Sports

YOGA: OLAHRAGA SANTAI COCOK JADI PILIHAN REMAJA JOMPO

Yoga jadi salah satu olahraga populer saat pandemi hingga sekarang. Di balik kesederhanaannya, olahraga ini memiliki ragam manfaat. Apa aja manfaatnya? Baca aja di sini, Civs.

title

FROYONION.COM - Yoga adalah olahraga yang berasal dari kebudayaan India kuno dan telah berkembang sejak ribuan tahun lalu sebelum Masehi. Kata ‘yoga’ sendiri berasal dari bahasa Sansekerta kuno yang berarti ‘penyatuan’ antara diri dan Yang Mahakuasa. 

Oleh karena itu, olahraga ini bertujuan untuk mengenal dan memahami diri sendiri dari segi fisik dan mental agar dapat semakin mendekatkan diri dengan Yang Mahakuasa. 

Gerakan-gerakan dalam yoga jauh berbeda dengan gerakan dalam olahraga jenis lain yang secara umum memiliki ritme gerak yang cukup cepat. 

Gerakan olahraga ini berfokus pada pengendalian diri, seperti pola pernapasan dan konsentrasi pikiran dengan harapan setelah melakukan olahraga ini kita bukan hanya memiliki kondisi tubuh yang sehat, tetapi juga kondisi pikiran dan mental yang lebih baik dari sebelumnya.

Yoga merupakan olahraga yang terbagi lagi ke dalam beragam jenis. Yoga memiliki pola gerakan, tingkat kesulitan, dan tujuan yang berbeda-beda tergantung jenisnya mulai dari untuk pemula, ibu hamil, hingga mereka yang telah memiliki kondisi fisik yang mumpuni. 

Ada jenis yoga yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot, misalnya yoga power. Ada pula yoga prenatal yang biasa dilakukan oleh ibu hamil dengan tujuan mempersiapkan otot-otot bagian bawah tubuh agar nantinya proses persalinan dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, masih banyak lagi jenis lainnya, seperti yoga vinyasa, ashtanga, bikram, kundalini, dan lain-lain.

Olahraga ini juga termasuk ke dalam olahraga yang dapat dilakukan di dalam maupun di luar ruangan. Berbeda halnya dengan olahraga lain, seperti bulutangkis atau tenis, yang harus dilakukan di lapangan tertentu, yoga secara umum dapat dilakukan di mana pun. 

Peralatan yang dibutuhkan juga cukup sederhana karena pada dasarnya hanya memerlukan matras yoga yang dapat dengan mudah ditemukan di pusat perbelanjaan atau e-commerce dengan harga yang beragam dan dapat disesuaikan dengan kondisi kantong kita. 

Meskipun begitu, ada juga peralatan lain, seperti yoga block dan yoga wheel yang digunakan untuk membantu kita melakukan gerakan-gerakan yang lebih menantang. 

Akan tetapi, bagi para pemula nampaknya matras dengan kualitas baik dan tekad yang besar dirasa sudah cukup untuk melakukan serta merasakan manfaat dari olahraga ini . Berikut adalah manfaat-manfaat yang dapat kita peroleh dari yoga.

1.      ATASI STRESS YANG MENUMPUK

Stress merupakan kondisi ketika kita merasa tertekan dan kewalahan. Tubuh kita dapat menunjukkan gejala-gejala yang berbeda ketika mengalami stress. Beberapa respons yang ditunjukkan oleh tubuh ketika sedang merasa stress adalah kesulitan tidur, gelisah, dan sakit kepala. Di samping itu, stress juga dapat memicu emosi-emosi negatif lainnya yang menyebabkan kita mudah marah dan tersinggung. Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang hal ini tentunya dapat menyebabkan penurunan kesehatan mental dan fisik karena tubuh berada dalam kondisi fight or flight secara terus-menerus.

