Tech

CALON LAWAN BERAT POCO F5, INFINIX GT 10 PRO IKUT RAMAIKAN PASAR HAPE KELAS MID RANGE

Baru-baru ini Infinix merilis produk baru mereka, Infinix GT 10 Pro yang diotaki Dimensity 8050. Dari spesifikasi dan harganya yang ramah di kantong, akan menjadikan hape ini sebagai lawan berat bagi Poco F5 di kelas mid range.

title

FROYONION.COM - Pada awal Agustus ini, Infinix baru saja merilis smartphone terbarunya, bernama Infinix GT 10 Pro. Dengan mengusung embel-embel nama GT (Gran Turismo) ala-ala mobil balap, hape ini menjanjikan performa ngebut. Tak heran jika Infinix mengklaim produk terbaru mereka ini sebagai ponsel gaming yang siap bertarung di pasar hape kelas mid range.

Ponsel buatan Infinix belakangan ini memang banyak menjadi sorotan konsumen, berkat harganya yang murah namun performanya tidak recehan. 

Terbaru, di pasar Indonesia, Infinix punya Infinix Note 30 dan Infinix Note 30 Pro yang juga meramaikan pasar hape kelas mid range. Dengan harga kurang dari 3 juta, kedua hape ini menghadirkan berbagai fitur unggulan yang sulit dilawan kompetitornya. Salah satunya adalah chipset dari Mediatek, Helio G99 yang terkenal kencang dan efisien.

Meski belum ada kepastian apakah ponsel Infinix GT 10 Pro ini bakal dirilis di Indonesia, kehadiran ponsel ini jelas sangat dinantikan para konsumen Indonesia. Bahkan jauh-jauh hari, rumor soal ponsel ini dengan spek yang hiperbolik, sempat memancing kehebohan para netizen.

SPESIFIKASI INFINIX GT 10 PRO

Hape yang kali pertama rilis di India ini, dipatok dengan harga nyaris 20 ribu rupee atau sekitar 3,6 juta rupiah. Dengan harga segitu, Infinix GT 10 Pro punya spesifikasi mumpuni untuk sebuah ponsel gaming.

Mulai dari desainnya, hape ini punya tampilan backdoor yang futuristik dengan julukan Cyber Mecha. Desain yang bakal mengingatkan kita pada backdoor hape Nothing Phone, meski tidak kelewat meriah.

Permainan LED pada bagian punggung hape ini, hanya ada pada empat baris lampu mini LED interaktif yang berada di dekat kamera. Nantinya LED interaktif ini dapat menyala ketika ponsel menerima panggilan telepon, melakukan pengisian daya, memutar lagu dan lain-lain. Yang membuat kesannya terasa 'mahal' adalah bagian backdoor ini berbahan kaca, bukannya plastik.

Di sektor layarnya, Infinix GT 10 Pro sudah dilengkapi layar AMOLED yang sudah mendukung fitur fingerprint di dalam layar, sebuah fitur yang umum dijumpai di hape kelas flagship. Bagian display ini punya ukuran 6,67 inchi. Ukuran yang sangat lega untuk digunakan bermain game dan menonton streaming.

Bagian layar ini juga punya beragam fitur unggulan lainnya salah satunya seperti refresh rate 120Hz yang bikin aktivitas scrolling pengguna kerasa mulus. Bahkan layar hape ini sudah dilengkapi fitur IP53 yang membuatnya tetap aman walaupun terkena percikan air.

Dikhususkan sebagai ponsel gaming, bagian dapur pacunya menjadi modal penting yang betulan diperhatikan. Ponsel ini sudah dilengkapi salah satu chipset teranyar dari Mediatek, yakni Dimensity 8050 dengan fabrikasi 6 nm. Chipset yang garang ini sudah didukung dengan RAM yang lega sebesar 8GB yang akan mempermudah kegiatan multitasking pengguna.

Ruang internal dari Infinix GT 10 Pro punya storage yang cukup lega yakni di kisaran 128 hingga 256 GB. Kapasitas memori ini bahkan bisa ditambah dengan microSD hingga 1 TB.

Untuk sektor kamera, di bagian belakang, disediakan tiga jenis kamera dan satu lampu flash. Kamera utama Infinix GT 10 Pro berukuran 108 MP, sedangkan dua kamera lainnya adalah kamera depth dan kamera makro yang masing-masing berukuran 2 MP. Sayangnya tidak ada kamera ultrawide di punggung ponsel ini.

Sedangkan untuk mendukung kegiatan selfie, disediakan kamera berukuran 32 MP. Uniknya disediakan juga dua lampu flash LED untuk menambah asupan cahaya yang terletak di bezel paling atas dari layar.

Di sektor jaringan, Infinix GT 10 Pro sudah mendukung jaringan 5G. Ada juga fitur NFC dan jaringan WiFi 6 serta Bluetooth 5.3.

