISNIS MEDIA DAN HIBURAN BEREKSPANSI

Berikutnya adalah pengurangan kolaborasi. Diketahui layanan kolaborasi gratis hanya berlaku hingga dua pengguna dalam satu akun dan selebihnya dapat menggunakan layanan Team Tier di Capcut. 

Kehilangan data juga dapat terjadi saat aturan ini telah berlaku. Satu-satunya cara untuk mengantisipasi hal tersebut adalah mencadangkan data ke tempat yang lebih aman. Simpan ke external hard drive di laptop atau komputer, misalnya.

Namun, jika kita membaca cermat kabar ini, CapCut sedang berusaha meningkatkan kualitas layanannya melalui cara memonetisasi layanan cloud dan berinvestasi pada teknologi baru hingga meningkatkan keamanan data para pengguna.

SOLUSI MENGATASI PENIADAAN LAYANAN CLOUD GRATIS DI CAPCUT

Di bawah ini adalah beberapa solusi yang dapat kamu lakukan dalam menghadapi kabar peniadaan layanan penyimpanan cloud gratis di CapCut. Jangan lupa catat, ya!

1. MEMANFAATKAN LAYANAN PENYIMPANAN CLOUD GRATIS LAINNYA

Ada 1001 cara untuk menghadapi keputusan peniadaan layanan penyimpanan cloud gratis di CapCut, yakni memanfaatkan layanan serupa dengan kapasitas penyimpanan yang tak kalah besar.

Contohnya seperti Google Drive dengan menyediakan akses gratis penyimpanan cloud sebesar 15GB. Selain itu, Dropbox sebesar 2GB, OneDrive sebesar 5GB, pCloud sebesar 10GB, dan MEGA sebesar 20GB.

2. MENGURANGI UKURAN BERKAS VIDEO

Semakin tinggi kualitas video yang dihasilkan, maka akan semakin memakan ruang penyimpanan. Untuk itu kamu dapat memperkecil ukuran berkas video dengan berbagai cara.

Caranya dengan menggunakan software pengompres video yang kini mudah ditemukan secara gratis. Dengan ukuran file video yang lebih kecil, pengguna telah menghemat ruang penyimpanan atau pun biaya ekstra yang harus dikeluarkan.

3. MENGHAPUS BERKAS VIDEO YANG TIDAK DIBUTUHKAN

Setelah mengedit video di CapCut, seringkali pengguna lupa untuk membersihkan berkas video yang tidak terpakai. Justru, cara ini dapat mengosongkan ruang penyimpanan dan menyimpan berkas video yang lebih penting.

Beralih ke penyimpanan external hard drive juga bisa menjadi solusi. Jika kamu membutuhkan penyimpanan yang lebih besar, external hard drive menawarkan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dan dapat diakses secara mudah.

4. MENGGUNAKAN LAYANAN PENYIMPANAN CLOUD BERBAYAR

Bila kamu ingin menginvestasikan dana yang kamu miliki agar tetap menikmati layanan penyimpanan cloud di CapCut, tidak ada salahnya berlangganan paket resmi penyimpanan cloud di CapCut.

Layanan ini juga dapat mempermudah kamu selain memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar, seperti peningkatan fitur keamanan yang lebih canggih, dan akses ke layanan premium tak terbatas lainnya.

BACA JUGA: TUTORIAL EDIT VIDEO YANG MENYENANGKAN, MUDAH DAN MURAH UNTUK PARA PEMULA

Peniadaan layanan penyimpanan cloud gratis di CapCut memang memicu pro dan kontra. Namun, dengan hadirnya solusi alternatif tersebut, kamu tetap bisa menyimpan berkas video secara mudah dan aman. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas