Tech

CANGGIHNYA INDUSTRI FESYEN BERKAT INOVASI AI DAN AR DARI PERFECT CORP

Perfect Corp hadirkan solusi berteknologi AI dan AR untuk brand fesyen dan kecantikan. Dengan Virtual bracelet sizer, AI Face Shape Detector for Glasses, dan PerfectGPT, belanja produk fesyen jadi lebih personal dan menyenangkan.

title

FROYONION.COM Teknologi semakin mendominasi dunia kecantikan dan fesyen, membawa inovasi yang mempermudah konsumen dalam memilih produk dengan lebih personal dan akurat. 

Salah satu pemain utama dalam transformasi ini adalah Perfect Corp, perusahaan yang memadukan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan augmented reality (AR) untuk membantu brand fesyen dan kecantikan memberikan pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan dan interaktif.

AI GENERATIF DALAM INDUSTRI FESYEN

Pemanfaatan teknologi AI di industri fesyen sebenarnya bukan hal baru. Namun, AI generatif yang mampu menciptakan rekomendasi produk dengan lebih akurat mulai menjadi sorotan utama. 

Menurut analisis McKinsey & Company pada tahun 2023, AI generatif diperkirakan dapat berkontribusi pada peningkatan laba operasional sebesar USD 150-275 miliar dalam industri busana, fesyen, dan barang-barang mewah dalam 3-5 tahun mendatang.

 

Selain itu, laporan The State of Fashion 2024 dari Business of Fashion (BoF) dan McKinsey menunjukkan bahwa industri fesyen semakin serius dalam mengeksplorasi potensi AI generatif, dengan 73 persen pelaku bisnis menyatakan bahwa teknologi ini akan menjadi prioritas utama untuk pengembangan bisnis mereka pada 2024.

Teknologi ini memberikan kemampuan untuk lebih memahami konsumen dan menyediakan pengalaman belanja yang lebih personal.

Perfect Corp menjadi pionir dalam penggunaan AI generatif, mengembangkan teknologi yang memungkinkan konsumen untuk mencoba berbagai produk fesyen secara virtual. 

Misalnya, teknologi virtual try-on memungkinkan pengguna untuk melihat bagaimana sebuah produk, seperti gelang atau kacamata, akan terlihat ketika dikenakan. 

Pengalaman ini membuat belanja online menjadi lebih intuitif dan efisien, karena mengurangi kesalahan dalam pembelian.

BACA JUGA: GODENTIST: APLIKASI KARYA ANAK BANGSA BERBASIS AI UNTUK PERIKSA GIGI

VIRTUAL BRACELET SIZER, SOLUSI AKURAT UNTUK PERHIASAN

Berbelanja perhiasan seperti gelang secara daring seringkali dihadapkan pada masalah ukuran yang tidak akurat. 

Perfect Corp menghadirkan solusi melalui teknologi Virtual Bracelet Sizer, alat yang memungkinkan konsumen mengukur pergelangan tangan mereka hanya dengan menggunakan kamera ponsel. 

Dengan teknologi ini, konsumen dapat mencoba berbagai gelang secara virtual dan mendapatkan visualisasi 3D tentang bagaimana produk akan terlihat di pergelangan tangan mereka. 

Ini memberikan kenyamanan lebih bagi konsumen dan mencegah masalah pengembalian produk akibat ukuran yang tidak sesuai.

AI FACE SHAPE DETECTOR, KACAMATA YANG SESUAI DENGAN BENTUK WAJAH

Tak hanya untuk perhiasan, Perfect Corp juga mengembangkan teknologi AI Face Shape Detector, yang dirancang untuk membantu konsumen menemukan kacamata yang paling sesuai dengan bentuk wajah mereka. 

Dengan fitur ini, AI akan menganalisis proporsi wajah pengguna dan merekomendasikan frame kacamata yang paling cocok. 

Ditambah dengan teknologi AR, konsumen bisa melihat tampilan kacamata langsung di wajah mereka, tanpa harus datang ke toko. 

Solusi ini bukan hanya membuat pengalaman belanja lebih nyaman, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri konsumen dalam memilih produk yang sesuai.

PERFECTGPT, PANDUAN AI UNTUK FESYEN DAN KECANTIKAN

Tidak hanya berhenti di sana, Perfect Corp juga meluncurkan PerfectGPT, sebuah asisten berbasis AI yang membantu konsumen menemukan produk kecantikan dan fesyen yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. 

Dengan menggunakan data unik setiap konsumen, PerfectGPT bisa memberikan rekomendasi produk yang paling tepat, bahkan memberikan tutorial make-up yang dipersonalisasi. 

Teknologi ini memungkinkan pengalaman belanja yang lebih personal dan responsif, memberikan solusi instan untuk kebutuhan kecantikan kapan saja dan di mana saja.

BACA JUGA: IKEA GUNAKAN DRONE UNTUK BANTU PEKERJA, AKAN DITERAPKAN JUGA DI INDONESIA?

Dengan solusi berbasis AI dan AR yang canggih, Perfect Corp tidak hanya membantu konsumen, tetapi juga memberdayakan brand fesyen dan kecantikan untuk lebih memahami dan melayani pelanggan mereka. 

Alice Chang, CEO Perfect Corp, menekankan pentingnya teknologi ini dalam menciptakan pengalaman belanja yang imersif dan meningkatkan kesuksesan bisnis di era digital.

Inovasi Perfect Corp menghadirkan masa depan baru dalam dunia fesyen, di mana belanja online menjadi lebih interaktif, personal, dan menyenangkan. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhamad Hendra Prasetya

Budak startup nyambi freelance