Untuk baterainya sendiri, Infinix GT 10 Pro sudah ditenagai dengan baterai berkapasitas 5000mAh. Selain itu ponsel ini juga sudah dibekali fitur fast charging dengan pengisian daya 45W. 

Ada juga fitur menarik lainnya berupa By Pass Charging yang memungkinkan pengguna bermain game sambil melakukan pengecasan. Fitur ini berguna menghindarkan baterai menjadi panas dan bikin cepat rusak, karena aliran listrik akan langsung dialirkan ke mesin.

LAWAN BERAT POCO F5?

Kompetitor terdekat bagi Infinix GT 10 Pro ini adalah Poco F5 yang sudah hadir lebih dulu di pasar Indonesia. Bahkan banyak pihak menganggap, pihak Poco F5 yang mestinya ketar-ketir jika nantinya Infinix GT 10 Pro betulan jadi dirilis di Indonesia.

Meski begitu, sebetulnya jika mau diadu, kedua ponsel di atas punya masing-masing keunggulan. Poco F5 sendiri punya keunggulan pada dapur pacunya yang diotaki dengan chipset Snapdragon 7+ Gen 2 dengan fabrikasi 4nm. Bahkan tema besar pada hape Poco F5 ini memang terletak pada chipsetnya itu.

Dari segi efisiensi, SD 7+ Gen 2 jelas jauh lebih mumpuni ketimbang Dimensity 8050. Bahkan banyak pihak berpendapat bahwa chipset dari Qualcomm ini lebih hemat daya dan bikin mesin adem. Dua hal yang kerap dikritik dari chipset Dimensity 8050.

Chipset teranyar dari Mediatek ini, jika disandingkan dengan chipset produksi Qualcomm, sebetulnya lebih setara dengan Snapdragon 870. Sedangkan dari segi performa chipset SD 7+ Gen 2 ini lebih dekat dengan SD 8+ Gen 1.

Dari fitur lainnya, kedua ponsel ini punya kualitas yang sebanding. Namun Infinix GT 10 Pro boleh berbangga dengan fitur fingerprint di dalam layar. Berbeda dengan Poco F5 yang masih menaruh sensor fingerprint di bodi samping.

Sementara untuk harganya, kedua ponsel ini bisa dibilang masih saling bersaing. Memang benar Poco F5 ini dijual pada harga 5 juta rupiah, jauh lebih mahal ketimbang Infinix GT 10 Pro yang jika dikonversi hanya seharga 3,6 juta rupiah.

Meski begitu, harga ponsel Infinix GT 10 Pro bisa saja lebih mahal dari harga di India jika memang betulan jadi masuk ke Indonesia. Ada beberapa alasan soal ini. Salah satunya adalah baru dirilisnya Infinix Note 30 Pro yang kisaran harganya 3 jutaan rupiah.

Jika Infinix GT 10 Pro dijual di harga 3 jutaan, kemungkinan besar akan mematikan pasar dari Infinix Note 30 Pro. Terlebih dengan beragam fitur yang dijanjikan, konsumen Indonesia bakal lebih tertarik pada Infinix GT 10 Pro. Guna menghindari hal ini, bukan tidak mungkin jika harga Infinix GT 10 Pro nantinya dapat dibanderol di harga 4 jutaan ke atas.

Jika benar demikian, harga Infinix GT 10 Pro dan Poco F5 bakal bersaing ketat. Terlebih lagi pihak Poco menyediakan update software hingga 3 kali sementara Infinix hanya berani ngasih 1 kali update saja. Hal semacam ini jelas akan menjadi pertimbangan bagi kaum ‘mendang-mending’.

LAYAK DINANTIKAN

Dengan spesifikasi garang, desain yang futuristik dan unik, juga harga yang ramah di kantong, kehadiran Infinix GT 10 Pro di pasar Indonesia sangat layak dinantikan. 

Namun sepertinya hape ini lebih cocok buat pengguna yang doyan gonta-ganti hape, mengingat update yang diberikan hanya sekali. Tapi bisa juga sih dipakai untuk jangka panjang asalkan bisa memaklumi dari segi update software-nya itu.

Hingga saat ini belum ada kabar pasti kapan tepatnya Infinix GT 10 Pro bakal rilis di Indonesia. Namun sepertinya tidak dalam waktu dekat apalagi bulan Agustus ini. Mengingat ponsel Infinix Note 30 VIP yang pernah dirumorkan bakal rilis di Indonesia sejak bulan Juni lalu hingga saat ini belum ada kabarnya. Padahal spek yang disediakan kurang lebih sama. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Shofyan Kurniawan

Shofyan Kurniawan. Arek Suroboyo. Penggemar filmnya Quentin Tarantino. Bisa dihubungi di IG: @shofyankurniawan