Tech

6 FITUR BARU WHATSAPP, KINI PENGGUNA BISA GANTI BACKGROUND KETIKA VIDEO CALL!

Aplikasi WhatsApp sudah banyak melakukan update dengan penambahan segudang fitur baru. Semuanya tentu dilakukan demi kenyamanan pengguna. Apa saja sih fitur-fitur baru ini?

title

FROYONION.COM Dewasa ini, tampaknya orang-orang lebih banyak menggunakan aplikasi berbagi pesan WhatsApp daripada SMS. 

Bahkan, Indonesia termasuk dalam daftar negara pengguna WhatsApp terbesar di dunia. 

Dilansir dari GoodStats, pengguna aktif WhatsApp di Indonesia tercatat mencapai 112 juta pada tahun 2023 lalu. 

Angka ini membuat Indonesia menduduki peringkat tiga sebagai negara dengan jumlah pengguna WhatsApp paling banyak. 

BACA JUGA: DAFTAR SHORTCUT TERBARU WHATSAPP, DARI DAFTAR POIN SAMPAI MONOSPACE 

Sejak diperkenalkan pada 2009, WhatsApp atau yang biasa disingkat WA ini juga senantiasa berbenah. 

Salah satunya adalah rutin menyediakan update fitur yang semakin memudahkan pengguna. 

Dulu, WA hanya sebatas untuk bertukar pesan dan audio. Kini, kita juga bisa memperbarui status, membuat grup hingga membuka saluran percakapan sendiri. 

Di tahun 2024 ini saja, WhatsApp telah menyediakan beragam fitur baru untuk para pengguna setianya. Yuk, simak sederet pembaruan aplikasi ini di bawah. 

1. FILTER DAN LATAR BELAKANG VIDEO CALL 

Selain bisa digunakan untuk bertukar pesan, melalui WhatsApp kita juga bisa melakukan panggilan video. 

Agar tampilannya lebih interaktif, aplikasi ini akan segera menghadirkan efek filter serta latar belakang saat kita video call dengan seseorang. 

Filter ini dihadirkan agar kita bisa menciptakan suasana yang lebih asyik. Percikan warna serta video yang lebih artistik juga akan membuat sesi panggilan video kian menarik.

Adanya latar belakang juga akan membuat privasi ruang sekitar kita tetap terjaga. Fitur ini mirip-mirip dengan latar belakang zoom ketika kita melakukan meeting

Kita akan tampak seolah sedang berada di coffee shop estetik, padahal sebenarnya masih berada dalam kamar. 

Tersedia 10 filter dan latar belakang yang bisa dipilih dan dipadupadankan. Pilihan filternya meliputi Hitam & Putih, Hangat, Sejuk, Temaram, Pendaran Cahaya, Mata Ikan, Kaca Buram, TV Vintage, Cahaya Prisma serta Nada Warna Duo. 

BACA JUGA: SUKA KHAWATIR DENGAN TUMPUKAN PESAN WHATSAPP? BEGINI CARA MENGATASINYA

Sementara latar belakang yang ada mulai dari Kafe, Kantor, Buram, Ruang Tamu, Pecinta Kuliner, Kerikil, Smoosh, Matahari Terbenam, Hutan, Pantai dan Perayaan. 

Pengguna juga bisa menambahkan opsi Cahaya Redup serta Sentuhan Edit. Video call akan terasa lebih nyata dan menyenangkan dengan kecerahan ruang alami serta penyempurnaan tampilan.

Bagaimana cara mengakses fitur ini? Mudah saja. Saat melakukan panggilan video, pilih ikon efek pada sudut kanan atas layar untuk melihat pilihan filter dan layar belakang. Pilih yang paling sesuai dengan cara klik satu kali.  

2. MEMBUAT ALBUM OTOMATIS UNTUK SALURAN SIARAN 

WhatsApp tidak tinggal diam setelah memberikan update berupa pembuatan channel alias saluran siaran. 

