In Depth

REKOMENDASI JENIS KERJAAN ‘ENTRY LEVEL’ YANG BISA LO KERJAIN DI MANA AJA

Buat yang punya pengalaman kerja minim, terus lo pengen banget kerja hybrid atau dari mana, mungkin rekomendasi pekerjaan ini bakal cocok buat lo Civs!

title

FROYONION.COM - Kalian pasti tau kalo pandemi Covid-19 bikin semua berubah. Merubah aktivitas yang kita jalani setiap hari. Mulai dari sekolah, kuliah hingga bekerja yang biasa dilakukan luring, secara perlahan mulai bergeser lalu dilakukan secara daring atau jarak jauh.

Ngomongin kerjaan, sekarang udah mulai banyak perusahaan yang membuka model kerja dari rumah alias Work From Home(WFH). Menariknya, pekerjaan jarak jauh nawarin banyak manfaat Civs, misalnya kebebasan untuk bekerja dari mana aja, hemat waktu perjalanan, keseimbangan kehidupan kerja, dan banyak lagi.

Nah sebagai profesional tingkat pemula alias entry level, gue udah merangkum nih rekomendasi pekerjaan yang bisa lo tekuni dan kerjanya bisa banget dari mana aja. 

1. Software/App Development

Lo mesti tau kalo software development paling diminati sekarang Civs, belum lagi peluangnya besar banget di seluruh industri. Kalo lo suka mecahin masalah menggunakan bahasa web, program perangkat lunak dan teknologi, ini bisa menjadi pilihan karir yang tepat.

Apalagi kerjaan ini bisa banget dikerjain dari rumah, atau di mana pun yang lo pengen. Lo bisa kerja di Bali sambil liburan, bisa sambil nyambi lakuin kerjaan sampingan atau lo bisa kerja sambil menyalurkan hobi.

Kalo kata Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat, kerjaan software development ini diperkirakan bakal meningkat sebesar 22 persen antara 2020-2030.

2. Content Writing

Semakin berkembangnya informasi di internet, permintaan sebuah konten bakal meningkat. Coba lo perhatiin, informasi yang disajikan secara online, formatnya sangat menarik kan? baik itu blog, situs web, posting media sosial, dan banyak lagi.

Nah pekerjaan content writing ini banyak dibutuhkan oleh sebuah perusahaan Civs. Kenapa? Karena konten berupa tulisan ini sebagai dasar dari segala jenis pemasaran.

Sekarang makin banyak perusahaan yang membutuhkan jasa content writing, jumlah peluang buat para entry-level atau freelancesangat berlimpah di bidang ini. Salah satunya di Froyonion Media yang nawarin siapapun bisa jadi kontributor. Apalagi kerjanya bisa di mana aja, lo tertarik kan?

3. Desain Grafis

Kalo lo kreatif dan punya bakat estetik dengan memperhatikan detail yang lebih halus, mungkin desain grafis bisa jadi pilihan. Pekerjaan ini memungkinkan lo punya kebebasan buat eksplorasi ide-ide kreatif saat bekerja dari rumah.

Sekarang udah makin banyak bisnis yang fokus pada kehadiran komunikasi visual. Nggak bisa dipungkiri kalo desainer grafis semakin dibutuhkan. Biar makin ciamik, lo mesti bisa menyampaikan pesan dan ide ke audiens dengan mengembangkan visual yang menarik.

4. Digital Marketing

Pekerjaan digital marketing memungkinkan lo bekerja dari jarak jauh dari lokasi mana pun dengan koneksi internet. Pekerjaan yang lebih banyak mempromosikan merek dagang, mulai dari menyusun strategi profil media sosial, situs web, iklan, peringkat mesin pencari, dan banyak lagi.

