Tips

5 KREASI PISANG GORENG UNTUK IDE BISNIS ANAK MUDA

Pisang goreng adalah camilan sejuta umat Indonesia. Bisa dinikmati semua kalangan dan bisa cocok di momen apapun. Well, seperti yang lo tahu juga, baru-baru ini dinobatkan jadi cemilan terenak di dunia. Nah, intip yuk kreasinya buat ide bisnis biar makin cuan!

title

FROYONION.COM - “Siapa sih yang ga ngerti pisang goreng?” 

“Siapa sih yang ga suka makan pisang goreng?”

Atau “Lo malah pengabdi pisang goreng?”  

Kabar gembira buat kita semua karena pisang goreng baru-baru ini dinobatkan jadi cemilan terenak di dunia versi Taste Atlas. Sebagai cemilan terenak numero uno di daftar “Best Deep-Fried Dessert in The World dengan poin 4.6, rasa pisang goreng yang otentik ini memang bisa dinikmati semua kalangan dan di momen apapun. 

Pisang goreng ini cara bikinnya gampang banget karena bahan bakunya mudah didapatkan. Apalagi kalau sudah ada di daerah pedesaan. Lo bakalan terbiasa melihat pemandangan pohon pisang yang pisangnya berbuah banyak sekali. Asal lo tahu saja Civs, kalau semua pisang itu bisa dijadikan pisang goreng tapi pastinya karena jenis pisang yang banyak, rasa dan teksturnya akan berbeda.  

Rahasia pisang goreng nikmat itu ada dari bahan utamanya. Buat gue nih, kasta tertinggi pisang yang enak buat digoreng itu adalah jenis pisang kepok, pisang raja, pisang uli, pisang tanduk dan pisang nangka. Jenis-jenis pisang itu pas banget buat dijadikan olahan pisang goreng karena rasa manis dan teksturnya pas. 

Biasanya pisang goreng ini gue sajikan simpel karena bermodal lumuran tepung terigu dan vanili tanpa tambahan gula pasir gue goreng sampai warna keemasan dan setelah gue tiriskan gue lahap waktu selagi hangat. 

Tapi asal lo tahu, kalau pisang goreng ini bisa diolah dengan berbagai macam kreasi yang pastinya semakin meningkatkan selera makan. Bukan hanya karena bahan baku mudah didapatkan, harganya juga relatif ramah di kantong. 

Ga cuma itu aja, Civs. Bertepatan dengan momen pisang goreng yang beken dan go international karena ada di urutan pertama cemilan terenak dunia, jiwa berbisnis gue meronta-ronta. Momen yang pas banget kan buat memulai bisnis olahan pisang.  Berikut 5 kreasi pisang goreng yang bisa jadi ide bisnis biar lo makin cuan:  

1. PISANG GORENG NUGGET

Pisang goreng ini adalah perpaduan pisang yang digoreng tapi lapisannya ga cuma tepung terigu. Modelnya pas sudah matang nanti mirip risoles karena ada lapisan tepung roti biar bentuknya makin cantik. 

Pisang goreng nugget ini bisa lo buat cukup mudah. Selain bahan utama pisangnya lo siapkan, gue merekomendasikan pisangnya adalah jenis pisang kepok, ada juga vanili jangan sampai terlewat. Setelah itu lo siapkan aja adonan tepung terigunya tapi sebelum lo goreng, lo perlu melapisi pisang yang sudah berlumur tepung dengan tepung roti. 

Setelah itu lo bisa goreng deh pisangnya sampai warna keemasan dengan apikecil. Sajikan pisang goreng ini di mika dan tambahkan susu coklat sebagai pelengkap. Manisnya susu coklat dan lembut krispinya pisang goreng nugget akan memanjakan lidah lo. Cobain deh pasti banyak yang ketagihan. 

BACA JUGA: TIPS BIKIN BISNIS DARI NOL BUAT ANAK MUDA

2. PISANG GORENG LUMPIA 

Lo pasti udah familiar sama lumpia? Biasanya lumpia itu isiannya sayuran, telur maupun daging. Tapi dengan sedikit kreasi lo bisa membuat pisang goreng lumpia.  

Pertama-tama lo siapin kulit lumpia. Sekarang udah banyak kok yang jualan kulit lumpia dengan harga yang ga bikin kantong bokek. Tujuannya beli kulit lumpia biar hasil akhir goreng pisangnya nanti krenyes-krenyes ya, Civs! 