Kini, mereka memperbaruinya lagi dengan kemampuan membuat album otomatis dalam channel

Fitur ini nantinya akan mempermudah admin channel dalam mengorganisir gambar serta video yang akan dibagikan dalam satu album terstruktur. 

Pembaruan ini juga dikatakan membawa kejelasan lebih besar dalam pengaturan media dalam file Saluran. 

Fitur ini sementara hanya tersedia pada beberapa penguji beta di Android yang sudah mengunduh WhatsApp beta terbaru. 

Walau belum ada kejelasan kapan fiturnya akan dirilis secara luas, namun pembaruan ini merupakan langkah positif dalam membuat Saluran menjadi lebih terorganisir. 

3. BILAH BALASAN STATUS 

WhatsApp tidak lupa untuk memperbarui antarmuka pengguna melalui bilah balasan baru khusus untuk update status. 

Fitur ini nantinya akan dibuat mirip seperti fitur balasan pada Instagram stories

Tujuan dari fitur ini ialah meningkatkan interaksi antarpengguna dan menawarkan tampilan antarmuka yang lebih ramah pengguna. 

Bilah balasan terletak di bagian bawah layar dan pengguna akan makin mudah dalam membalas atau mengomentari status WhatsApp orang lain tanpa harus menggesernya ke atas. 

4. STATUS FOTO DAN VIDEO KUALITAS HD 

Pernah merasakan unggah foto atau video ke WhatsApp tapi kualitas fotonya menjadi blur? 

Tidak perlu khawatir lagi karena sekarang WhatsApp tengah mempersiapkan pengguna untuk membuat status dengan foto dan video kualitas High Density

BACA JUGA: BERKAT AI, PENGGUNA WHATSAPP KINI BISA LAKUKAN BANYAK AKTIVITAS SEKALIGUS 

Bagian Status di aplikasi WhatsApp nantinya akan menampilkan ikon HD. Pengguna akan dapat memilih foto ataupun video resolusi tinggi untuk diunggah menjadi status. 

Adanya pembaruan fitur ini dimaksudkan sebagai langkah lanjutan dalam menyediakan kualitas visual terbaik pada para pengguna setianya. 

5. INTEGRASI STATUS WHATSAPP DENGAN INSTAGRAM STORIES 

Pembaruan WhatsApp tidak melulu soal aplikasinya, tapi juga integrasinya dengan aplikasi lain. Salah satunya adalah Instagram. 

WhatsApp kini dikabarkan tengah mengembangkan opsi supaya pengguna bisa menautkan akun Instagram mereka dengan nomor WhatsAppnya. 

Fitur yang masih dalam pengembangan ini nantinya akan memungkinkan pembaruan status WhatsApp sekaligus diposting sebagai Story Instagram. 

Integrasi semacam ini diharapkan akan dapat membedakan WhatsApp dengan para pesaingnya. Namun, perbedaan konten antara Instagram dan WhatsApp membuat fitur ini dinilai kurang relevan untuk beberapa pengguna. 

6. VIEW ONCE UNTUK PESAN SUARA

View Once alias Sekali Lihat, awalnya hanya berlaku untuk foto dan juga video. Kini, WhatsApp berniat memperluasnya hingga ke pesan suara. 

Adanya fitur ini akan memungkinkan pesan suara yang dikirimkan untuk hanya dapat sekali dibuka dan otomatis hilang setelah didengarkan. 

WhatsApp beralasan bahwa adanya fitur ini merupakan langkah dalam memberikan kontrol serta privasi bagi para penggunanya. 

Pesan suara sekali lihat adalah opsi bagi para pengguna yang hendak membagikan informasi sensitif tanpa meninggalkan jejak permanen. 

Itu dia enam fitur terbaru WhatsApp yang akan segera hadir untuk para penggunanya. Mana yang paling kalian nantikan? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read