Stories

NURFADLI ‘TAHILALATS’ MURSYID NGGAK NIAT BIKIN ORANG NGGAK PAHAM

Pasti lo nggak asing dengan nama Tahilalats, komik strip buatan Nurfadli Mursyid atau yang lebih dikenal sebagai Palik ini sangat eksis di berbagai sosial media. Nah, Palik membuatku Q&A di akun Twitternya. Yuk simak, Civs!

title

FROYONION.COM - Kalo ngomongin industri komik lokal, Tahilalats pasti ada di pikiran lo. Tahilalats adalah komik strip komedi yang bisa kita baca di berbagai sosial media. Tahilalats cukup populer di kalangan anak muda. 

Tahilalats sudah mempunyai banyak followers di Instagramnya. Saat ini followers-nya mencapai 4,9 juta. Komik-komik Tahilalats membahas tentang kehidupan sehari-hari masyarakat kekinian yang bikin lo merasa relate

Mungkin lo tau komik strip Tahilalats karena sering muncul di beranda media sosial lo tapi lo tau nggak sih siapa creator-nya? 

Creator-nya bernama Nurfadli Mursyid, yang lebih dikenal sebagai Palik. Beberapa hari lalu, Palik membuat Q&A dengan followers-nya di Twitter yang membahas seputar komik strip, proses kreatif, dan lain-lain. 

Komik Tahilalats ber-genre komedi, tapi tipe komedinya bisa disebut komedi yang absurd dan mindblowing karena jalan ceritanya selalu sulit dimengerti dan mempunyai plot twist yang sulit ditebak. 

Dalam membuat komik strip, tentu nggak semudah itu. Ada proses kreatif di baliknya. Mulai dari mikir ide, bikin storyboard, lalu finishing. Langsung aja simak Q&A bersama Palik membahas seputar karyanya Tahilalats, Civs!

Kok bisa sih kepikiran namanya ‘TAHILALATS’?

Sumpah sih, semua berawal dari iseng, nggak pake filosofi berat atau arti yang mendalam. Semua itu karena gue identik dengan tahi lalat mencolok di bawah bibir aja, and boom! I started my first comic with that name.

BACA JUGA: TOKO TAHILALATS: EXPERIENCE MAKAN DI KAFE TEMATIK BERNUANSA KOMIK

Kenapa komiknya selalu sulit dimengerti? Awal mula bikin komik dengan tema seperti itu bagaimana?

Hahaha.. nggak sih, semua se-natural itu nggak ada niatan bikin orang nggak ngerti komiknya. Gue sih mikirnya semakin sering kita familiar sama cara bercerita komik, apalagi pernah punya pengalaman yang sama dengan cerita komiknya bisa bikin langsung nangkep maksudnya, tapi itu bukan jadi concern di gue sih.

Gaya komedi Tahilalats terinspirasi dari apa atau siapa sih?

Gue juga kadang nggak bisa spesifikin selera komedi gue. Gue waktu kecil suka sama cara penulisan series Spongebob, regular show, beberapa webcomic sama meme era 2010-2015, kadang gue ketawa sama Ironic dan Dark Things.

Art style-nya terinspirasi dari mana? Apa benar dari Adventure Time? Soalnya mirip banget style-nya.

Gue suka exploring banyak style sejak kecil tapi setelah konsisten baca webcomic sejak 2009, kebanyakan art style comic sama jenis cerita ke-influence dari mereka.

Setelah Tahilalats menjadi lebih besar kayak sekarang, proses pembuatan komik dan idenya tetap dilakuin sendiri atau ada tim yang kerjain?

Gue ngerjain Tahilalats dari 2012, lalu pelan-pelan terjun ke industri. Pertama kali kerja sama tim itu 2018, jadi sekarang sih semua project turunan dari kerja tim termasuk daily comic.

Dapat ide cerita dan jokes-nya dari mana?

Dari mana aja. Mungkin kalo dipilah 50% dari brainstorming sama tim 50%, nemu pas lagi nongkrong, jalan, ngelamun, boker, mandi, scrolling social media.

Berapa lama buat eksekusi gambar satu komik?

Satu komik itu kalo udah ada ide, kita proses jadi storyboard lalu finishing, itu kira-kira 30-40 menitan sih. 

Apakah kode komik di pojok kiri adalah tanggal dapat ide, nulis naskah, apa selesai gambar?

Hahaha.. itu sebenarnya tanggal ide atau komik itu selesai dibuat, selain itu, buat kode arsip biar gampang di-tracking sama tim buat kebutuhan aset.

Pernah nggak kepikiran buat nyerah terus berhenti bikin komik Tahilalats?

Alhamdulillah.. sekarang sih masih dikasih spark buat terus bikinnya. Jenuh sih pasti ada, tapi jiwaku terus berontak bikin lagi dan lagi. Jadi kayaknya kalian masih bakal lihat karakter-karakter ini untuk beberapa tahun ke depan.

Setelah collab dengan Coldplay dan Crayon Shinchan, next project bakal collab sama siapa lagi?

Hmm.. sekarang masih rahasia, tapi gue yakin bakal seru banget, coba tebak!

Satu hal yang bakal selalu Tahilalats pertahankan sampai kapan pun?

Internet content.

Selain bikin comic strip, Palik bisa apa aja?

Hmm.. selain gambar, gue bisa apa lagi ya? Hahaha.. oh, gue ahli dalam momong anak semenjak jadi bapak dua anak, hahaha.

Palik sudah berkarier di dunia kreatif dengan membuat konten-konten komik strip selama kurang lebih 10 tahun. Berawal dari komik independent, lalu beberapa tahun lalu Palik memutuskan untuk terjun ke industri, mulai pelan-pelan membentuk tim untuk membesarkan nama Tahilalats. 

Dengan terjun ke industri, tentu meringankan beban karena Palik nggak perlu mengerjakan semuanya sendirian. Ada tim untuk membantu brainstorming dan merealisasikan ide-idenya kreatifnya.

Minat di industri kreatif ini membuat Palik nggak berhenti di berkarya komik saja. Palik juga mengembangkan Tahilalats menjadi animasi, bahkan juga merilis project Mindblowon Universe.

Apa itu Mindblowon Universe? Ini adalah project NFT global yang dirilis oleh Palik dan beberapa kolaborator. Sampai saat ini, sudah ada 6.969 koleksi NFT di project tersebut.

Berkat sederet pencapaian tadi, di tahun 2021 Tahilalats tercatat sebagai salah satu digital content creators terbaik menurut majalah Forbes Indonesia. 

Nggak disangka, yang berawal hanya dari keisengan dan kesenangannya, membuat comic strip Tahilalats sebagai sebuah keisengan belaka tapi kemudian malah menjadi sesuatu yang digarap serius dan mendunia. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadel Ahnaf

Pengamat, penikmat, serta pelaku seni.