Digital marketing mungkin jadi pilihan karir yang bagus kalo lo seseorang yang kreatif, ambisius, strategis, dan analitis. Prospek kerjanya juga nggak perlu dipertanyakan lagi, karena pekerjaan ini dibutuhkan oleh setiap perusahaan, baik untuk perusahaan besar atau usaha kecil yang ingin berkembang dengan potensi pertumbuhan yang tinggi.

5. Sales Representative

Nah pekerjaan satu ini cocok banget buat lo yang suka banget jualan. Pekerjaan sales representative kan biasanya bekerja di sekitar meja kerja dan mengangkat telepon. 

Tapi sekarang, udah banyak perusahaan yang sadar kalo pekerjaan seperti ini nggak perlu berada di depan meja kantor. Pekerjaan ini bisa banget bikin lo kerja dari mana aja.

Yang penting lo punya skill komunikasi yang baik, keterampilan persuasif, dan pengetahuan untuk menerapkan strategi penjualan. Dengan kemampuan ini lo bakal tanpa batas menjangkau dan menawarkan prospek ke seluruh dunia.

6. Online Tutor

Pas banget di era pandemi saat ini, metode pembelajaran online melonjak iya nggak? Sadar atau nggak, belajar sekarang lebih nyaman dan efektif karena kemajuan teknologi dalam platform komunikasi dan e-learning.

Beberapa dari kita mungkin udah coba pekerjaan ini. Dengan sejumlah platform pembelajaran online seperti Udemy dan LinkedIn Learning, peningkatan keterampilan kursus online jadi gampang banget buat tutor dan pelajar.

Buat lo yang baru mulai, ini juga jadi cara terbaik untuk masuk ke bidang pendidikan dan berbagi pengetahuan akademis yang lo punya dengan sejumlah siswa di seluruh dunia. Tentunya duduk manis saja dari rumah.

7. Recruiting

Pekerjaan merekrut kandidat online nampaknya udah diterapkan di berbagai perusahaan nggak sih? Bahkan jarang banget sekarang perekrut lakuin tugasnya pake cara-cara tradisional, seperti wawancara tatap muka, psikotest dan tes lainnya.

Kalo dibandingin sama perekrut tradisional, mereka mungkin nggak bisa tahu kandidat secara langsung. Namun, perekrutan online jadi bidang yang paling berkembang dan banyak manfaat untuk dipertimbangkan Civs.

Kalo menurut Fortune Business InSights, pada tahun 2027, pasar rekrutmen online global bakal mencapai 43,39 miliar dollar, naik dari 28,68 miliar dollar pada tahun 2019. Karena semakin banyak profesional yang mencari pekerjaan jarak jauh, kebutuhan akan tren perekrutan online juga meningkat untuk merekrut tenaga kerja jarak jauh.

Lo yang punya background atau pengalaman merekrut kandidat, tertarik nggak sih kerja jarak jauh? Biar work life balance lebih maksimal hehe.

8. Penerjemah dan Ahli Transkrip

Terakhir Civs, penerjemah dan ahli transkrip. Yap mereka bekerja di berbagai bidang layanan bahasa. Tugas penerjemah mengkonversi format teks dari satu bahasa ke bahasa lain, sedangkan ahli transkrip bekerja untuk mengubah file audio atau video menjadi dokumen teks.

Nah pekerjaan ini bisa banget kerja dari mana aja. Cuman butuh laptop sama koneksi internet. Tapi untuk sukses di pekerjaan ini lo mesti punya kemampuan berbicara dan menulis dengan lancar, seenggaknya dua bahasa, dan punya keterampilan komunikasi dan menulis yang sangat baik.

Segitu dulu Civs rekomendasi jenis pekerjaan entry level yang bisa gue jelasin. Kalo menurut lo, kerjaan mana sih yang lo banget atau yang lagi coba lo tekuni sekarang? (*/)

BACA JUGA: CARA TEPAT MENJAWAB PERTANYAAN WAWANCARA KERJA SOAL GAJI YANG DIINGINKAN

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.