Tips

MENATA ULANG KAMAR TIDUR: LANGKAH KECIL UNTUK SEBUAH PERUBAHAN BESAR DI TAHUN BARU

Sebagai manusia, kita seringkali menginginkan perubahan pada diri kita. Tapi, seringkali kita bingung untuk menentukan langkah awal untuk memulai perubahan tersebut.

title

FROYONION.COM - Civs, lo pastinya pernah mendengar istilah “new year new me”. Istilah ini umumnya akan lo jumpai ketika masa pergantian tahun. Dan karena kita baru saja memasuki masa pergantian tahun, istilah “new year new me” ini mulai sering kita jumpai. 

Tapi nih Civs, nyatanya untuk memulai resolusi “new year new me” bukanlah hal yang mudah. Seringkali kita bingung dengan langkah awal untuk memulai resolusi tersebut. Karena seringkali kita memikirkan resolusi kita terlalu jauh sampai-sampai melupakan langkah awal yang sebenarnya menjadi penentu dari terealisasinya resolusi yang kita inginkan. 

Dan sebuah langkah awal nggak melulu harus dimulai dengan sesuatu yang besar. Karena gini, gua sangat percaya dengan kalimat:

“Sebelum memulai perubahan besar, ada baiknya kita melakukan perubahan kecil terlebih dahulu.”

Lo ga perlu mengawali perubahan pada diri lo dengan sesuatu yang besar, nggak ada salahnya mengawali perubahan dengan sebuah langkah kecil. Dan salah satu langkah kecil yang akan mengawali perubahan pada diri lo adalah dengan menata ulang kamar tidur lo.

Yes, menata ulang kamar tidur lo. Lo mungkin akan mengira hal ini adalah hal receh yang ga punya pengaruh terhadap hidup lo, tapi nyatanya menata ulang kamar tidur dapat membawa pengaruh besar dalam kehidupan lo. 

Nyatanya, dengan menata ulang kamar tidur lo, lo bisa mulai merealisasikan resolusi “new year new me.” yang selalu diimpikan oleh banyak orang. 

So Civs, melalui tulisan ini gua akan memberikan lo alasan mengapa menata ulang kamar tidur dapat menjadi sebuah langkah untuk mengawali perubahan pada diri lo. So, simak baik-baik ya!

BACA JUGA: PERNAH HILANG MINAT SAMA HOBI/KERJAAN LU? GINI CARANYA BUAT NUMBUHIN BALIK MOTIVASI LU!

CERMINAN KEPRIBADIAN 

Kamar tidur ga bisa dipungkiri menjadi salah satu tempat yang dianggap paling aman dan paling privat untuk kita. Dan ga jarang juga banyak kegiatan-kegiatan produktif yang lo lakuin di kamar lo. 

Nyatanya, kamar tidur adalah sebuah representasi dari kepribadian diri lo Civs. Salah satu Psikolog ternama yaitu Profesor Sam Gosling dari University of Texas menjabarkan mengenai jenis-jenis kamar dan kepribadian seseorang. 

Buat lo yang punya kamar dengan gaya minimalis, menurut Prof Sam Gosling, lo merupakan seseorang dengan kepribadian sederhana dan cenderung memiliki sifat jujur atau lebih suka berterus terang dan ga banyak mengeluh atas pekerjaan yang sedang dilakukan. 

Di satu sisi nih Civs, buat lo yang memiliki kamar yang berantakan, menurut Prof Sam Gosling, lo adalah pribadi yang cenderung ga bisa diandalkan dan seringkali melalaikan tugas atau pekerjaan. 

Dari penjelasan ini, lo boleh mulai melihat keadaan kamar lo nih Civs, apakah kamar lo minimalis dan cenderung rapi, atau justru malah kebalikannya? Dan ketika lo udah menemukan jawaban atas keadaan kamar lo, ada baiknya lo mulai memikirkan perubahan apa yang akan lo lakukan. 

