Sports

KENAL LEBIH DEKAT DENGAN NFL FANS INDONESIA; PELOPOR FANBASE NFL DI INDONESIA!

Kalau kalian suka ikuti National Football League (NFL) dan bingung dimana cari teman dengan interest yang sama, fanbase satu ini bisa penuhi kebutuhan kalian, kok.

title

FROYONION.COM - Kalau kita dengar kata ‘football,’ yang terlintas pasti olahraga bola kaki yang paling populer saat ini di dunia. Pasti kita sudah tidak asing sama perdebatan yang ada di internet soal football vs soccer. Perdebatan tersebut disebabkan karena penyebutan football di Amerika Serikat lebih dikenal sebagai soccer. Penyebutan tersebut terjadi karena tim-tim sepakbola juga dikenal dengan association football, dan lama-kelamaan mengalami ‘plesetan’ di Amerika Serikat sehingga menjadi soccer seperti sekarang. Dan football sendiri penyebutannya disematkan ke olahraga American Football karena memiliki jumlah pemain yang sama dengan sepakbola pada umumnya dan sebagai pembeda dengan olahraga rugby yang lebih sering dikenal dengan rugby football.

Ada beberapa liga yang mempertandingkan American Footbal, ada Alliance of American Football (AAF), United States Football League (USFL), College Football (CFB) untuk tingkat universitas, dan National Football League (NFL) sebagai liga yang paling tinggi dan bergengsi.

NFL sudah berjalan selama 102 musim yang berawal dari didirikannya liga ini pada 17 September 1920. Saat ini NFL merupakan rumah bagi 32 tim untuk berkompetisi untuk melaju ke Super Bowl dan meraih gelar juara. Liga ini diawali dengan regular season yang dimana satu tim akan memainkan sebanyak tujuh belas game dan tim-tim sudah dibagi ke dua divisi; National Football Conference (NFC) dan American Football Conference (AFC), dan dibagi kembali masing-masing keempat subdivisi yang akan dihuni oleh empat tim. Setelah regular season berakhir, tim yang lolos akan menjalani postseason atau playoffPostseason akan dimulai dari babak wildcard, dan diteruskan ke babak divisional round. Setelah divisional round selesai, nantinya akan tersisa empat tim dari masing-masing divisi dan akan bertanding memperebutkan gelar conference champion yang merupakan tiket lolos ke Super Bowl. Juara dari NFC dan AFC akan bertemu di Super Bowl untuk memenangkan gelar juara liga.

Olahraga American Football dan khususnya NFL di Indonesia masih belum mempunyai peminat yang banyak dan ketenarannya sangat tertutupi oleh olahraga lain seperti sepakbola, bola voli, bulutangkis, bahkan bola basket. Jadi pasti kebayang gimana susahnya nyari komunitas atau circle yang bisa diajak ngobrol soal NFL, kan. Tapi kalian tidak perlu khawatir lagi, karena sekarang sudah ada fanbase atau platform yang bakal mempertemukan kalian dengan pencinta NFL lainnya di Indonesia. Nama fanbasenya adalah NFL Fans Indonesia.

Froyonion berkesempatan mewawancarai founder NFL Fans Indonesia bernama Fadhil Ariq Saputra pada Senin (20/3) yang lalu. Pria yang juga berprofesi sebagai karyawan swasta tersebut mulai tertarik dengan NFL atau american football ketika masih SMA, melalui sebuah tayangan pertandingan Super Bowl 40 antara Seattle Seahawks kontra Pittsburgh Steelers pada tahun 2006. Menurutnya, dari tayangan pertandingan tersebut sudah memunculkan kesukaannya dengan olahraga tersebut dan membuatnya berhasil menemukan tim favoritnya saat ini, Pittsburgh Steelers. Dan dari sana, Fadhil mulai mengulik banyak hal dari olahraga tersebut baik secara umum atau mengenai sejarahnya. 

Foto Fadhil Ariq Saputra sebagai founder NFL Fans Indonesia.
Foto Fadhil Ariq Saputra sebagai founder NFL Fans Indonesia. (Sumber: dokumentasi pribadi) 

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, NFL merupakan salah satu liga olahraga yang sangat digemari di Amerika Serikat selain National Basketball Association (NBA), National Hockey League (NHL), dan Major League Baseball (MLB). Diantara keempat liga tersebut, menurut Fadhil NFL merupakan liga yang sangat unggul di Amerika Serikat sana. Dia menilai keunggulan tersebut disebabkan beberapa faktor yang tidak dimiliki oleh liga lain. 

American Football bisa berkembang ga lepas juga dari fanatisme masyarakat dan fans yang ada disana (Amerika Serikat) karena mereka bangga punya olahraga yang khusus dari negara mereka. Terus, NFL sendiri usia liganya sudah termasuk tua. Terus secara finansial, salah satu tim NFL merupakan tim yang paling valuable di dunia, yaitu Dallas Cowboys.” ungkap Fadhil. 

