Tips

4 KEUNTUNGAN PINDAH KERJA YANG NGGAK TERLINTAS DI PIKIRAN LO

Banyak yang bilang generasi Z sekarag itu “kutu loncat” karena hobinya pindah kerjaan. Padahal banyak juga lho manfaat dari pindah kerja, Civs.

title

FROYONION.COM - Banyak banget konten di media sosial yang nunjukkin seolah generasi Milenial tuh nggak loyal sama perusahaan karena sering pindah kerja. Ada yang karena gaji lebih tinggi, ada juga yang karena nggak kuat sama kerjaan. Jadi nyari kerjaan lain yang lebih bisa ditolerir.

Meskipun gue juga nggak menyarankan untuk pindah perusahaan tiap setahun sekali, tapi dengan rutin pindah pekerjaan, kita juga bisa sekaligus ganti suasana. Kenapa ganti suasana jadi hal yang lumayan penting?

1. MEMPERLUAS COMFORT ZONE

Kata orang, “the magic happens outside your comfort zone.” Ketika kita ada di satu comfort zone terlalu lama, biasanya perubahannya nggak signifikan. Atau malah kita nggak belajar sama sekali. 

Ketika kita udah nyaman dengan rutinitas di kantor sekarang, terus terima tawaran dari kantor lain, pasti ada perasaan deg-degan di hari pertama, kayak “Gimana ya kerjaannya” atau “Temen-temennya asik nggak ya? Bos gue yang baru galak nggak ya?” 

Eh ternyata semua bisa dilalui. Meski harus susah belajar skills baru, tapi lo jadi punya satu skill lain kan? Meski ada satu temen yang rese (tapi di mana sih yang ngga ada orang reseknya? Nggak ada juga kan), tapi lo jadi kenal temen-temen baru lainnya yang asik. Meski bosnya banyak ngasih kerjaan, tapi lama-lama lo juga terbiasa sama dia.

Abis itu, tau-tau lo merasa nyaman juga di tempat baru. Pindah lagi deh, buat melatih survival skills kita, Civs. Makin banyak terpapar sama macem-macem skills berbagai tipe orang, banyak jenis bos, makin santai juga mindset kita kalau ada tantangan. Karena udah terbiasa nggak gampang nyerah.

Salah satu kepuasan kerja itu juga dilihat dari seberapa besar kita berkembang. Kalo stuck di situ-situ aja, well besar kemungkinan kita bakal cepet bosen sama rutinitas yang monoton.

2. NAMBAH SKILLS BARU 

Yang ini udah jelas lah ya. Masih di satu industri aja, beda perusahaan bisa belajar beda skill. Apalagi kalo beda industri. Ini kenapa, banyak juga yang bilang sebaiknya stay di perusahaan tuh sekitar 2-3 tahun. Kalo terlalu singkat, skill yang lo dapet juga masih belum mateng. Kalo terlalu lama, cenderung bisa nyaman dan kurang berkembang.

Pertimbangin buat pindah bidang, tapi masih dalam satu industri. Misalnya, portofolio dan skill yang lo udah bangun selama ini di marketing. Perusahaan pertama tempat lo kerja di bidang fast moving consumer good. Di sini lo jadi belajar seluk beluk marketing food and beverage, personal care. Ketika pindah kerja, bidang perusahaan berikutnya ternyata di bidang jasa. Lo belajar hal yang lain lagi.

Semua skills dan exposure yang lo dapet di tempat kerja sebelumnya bisa membangun portofolio yang bagus dan beragam, dengan lo tetep punya satu benang merah. Konon ini juga yang bikin Nadiem Makarim jadi punya bekal buat bangun Gojek. Dia belajar banyak dari pengalaman sebelumnya jadi konsultan, Zalora, dan Kartuku. Beda-beda banget kan bidangnya?

3. KOLABORASI NETWORK 

Selain punya skills baru, tentu lo juga akan punya temen-temen baru. Siapa yang tau kita akan butuh siapa di masa depan?

Banyak cerita, datangnya kesempatan baru justru dari teman lama. Orang-orang yang kena layoff waktu pandemi dan resesi, juga banyak yang dibantu sama temen-temen lama. Di tempat barunya, mereka tau posisi-posisi yang kosong dan nawarin ke temennya.

Bukan cuma kita yang dibantu, tapi kita juga bisa bantu. Selain tawaran kerjaan, kalo lo cukup konsisten dengan personal branding, orang-orang juga akan nyamperin lo kalo mereka butuh bantuan buat side projects. Misalnya, lo cukup nunjukkin kalo suka nulis. Next time temen lo butuh saran tentang nulis, dia bisa hubungin lo dan mungkin nawarin kerjasama.

 4. PENINGKATAN PEMASUKAN 

Anggap aja bonusnya tiap lo pindah kerja, lo bisa punya starting point yang lebih tinggi buat bargain. Tentu aja tetep hati-hati. Gaji lebih tinggi juga berarti tanggung jawabnya lebih gede, tugasnya lebih banyak. Jangan lupa make it clear di awal apa aja boundaries-nya kerjaan ini.

Tentu lo tetep bisa pindah ke perusahaan lain yang gajinya lebih kecil, tapi kerjaannya yang bener-bener lo pengenin. Salah satu keuntungan pindah kerja lo jadi tau berapa gaji yang wajar untuk kerjaan tertentu di bidang tertentu.

Nah, seringnya yang diliat dari orang yang suka pindah-pindah kerja itu dia cuma ngejar kenaikan gaji aja. Kenapa gitu? Karena emang yang keliatan cuma naik gajinya. Kalo gitu gimana caranya dong biar ngga keliatan kita cuma ngejar duitnya?

Punya target. Misal di perusahaan pertama, target lo adalah menguasai skill X. Ketika lo merasa udah cukup expert di situ, saat itulah lo harus tentuin, next mau belajar apa lagi? Misalnya, skill Y. Cari perusahaan lain yang bisa jadi tempat yang tepat lo belajar skill Y. Jadi resign-lah ketika tujuan lo udah tercapai.

Resign ketika lo mulai merasa nyaman. Lampu kuning kalo lo udah mulai merasa gini-gini aja, ngga ada hal baru yang menantang dan ningkatin skill lo. Jangan resign ketika lo ada konflik sama temen atau bos, karena keliatannya lo cuma mau lari dari masalah. 

Resign di puncak karier lo di perusahaan itu. Pas lagi bagus-bagusnya. Achievement terbaru lo itu yang bisa bikin target company lo selanjutnya tertarik buat hire lo.

Pindah kerjaan emang nggak selalu mudah, nggak nyaman, tapi kalo kita bisa atur dan rencanain karir kita pake strategi yang mateng, kita bisa stay up to date, punya beragam skills, dan kenal sama lebih banyak orang yang bisa buka pintu-pintu kesempatan lebih banyak lagi di masa depan. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Avida Sa'aya

Ibu anak dua yang suka nulis suka-suka. A human being with many interest. Suka jalan-jalan, tapi juga doyan mager di rumah.