Karena bisa aja sikap lo yang malas dan cenderung melalaikan tugas bisa jadi disebabkan juga oleh keadaan kamar lo. Sehingga, salah satu langkah awal untuk merubah sifat tersebut adalah dengan menata ulang kamar lo, sehingga dengan adanya rasa tanggung jawab atas ruang privat lo sendiri, perlahan lo juga akan mulai memiliki rasa tanggung jawab atas tugas yang lo miliki. 

SUASANA SEGAR

Sebagai anak muda, kita seringkali jenuh dengan rutinitas yang kita lakukan. Dan rasa jenuh tersebut seringkali kita buang dengan cara healing ke beberapa tempat untuk mencari suasana baru. 

Nah buat lo yang belum bisa traveling untuk healing lo ga perlu khawatir Civs, nyatanya lo bisa mendapatkan suasana baru dari tempat yang sama dengan cara merubah suasana keadaan tersebut. 

Ga bisa dipungkiri, kamar tidur beserta kasur adalah tempat ternyaman untuk kita. Tapi seringkali karena rutinitas dan suasana yang sama, seringkali kita merasa jenuh dan akhirnya istirahat di kamar menjadi hal yang sulit. 

Dengan menata ulang kamar tidur lo Civs, setidaknya lo dapat merubah suasana kamar tidur lo menjadi menjadi lebih fresh sehingga ketika kita merasa penat dengan rutinitas yang harus kita lakukan, kamar tidur dapat memberikan suasana baru yang membuat istirahat lebih nyaman. 

Dan menata ulang kamar tidur lo pun memberikan dampak lain selain memberikan suasana baru ketika beristirahat. Sebelumnya, gua udah sempat menyinggung kamar tidur sebagai tempat di mana kita melakukan kegiatan-kegiatan produktif. 

Dengan adanya suasana baru di kamar tidur, kegiatan-kegiatan produktif yang akan kita lakukan setidaknya akan lebih maksimal dan efisien karena adanya suasana baru tersebut. Seenggaknya, kamar tidur lo ga memberikan suasana yang itu-itu aja, sehingga lo terus merasa fresh di kamar tidur lo. 

Jadi lo ga perlu jauh-jauh ke Bali untuk mencari suasana baru nih Civs, cukup tata ulang kamar tidur lo untuk memberikan suasana baru gua rasa sudah cukup untuk memberikan kesan refreshing di tubuh dan pikiran lo. 

TEMPAT MEMULAI DAN MENGAKHIRI HARI

Sejatinya, kamar tidur adalah tempat pertama untuk memulai dan mengakhiri hari. Dari sini lo bisa paham Civs, sejatinya kamar tidur ya emang merupakan bagian terpenting dari diri lo. 

Dari awal bangun tidur untuk mengawali hari, lo mulai dari tempat tidur di kamar tidur lo, dan ketika lo pulang untuk beristirahat dari kegiatan lo, lo datang ke kamar tidur lo untuk beristirahat.

Simpelnya, kamar tidur adalah adalah saksi dari hidup lo, jadi sangat penting untuk memiliki kamar tidur yang benar-benar membuat diri lo nyaman. Dan ketika kamar tidur lo ga nyaman, tentunya hal tersebut akan berpengaruh ke kehidupan lo. 

Salah satu buku berjudul “Make Your Bed: Little Things That Can Change Your Life..And Maybe The World” Karya seorang pensiunan laksamana bintang empat Angkatan Laut Amerika yaitu William McRaven  menjelaskan bahwa, membereskan tempat tidur adalah cara termudah untuk menjadikan seseorang menjadi lebih produktif. 

Dari sini mungkin lo bisa mengambil pelajaran Civs, bahwa menata ulang kamar tidur adalah langkah kecil yang bisa lo mulai untuk melakukan perubahan untuk diri lo. Emang sederhana, tapi kalau lo terus konsisten dan disiplin, pastinya perubahan positif akan mengikuti lo. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Radhytia Rizal Yusuf

Mahasiswa semester akhir yang hobi menonton anime dan memiliki ketertarikan dalam berbagai budaya populer seperti, anime, J-pop, K-Pop