In Depth

APA AJA BISNIS ANAK MUDA YANG PALING DATENGIN CUAN DI TAHUN 2023?

Cari kerjaan makin susah sekarang, Civs. Jangan putus asa. Coba bisnis kecil-kecilan, Civs. Nih beberapa ide buat lo yang mau nyoba bisnis dari nol.

title

FROYONION.COM - "Pebisnis itu harus nyentrik," kata almarhum Om Bob Sadino.

Bob Sadino adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang sukses dan jadi panutan banyak orang. Nama aslinya adalah H. Bambang Mustari Sadino, tapi lebih terkenal dengan Bob Sadino.

Om Bob Sadino meninggal di tahun 2015. Semasa hidupnya, beliau punya banyak bisnis. Salah satu yang paling terkenal adalah bisnis di bidang pangan dan peternakan.

Om Bob Sadino juga terkenal karena punya gaya yang nyentrik. Beliau sering terlihat cuma pakai kemeja lengan pendek dan celana pendek. Tapi, penampilan itu justru bikin beliau terlihat unik.

Itulah sedikit gambaran tentang sosok Om Bob Sadino yang jadi kiblat sejumlah pengusaha muda. Tapi, kali ini bukan mau bahas profilnya beliau. Melainkan warisan semangat dari beliau dalam membangun bisnis bagi anak muda.

BISNIS PALING CUAN UNTUK ANAK MUDA

Banyak anak muda zaman sekarang yang berpikir idealis banget. Banyak di antara milenial bahkan Gen Z ogah jadi PNS. Padahal PNS itu identik dengan pekerjaan idaman mertua.

Menurut survei dari Morning Consult, pada 30 Mei 2022 ada 70 persen gen Z memprioritaskan gaji yang layak. Sementara 60 persen Gen Z juga memprioritaskan karier yang sukses.

Jadi PNS sekarang bukan lagi jadi incaran utama anak muda. Buktinya banyak calon pegawai negeri sipil atau CPNS yang sudah dinyatakan lolos tahap seleksi akhir tapi putusin untuk mengundurkan diri. Alasannya apa? Ya, karena gajinya kecil.

Terus, mau ke mana anak-anak muda ini kalau nggak jadi PNS? Mungkin pertanyaan ini juga lagi lo tanyain ke diri lo sendiri. Mau jadi apa gue?

Banyak pilihan yang bisa lo ambil untuk jadi orang sukses. Apalagi sekarang zamannya teknologi yang memungkinkan lo punya akses informasi ke seluruh dunia. Nggak terkecuali soal bisnis.

Ya, bisnis jadi salah satu opsi yang paling berpotensi di tahun 2023. Banyak anak muda yang terjun ke dunia bisnis. Tapi, nggak sedikit juga yang justru gagal.

Jadi, bisnis apa yang paling cocok buat anak muda di tahun 2023? Berikut jawabannya:

1. Warung Kopi

Pasti lo suka nongkrong sambil ngopi, kan? Apa tempat lo ngopi cuma satu aja? Nggak, kan. Pasti ada beberapa.

Kenapa lo nggak berpikir jadi owner warung kopi itu, bukan cuma jadi pelanggan setianya aja. Padahal, bisnis warung kopi di tahun 2023 lagi naik daun, loh.

Warung kopi kecil-kecilan bisa jadi pilihan bisnis anak muda yang cukup menjanjikan. Lo bisa meraup untuk jutaan rupiah dari jualan kopi ini. Apalagi kalau lo punya banyak temen nongkrong, tentu pasarnya jadi lebih gede.

Tapi, bisnis warung kopi juga ada ilmunya. Nggak mau kan kalau bisnis warung kopi yang lo bikin cuma bertahan beberapa bulan. 

Ada ilmu bisnis yang harus dipelajari dulu sebelum benar-benar terjun. Mulai dari racikan kopi, menggunakan alat-alatnya sampai trik marketingnya.

Beberapa keuntungan yang lo kantongin kalau lo punya temen-temen yang suka ngopi. Selain itu, lo juga bisa manfaatin media sosial sebagai media pemasaran yang murah meriah.

2. Jastip

Siapa yang nggak kenal istilah jastip. Atau bahkan mungkin lo pernah menggunakan jasa yang satu ini.

Jastip sebenarnya adalah model bisnis yang simpel banget. Gampangnya, lo jadi perantara buat temen-temen yang mau beli barang tertentu.

Awalnya jastip ini cuma menawarkan produk atau barang langka dari luar negeri. Tapi, sekarang jastip berkembang dan bisa melayani penitipan barang di dalam atau antar kota.

Bisnis jenis ini sistemnya pre-order atau PO. Jadi, lo bikin kesepatakan dulu dengan calon pembeli dan mereka wajib bayar di awal baru beli barangnya. Sistem ini aman banget bagi lo yang takut ketipu.

Lo mungkin akan tertarik dengan keuntungan yang ini. Bisnis jastip nggak butuh modal, sekali lagi, nggak butuh modal. Karena sistemnya PO, jadi lo nggak perlu siapin uang untuk beli produk.

Uangnya tentu aja dari calon pembeli yang bayar duluan waktu kesepakatan tadi. Biar untung, lo naikin sedikit harga jualnya. Tapi inget, janga ketinggian.

Sebenarnya nggak ada kerugian yang sangat signifikan dari bisnis jastip. Satu hal yang perlu lo garis bawahi paling adalah foto produk. 

Foto produk yang mau lo pasarin tentu aja terbatas. Lo juga nggak punya waktu yang bebas buat ambil foto, catat detail produk dan masarinnya.

Tapi, bisnis ini bakal jadi cuan banget kalau lo punya temen-temen yang hobi belanja. Atau kalau lo punya banyak kenalan penjual makanan, bisa tawarin menu-menu menarik ke orang lain.

3. Event Organizer

Opsi bisnis paling cuan ketiga adalah event organizer atau EO. Sama seperti jastip, EO juga cenderung nggak butuh modal.

Hal yang harus lo punya untuk jalanin bisnis EO adalah pengalaman dan kepercayaan klien. Jadi, penting banget buat lo punya vendor yang terpercaya.

Beberapa vendor yang perlu lo gandeng adalah perlengkapan acara, dekorasi, maupun sound system. Kalau lo mau harga yang lebih murah, maka lakukan repeat agar mereka percaya.

Hal yang nggak boleh lo lupakan juga kepercayaan dari klien. Gimana cara bikin orang-orang percaya sama pekerjaan yang lo buat?

Caranya gampang, jalin komunikasi dengan klien. Baik secara formal maupun personal. Bangun kedekatan dengan klien supaya mereka lebih kenal dan percaya sama lo.

Kemudian terkait sama modal acaranya, lo bisa gandeng relasi dan sponsor biar dukung acara lo. Pastikan sponsor yang diajak punya kredibilitas dan bisa lo percaya.

Itulah rekomendasi bisnis anak muda yang paling datengin cuan di tahun 2023. Selain ketiga bisnis di atas, pasti ada bisnis lain yang bisa disesuaikan dengan kemampuan lo.

Jadi, jangan terpaku sama rekomendasi bisnis ini. Tapi, gali potensi dan kemampuan yang lo punya. Supaya apapun yang lo lakuin bakal langgeng dan untung. Selamat mencoba! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Diyo Suroso

Jurnalis dan content writer