Selain karena fanatisme, usia kompetisi yang sudah tua, dan aspek finansial, Fadhil sendiri menyebut kalau NFL menarik karena gameplan yang ditampilkan di setiap giliran sangat beragam dan thrill yang tersaji di game-game yang sengit. Fadhil mengatakan; “Kalau lo bisa lihat play book yang tim-tim punya itu tebal, bahkan tebalnya aja sama kaya kamus. Terus NFL juga bagus buat ‘olahraga jantung’ karena semuanya bisa terjadi sampai pertandingan selesai. Gua juga nonton NBA, NHL, MLB, tapi gua bisa lebih dapat sensasi itu dari NFL doang.” 

NFL Fans Indonesia sendiri dibentuk oleh Fadhil pada 27 Januari 2013, yang berawal dari obrolan dengan teman-teman lainnya mengenai NFL ketika selesai bermain flag footballFYI, flag football merupakan olahraga turunan dari american football, tetapi flag football tidak menerapkan tackle dan jumlah pemainnya lebih sedikit dari American Football

“Gua bentuk NFL Fans Indonesia karena kebiasaan gue ngobrolin soal NFL pas selesai main flag football. Dari situ gue berpikir untuk bikin komunitas yang bisa mewadahi fans NFL dan bisa mengedukasi soal NFL ke orang banyak.” jelas Fadhil.

Sejak berdiri, NFL Fans Indonesia sudah menjalani beberapa kerjasama atau partnership dengan beberapa brand dan fanbase tim NFL di Indonesia. Fadhil menjelaskan NFL Fans Indonesia pernah bekerjasama dengan salah satu brand penyedia layanan TV streaming services di Indonesia. 

“Kita juga pernah kerjasama bareng beberapa fanbase tim-tim NFL yang ada di Indonesia. Ada fanbasenya Kansas City Chiefs, Baltimore Ravens, Green Bay Packers, Seattle Seahawks, terus San Francisco 49ers.”

Selama perjalanan panjang 10 tahun berdiri, tentu Fadhil banyak mengalami suka dukanya dalam membangun fanbase ini. Dia merasa sangat senang dengan tujuan utamanya dalam membangun fanbase ini yaitu untuk memberikan edukasi atau informasi mengenai NFL dan American Football secara garis besar. 

Untuk dukanya, Fadhil bercerita: “Kalau dukanya jelas olahraga ini masih awam buat masyarakat, bahkan sampai ada jokes ‘football kok mainnya pakai tangan, sih.’ Jadi itu dia yang sebenarnya mau kita ubah.”

Sebagai sebuah fanbase, tentunya NFL Fans Indonesia juga menyelenggarakan berbagai kegiatan baik secara offline maupun secara online. Selain menyelenggarakan nonton bareng pertandingan NFL, Fadhil menjabarkan beberapa kegiatan lainnya yang diadakan di platform media sosialnya. Disamping mengatur akun sosial media NFL Fans Indonesia, Fadhil juga membuat akun yang khusus membahas college football dengan nama akun @cfbfansindo.

Dikarenakan saat ini NFL sedang memasuki offseason, akun NFL Fans Indonesia juga tidak ketinggalan memberikan update dari XFL, sebuah minor football league yang diadakan ketika musim NFL telah selesai. Masih di seputar media sosial, Fadhil saat ini mulai gencar membuat postingan mengenai flag football. 

“Gua juga bikin postingan soal flag football dengan tujuan nantinya masyarakat jadi aware, karena ada rencana kedepannya flag football bakal jadi salah satu cabang olahraga di olimpiade 2028 di Los Angeles.”

Terakhir, Fadhil sendiri berharap dengan adanya fanbase ini NFL atau American Football bisa diterima dan ditonton oleh masyarakat selayaknya olahraga mainstream lainnya. “Semoga dengan adanya NFL Fans Indonesia, bisa memasyarakatkan NFL dan bisa jadi tontonan banyak orang juga.” tutup Fadhil.

Fanbase ini sangat direkomendasikan kalau kalian termasuk orang yang senang mengulik dan mencoba menyukai hal-hal yang anti mainstream. Selain soal olahraganya, secara ga langsung kalian bisa belajar soal budaya dari Amerika Serikat dari liga ini. Nah, buat kalian yang tertarik sama fanbase ini, kalian bisa cek sosial medianya langsung ya. NFL Fans Indonesia juga ada di YouTube dan Spotify dimana mereka juga aktif upload video dan ada podcast #ZEROKNOWLEDGE. Kalian bisa cek di sini dan happy explore!.

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Rifki

Biasa dipanggil ‘Rif.’ Pemula dalam menulis yang kebetulan suka olahraga, baca, dan nonton.