Sports

APA DAMPAK HIJRAHNYA PEMAIN FUTSAL TERBAIK DUNIA KE INDONESIA?

Pemain futsal terbaik dunia Ricardinho resmi gabung selama 3 bulan dengan Pendekar United Jakarta milik Atta Halilintar. Apakah bisa kehadirannya dapat meningkatkan kualitas futsal di Indonesia? Begini penjelasannya.

title

FROYONION.COM - Pecinta futsal tanah air pagi ini digemparkan dengan postingan pemain futsal terbaik dunia asal Portugal, Ricardo Filipe da Silva Braga atau Ricardinho yang menyatakan bahwa dirinya akan memperkuat klub Liga Futsal Profesional asal Indonesia, Pendekar United setelah memutuskan hengkang dari klub asal Prancis, ACCS Futsal. Rencananya, pemain berusia 36 tahun ini akan dikontrak selama tiga bulan atau sampai kompetisi liga futsal profesional Indonesia berakhir. Putaran kedua Liga Futsal profesional Indonesia rencananya akan berakhir Agustus 2022 mendatang. 

Seperti yang kita ketahui, Pendekar United merupakan klub futsal yang sebelumnya bernama Young Rior Luwu Utara yang pada musim 2021-22 ini diakuisisi oleh YouTuber terkenal Indonesia, Atta Halilintar dan bermarkas di Jakarta. Sebelumnya, keseriusan Atta Halilintar terjun di industri olahraga Indonesia diawali dari keberhasilan suami dari Aurel Hermansyah ini mengakuisisi klub yang bermarkas di Pati, Putra Safin Grup menjadi AHHA PS Pati (sekarang FC Bekasi City) berkolaborasi dengan pemilik PS Store, Putra Siregar. Proses akuisisi PSG Pati pun mendapat kecaman dari publik sepakbola karena suporter “giveaway” yang menurut orang-orang tidak menunjukan real fans di sepakbola. 

Meskipun begitu, Atta menunjukkan keseriusannya untuk terjun ke dunia futsal. Bentuk keseriusannya ditunjukkan dengan silaturahmi ke ketua umum federasi futsal Indonesia, Hary Tanoesoedibjo yang kemudian menjadikan YouTuber terkenal tersebut diangkat menjadi anggota exco federasi futsal Indonesia. Sebuah angin segar untuk futsal Indonesia mengingat kekuatan digital seorang Atta Halilintar tentu akan membuat futsal Indonesia semakin dikenal banyak orang.

Keberhasilan Atta Halilintar mendatangkan pemain mega bintang futsal dunia ini mendapat apresiasi tinggi oleh masyarakat pecinta futsal tanah air. Euforia futsal Indonesia saat berhasil meraih runner up di ajang AFF Futsal Championship dan medali perak SEA Games yang sebelumnya menimbulkan drama sebelum keberangkatan menjadi daya tarik untuk pemain asing datang ke Indonesia untuk bermain di Liga futsal Indonesia. 

Perpaduan penonton Indonesia yang fanatik, kehadiran Atta Halilntar dan prestasi tim nasional futsal Indonesia merupakan kombinasi yang dapat menghantarkan Ricardinho datang ke Indonesia. Sebelumnya, Banyak yang tidak menyangka bahwa peraih enam kali titel pemain futsal terbaik dunia itu bakal bermain di Indonesia. Ada juga yang mengatakan bahwa hijrahnya Ricardinho ini sebagai penurunan karir sang pemain karena hanya bermain di negara yang bahkan banyak orang tidak tahu lokasinya.

Sebelum datangnya Ricardinho, sebenarnya sudah banyak pemain asing yang bermain di Liga Futsal Profesional Indonesia. Kebanyakan pemain asing yang datang ke Indonesia berasal dari Brazil atau Iran. Perlu diketahui juga, sejak bergulir liga futsal profesional yang digagas oleh federasi futsal Indonesia tahun 2015, setiap klub diperbolehkan diperkuat oleh maksimal dua pemain asing bebas dari negara mana saja dengan syarat pernah memperkuat tim nasional negaranya. 

