Sports

SEBERAPA DALAM LINI TENGAH TIMNAS INDONESIA JELANG LAGA FIFA MATCHDAY MELAWAN TURKMENISTAN?

Sebanyak 24 pemain dipanggil untuk membela Timnas Indonesia di laga FIFA Matchday melawan Turkmenistan. Seberapa dalam lini tengah Timnas kali ini?

title

FROYONION.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong telah memanggil 24 pemain untuk menghadapi FIFA Matchday melawan tim Turkmenistan pada 8 September 2023 mendatang. Pertandingan itu dijadwalkan akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Para pemain yang dipanggil akan mulai berkumpul pada 4 September 2023. Kali ini, Shin Tae-yong memanggil pemain-pemain yang berlaga di luar negeri, seperti Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Shayne Pattynama (Viking FK), Saddil Ramdani (Sabah FC).

Selain keberadaan para pemain yang berlaga di mancanegara tersebut, skuad Timnas senior juga lebih berwarna dengan kedatangan beberapa pemain debutan. Mereka adalah Aji Kusuma (Persija Jakarta), Riyan Kurnia (Persib Bandung), dan Wahyu Prasetyo (PSIS Semarang).

Kehadiran mereka semakin menambah seru persaingan untuk mengisi slot pemain Timnas Indonesia. Terlebih dengan dipanggil kembalinya beberapa nama, seperti Egy Maulana Vikri (Dewa United), Adam Alis (Borneo FC), dan Nadeo Argawinata (Borneo FC).

Dengan nama-nama di atas, banyak pecinta sepak bola Indonesia yang optimis Timnas Indonesia bisa menunjukkan permainan terbaiknya. Terlebih, komposisi lini tengah Timnas Indonesia yang terbilang komplit.

BACA JUGA: JADWAL PADAT TIMNAS INDONESIA: FIFA MATCHDAY HINGGA PIALA ASIA

LINI TENGAH TIMNAS ADALAH PEMAIN ANDALAN DI LEVEL KLUB

Dalam nama-nama pemain tengah yang dipanggil ke Timnas Indonesia, ada sosok Marc Klok yang hampir tak tergantikan sepanjang era Shin Tae-yong. Pemain Persib Bandung itu memang memiliki jam terbang tinggi baik di klub maupun Timnas.

Marc Klok memiliki jumlah caps sebanyak 15 kali bersama Timnas Indonesia di level senior. Pemain bernomor punggung 23 itu juga menjadi andalan Persib di kompetisi Liga 1 2023/2024.

Posisi Klok bisa dibilang sulit tergantikan di lini tengah Timnas Indonesia. Bahkan sosoknya yang tenang kerap ditunjuk sebagai kapten oleh Shin Tae-yong.

Ketangguhan Klok dalam menjelajah lini tengah memang dinilai cukup tinggi. Pemain berdarah Belanda itu juga memiliki umpan-umpan yang akurat. Belum lagi set piece tendangan bebasnya yang kerap kali mengancam gawang lawan.

Selain Marc Klok, ada juga nama Stefano Lilipaly. Pemain Borneo FC itu sempat absen pada beberapa ajang yang dijalani Timnas Indonesia. Namun, berkat penampilan apiknya bersama Pesut Etam, Lilipaly kembali dipercaya mengenakan jersey Merah Putih.

Sebenarnya, Lilipaly adalah pemain langganan Timnas Indonesia sejak dinaturalisasi pada Agustus 2013 silam. Eks pemain Utrecht itu sudah 29 kali membela Garuda Nusantara. Artinya, ia menjadi salah satu pemain senior di Timnas saat ini.

Lilipaly memiliki karakter yang lebih menyerang dibandingkan dengan Marc Klok. Aksi-aksinya juga lebih menyulitkan lini pertahanan lawan. Berbeda dengan Klok yang berperan sebagai pembagi bola. Namun, yang pasti keduanya sama-sama berkualitas dan menjadi andalan di klub-nya masing-masing.

MEREKA YANG KEMBALI BERSERAGAM TIMNAS

Bergeser ke pemain lain, ada nama Egy Maulana Vikri Adam Alis. Mereka sudah jadi langganan Timnas Indonesia bahkan sejak kelompok usia. 

Egy Maulana Vikri sempat absen pada beberapa ajang Timnas. Pemain Dewa United itu sudah 17 kali bermain di Timnas Indonesia sejak debut di tim senior pada 2018 lalu.

Kelok Sembilan, begitu julukannya beberapa tahun lalu, adalah pemain yang lincah dan sulit dihentikan di depan gawang lawan. Kemampuannya itulah yang membuat Egy masuk skuad senior meski waktu itu usianya masih terbilang muda.

Selain itu ada nama Adam Alis yang akhirnya kembali berseragam Garuda di dada. Pemain Borneo FC itu juga sering mondar-mandir di Timnas Indonesia sejak kelompok usia. 

Kini, Adam Alis kembali dipercaya membela Timnas Indonesia setelah absen cukup lama. Salah satu faktornya adalah penampilan menterengnya bersama Borneo FC. Adam Alis merupakan otak permainan Borneo FC dalam membongkar pertahanan lawan.

GELANDANG DEBUTAN

Ada yang menarik dari skuad Shin Tae-yong untuk laga FIFA Matchday melawan Turkmenistan. Salah satu di antaranya adalah pemanggilan Ryan Kurnia.

Ini adalah pengalaman pertama Pemain Persib Bandung itu dipanggil ke Timnas Indonesia. Gelandang asal Bogor itu langsung masuk skuad senior meski tak pernah dipanggil di level usia.

Pemain 27 tahun itu memang menunjukkan penampilan yang cukup apik sejak membela Persikabo 1973. Performa itu terus dibawanya hingga ke klub barunya, yaitu Persib Bandung.

Di Persib, Ryan mencatatkan delapan kali penampilan di musim ini dan mencetak satu gol. Menarik untuk dinantikan bagaimana aksi Ryan Kurnia jika diturunkan pada laga melawan Turkmenistan mendatang.

DAFTAR PEMAIN TIMNAS INDONESIA

Ada 24 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk laga FIFA Matchday September ini. Sebagian besar mereka adalah pemain-pemain yang kerap mengisi skuad Garuda. Namun, ada juga yang baru menjalani debutnya bersama Timnas. Berikut daftar pemain Timnas Indonesia:

Penjaga gawang: 

Nadeo Argawinata

Syahrul Trisna

Reza Arya Pratama

Belakang: 

Jordi Amat

Asnawi Mangkualam

Fachruddin Aryanto

Edo Febriansyah

Andy Setyo

Wahyu Prasetyo

Yance Sayuri

Shayne Pattynama

Sandy Walsh

Tengah: 

Yakob Sayuri

Ryan Kurnia

Rachmat Irianto

Marc Klok

Saddil Ramdani

Egy Maulana Vikri

Adam Alis

Stefano Lilipaly

Ricky Kambuaya

Penyerang: 

Dendy Sulistyawan

Aji Kusuma

Dimas Drajad

Pelatih: Shin Tae-yong

Melihat skuad yang cukup dalam di Timnas Indonesia, rasanya bukan tidak mungkin pecinta sepak bola Tanah Air akan disuguhkan permainan menarik. Terlebih, Garuda Nusantara khususnya level senior akan bertanding di ajang Piala Asia 2023 Januari mendatang. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Diyo Suroso

Jurnalis dan content writer