Oleh karena itu, yoga dapat menjadi solusi bagi permasalahan ini. Adanya latihan pernapasan dan meditasi dalam yoga dapat membantu menenangkan kondisi tubuh kita serta menyeimbangkan regulasi sistem saraf otonom yang mengendalikan detak jantung dan pernapasan. Dalam jangka panjang, latihan yoga secara rutin juga dapat mengatasi masalah tidur serta meningkatkan ketahanan mental kita dalam mengatasi stress. Waktu istirahat yang cukup dan fungsi tubuh yang seimbang tentu akan meningkatkan kondisi mental kita serta membangun pola pikir yang lebih sehat ke depannya.

2.      DAPAT MENURUNKAN BERAT BADAN

Walaupun olahraga ini terdiri dari gerakan yang santai, tidak seperti cardio atau tenis, beberapa gerakan dalam yoga dinilai cukup efektif dalam penurunan berat badan dan pembentukan otot, seperti chair pose, boat pose, dan bridge pose. Di samping adanya pembakaran kalori melalui gerakan-gerakan tertentu, yoga juga membantu proses penurunan berat badan melalui peningkatan aspek spiritual dalam diri kita. Peningkatan fokus dan kesadaran akan kondisi tubuh mengarahkan kita untuk menghindari pola makan yang tidak sehat, seperti makan dalam jumlah banyak dalam satu waktu atau mengonsumsi makanan secara terus-menerus. Pola pikir yang berkesadaran dapat membantu kita untuk mengonsumsi jenis makanan yang lebih sehat dengan pola konsumsi yang lebih baik. Hal ini tentunya akan membantu proses penurunan berat badan bagi yang melakukan yoga dengan tujuan tersebut karena langkah awal melakukan diet adalah memiliki niat dan pola pikir yang baik dan sehat. Latihan yoga dapat dilakukan sebanyak 3-5 kali dalam satu minggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

3.      ATASI PERMASALAHAN REMAJA JOMPO

Akhir-akhir ini istilah ‘remaja jompo’ familiar di telinga kita. Remaja jompo sendiri adalah pengasosiasian untuk anak muda dengan kondisi kesehatan tubuh yang kurang baik sehingga tingginya intensitas aktivitas yang mereka lakukan menyebabkan tubuh mereka mudah lelah dan merasa sakit. Salah satu penyelamat bagi para remaja jompo ini adalah koyo yang kerap kali memenuhi tubuh mereka, di punggung, pundak, lengan, dan lainnya. Di samping itu, para remaja jompo ini cenderung malas untuk berolahraga karena dirasa terlalu melelahkan untuk mereka.

Oleh karena itu, menurut gue yoga adalah olahraga yang cocok untuk mengatasi permasalahan remaja jompo ini. Yoga dapat meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan daya tahan tubuh. Selain itu, yoga juga merelaksasi otot-otot yang tegang dan terasa kaku sehingga mengurangi sakit pada bagian tubuh tertentu dan para remaja jompo tak lagi perlu membeli stok koyo dalam jumlah banyak. Dalam hal ini, yoga juga membantu pembentukan postur tubuh yang lebih baik dan ketahanan sendi serta otot sehingga dapat mencegah terjadinya cedera atau timbulnya rasa sakit seperti sebelumnya. 

Nah, itu tadi beberapa manfaat yoga yang menurut gue salah satu olahraga super lengkap dan mudah dilakukan. Peralatan yang sederhana serta tempat dan waktu yang fleksibel menjadi keuntungan dalam melakukan olahraga ini. Kalian bisa memulai olahraga ini dengan bergabung di kelas-kelas yoga yang tersedia di kota kalian atau melakukan yoga di rumah dengan menonton video Youtube atau menggunakan aplikasi tertentu. Gue sendiri sering latihan yoga melalui channel ‘Yoga with Adrienne’ dan ‘Yoga with Bird’ di laman Youtube. Jangan ditunda sampai besok, ayo mulai yoga hari ini! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Videla Zannuba

Biasa dipanggil Marie. Asalnya nulis puisi, tapi cuma nulis kalau sedih. Hobi masak dan dandanin orang. Sibuk jadi anak Buk dan Bap di rumah.