Selain pemain asing, klub liga futsal profesional Indonesia juga diperbolehkan merekrut pelatih asing dengan syarat harus memiliki lisensi kepelatihan futsal level tiga AFC atau sederajat. Apakah dengan kedatangan pemain mega bintang seperti Ricardinho bisa meningkatkan level liga futsal Indonesia? Tentu saja, kenapa. Ayo kita bahas satu persatu.

PEMAIN BINTANG DUNIA BISA JADI CONTOH PEMBELAJARAN PEMAIN LOKAL

Pemain asing yang datang dengan status mega bintang seperti Ricardinho bisa menjadi contoh pembelajaran baik untuk pemain futsal yang berlaga di Liga Indonesia, baik pemain lokal maupun pemain asing lainnya. Dengan pengalaman yang dimiliki, harapannya bisa menularkan ilmu, baik teknik, taktikal dan sikap didalam dan diluar lapangan yang baik agar bisa diikuti oleh pemain yang berkompetisi di Liga. 

MENINGKAT KUALITAS LIGA

Dengan kedatangan pemain asing berkualitas seperti Ricardinho bisa meningkatkan kualitas liga futsal negara kita. Tugas federasi futsal Indonesia adalah merapihkan kompetisi futsal yang ada di tanah air, seperti jadwal kompetisi, sistem kompetisi, strata kompetisi dan lain sebagainya. Dengan kompetisi yang tertata, kualitas liga akan meningkat. Selain itu juga, kedatangan pemain asing mega bintang tersebut juga bisa meningkatkan kualitas permainan tim yang berlaga di Liga Futsal Indonesia karena pemain yang bermain akan berusaha menunjukkan kualitas mereka di depan mereka.

MENINGKAT VALUASI LIGA

Pemain asing berkualitas atau pemain mega bintang yang datang ke Indonesia biasanya mendapatkan gaji yang sangat mahal dibanding pemain lokal. Dengan segala pengalaman yang dimiliki, nilai sang pemain akan semakin besar. Kedatangan mereka juga akan mendatangkan sponsor atau brand untuk mendukung perhelatan futsal di tanah air sekaligus mendukung industri olahraga yang baik yang sekarang sedang sering digaungkan di masyarakat. Selain itu, kehadiran pemain mega bintang juga dapat menghadirkan banyak penonton yang ingin menonton aksi mereka, baik secara langsung di stadion maupun di layar kaca. 

AJANG PROMOSI FUTSAL SEKALIGUS PENGGERAK INDUSTRI OLAHRAGA

Saat ini, olahraga di Indonesia sedang bergerak ke arah industri. Dengan kehadiran pemain mega bintang seperti Ricardinho bisa dimanfaatkan oleh federasi sebagai ajang promosi futsal ke kalangan masyarakat Indonesia yang diharapkan futsal juga bisa dijadikan olahraga yang menjadi industri karena banyak pihak yang terlibat dalam industri olahraga futsal yang hidup dari sana seperti pemain, pelatih, official tim, pemilik klub, penyewa venue pertandingan, pedagang kaki lima, konveksi jersey dan lain-lain. 

Selain itu, akan banyak media baik nasional maupun internasional yang akan aktif memberitakan futsal Indonesia. Tentu saja bagus untuk perkembangan futsal Indonesia agar futsal Indonesia bisa dikenal oleh lapisan pecinta futsal dunia.  

Semoga dengan kehadiran pemain futsal mega bintang dunia seperti Ricardinho bisa meningkatkan gairah futsal di Indonesia dan ini jadi tantangan bagi insan futsal di Indonesia. Cibiran pasti ada karena level tim nasional futsal kita belum menuju level dunia. Tentu ini akan menjadi tanggung jawab kita sebagai stakeholder futsal indonesia untuk memajukan futsal Indonesia untuk mengahrumkan nama negara dimata dunia melalui futsal. Tetap dukung futsal Indonesia ya, Civs. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Satrio Adi Pradipto

Hamba tuhan yang selalu mencintai sepakbola (dan kamu).