Jadi lo perlu siapkan kulit lumpia. Selanjutnya lo bisa siapkan pisang tanduk dan juga meises buat jadi isian. Cara bikinnya gampang banget.

Setelah pisang siap lalu potong pipih pisang dan tambahkan meses diatas potongannya. Biar ada rasa gurihnya, lo bisa oleskan mentega di semua permukaan kulit lumpia dan bisa lo lipat seperti ketika lo membuat lumpia. 

Setelah itu bisa deh lo goreng. Ingat ya minyak gorengnya harus panas dan apinya kecil. Biar apa sih, Civs? Manfaatnya itu buat menjaga tekstur si pisang biar paripurna dan matang secara sempurna. 

Kreasi ini bisa lo sajikan independen. Maksudnya itu tanpa ada tambahan topping apapun karena rasanya udah maknyus. Krenyes-krenyes manis gurih, siapa yang bisa nolak? 

3.  PISANG GORENG COKELAT LELEH 

Selanjutnya ada pisang goreng coklat leleh. Kalau lo berpikir ini adalah pisang goreng original yang dicocol saus cokelat, lo keliru haha. Melelehnya coklat ini nanti ketika lo gigit, coklatnya nanti bakalan lumer di mulut lo. 

Jadi biar ga salah paham lagi, lo perlu siapkan pisang jenis apapun dan potong jadi dua bagian, batangan coklat yang dipotong-potong persegi panjang, adonan tepung terigu, tepung panir, air dingin dan vanili. 

Potongan pisang tadi lo belah setengah dan isi dengan potongan coklat. Setelah itu masukkan pisang tadi ke adonan tepung terigu yang udah lo buat dan lapisi dengan tepung panir lalu goreng. Hasil akhir pisang goreng coklat leleh ini bisa lo sajikan dengan saus coklat sebagai cocolan biar lebih estetik dan yummy. Jadi sekali gigit bakalan meleleh dan lumer di mulut. 

4. PISANG GORENG KACANG KRISPI

Siapa bilang krispi dari pisang goreng cuma berasal dari adonan tepungnya? Cita rasa krispi pisang goreng sebenarnya sudah melegenda tapi siapa sangka kalau dengan lapisan kacang, lo bisa menikmati krispi dan krenyes lebih dahsyat. Apalagi kalau udah di kasih pasta coklat. Aduh duh juara deh rasanya. 

Cara bikinnya mudah banget. Lo siapkan pisang jenis apapun, kacang tanah kupas yang sudah dicincang kasar dan adonan tepungnya. 

Seperti lo buat pisang goreng original, tinggal celup pisang ke adonan tepung kemudian gulingkan di wadah berbeda yang berisi kacang tanah cincang kasarnya. Setelah itu bisa mulai digoreng. Mudah banget kan? 

Biar lebih menarik lagi lo bisa sajikan di mika dan tambahkan topping pilihan pasta coklat dan pasta keju yang dibuat meliuk-liuk. Pasti deh lo bakal kebanjiran order. 

5. PISANG GORENG RAMBUTAN 

Inget ga lo sama bentuk buah rambutan? Bulat dan ada rambut jabrik di kulit luarnya. Nah, kreasi pisang goreng ini juga mengadaptasi dari si rambutan karena berambut-rambut. 

Persiapannya cukup simpel karena selain buah pisang yang lo potong jadi tiga-empat bagian, lo juga perlu menyiapkan kulit pangsit dan seperti biasa adonan tepungnya. Fungsi dari kulit pangsit sebagai rambut pelapis si pisang goreng. Karena kulit pangsit perlu dipotong memanjang halus.  

Setelah adonan siap, lo bisa celupkan pisang ke adonan dan gulingkan ke kulit pangsit. Setelah itu goreng deh sampai warna keemasan. Kriuk-kriuk kulit pangsit bakalan nagih banget. Apalagi tampilan si pisang goreng dengan jabriknya kulit pangsit akan menggoda siapapun buat beli. 

Itulah, Civs ide bisnis olahan pisang goreng yang gue harap bisa lo coba di momen pisang yang lagi go international. Pisangnya mudah didapatkan, harganya ramah ga bikin bokek, terus cara buatnya yang simpel jadi alasan gue buat merekomendasikannya. Gimana, siap buat berbisnis kreasi pisang goreng? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lailatul Nur Aini

Penikmat kata yang meleburkan diri dalam rangkaian sejalan. Keep in touch! Bisa banget chit-chat sama gue melalui DM Instagram