Movies

MENGENAL PROMETHEUS DAN KERBEROS DALAM SERIAL ‘1899’ AGAR LEBIH MUDAH MEMAHAMI JALAN CERITA

Kali ini gue nggak akan spoiler terlalu dalam tentang serial ini, tapi tulisan ini akan membantu lo untuk memahami jalan cerita 1899.

title

FROYONION.COM - Kreator Dark kali ini hadir kembali dengan film serial terbarunya yang berjudul 1899. Duo Jantje FrieseBaran bo Odar ini sukses bikin kepala gue pusing ‘lagi’ dengan serial barunya. Netflix nggak salah lagi udah invest 48 juta euro di serial ini, nyatanya 1899 berhasil merajai Netflix TOP 10 di 55 negara dalam 2 hari saja.

Kenapa bikin pusing kepala ‘lagi’? Ya lo tau sendiri lah ya di series sebelumnya yang berjudul Dark itu serumit dan sekompleks apa. Banyak istilah dan misteri yang bisa kita kulik dari series Dark. Gue aja kudu nonton 2 kali di semua season dulu baru ngerti jalan ceritanya. Nah, ini juga berlaku di series 1899.

SINOPSIS

Cerita ini berawal dari sebuah kapal bernama Kerberos yang akan berlayar dari Eropa ke Amerika. Di tengah perjalanan, mereka menemukan kapal Prometheus yang sebelumnya diberitakan telah hilang selama 4 bulan di lautan lepas.

Tidak ada yang mengetahui apa yang terjadi dengan kapal Prometheus. Kapal tersebut hanya kapal kosong yang mengambang di atas laut. Ketika kapten kapal Kerberos mencari di mana semua penumpang kapal Prometheus, tiba-tiba ditemukan anak kecil yang bersembunyi di sebuah laci.

Di serial Dark, semuanya berawal dari hilangnya anak kecil di suatu kota terpencil yang terletak di tengah hutan. Nah, di 1899 ini, semuanya berawal saat anak kecil ditemukan di suatu kapal uap yang sangat besar. Premisnya memang sepele, tapi eksekusinya yang mind blowing banget.

Gue nggak akan ngomongin jalan ceritanya, atau beberapa karakternya, atau hal-hal rumit yang menjadi ciri khas duo kreator ini. Kali ini gue akan membahas mengenai kapal yang menjadi sorotan utama dalam serial ini, yaitu Prometheus dan Kerberos.

APA ITU PROMETHEUS DAN KERBEROS?

Kalau lo tertarik dengan cerita tentang dewa atau mitologi Yunani kuno, pasti lo nggak asing lagi sama yang namanya Prometheus. Dalam mitologi Yunani, Prometheus terkenal karena menentang para dewa dengan mencuri api yang mereka punya dan kemudian diberikan kepada manusia sebagai subjek penelitian. Prometheus ini salah satu dewa pemikiran dan penasihat licik, tapi dia jadi pelindung bagi umat manusia.

Berkat tipu muslihatnya yang mencuri api dari dewa, akhirnya Prometheus dihukum oleh Zeus (rajanya para dewa) dengan siksaan abadi. Ia diikat di sebuah batu kemudian Zeus mengirimkan elang agar bisa memakan Prometheus. Setelah dimakan oleh elang, Prometheus kemudian tumbuh lagi dalam selaman, dan keesokan harinya akan dimakan oleh elang lagi.

Nah, kalau Kerberos ini dalam mitologi Yunani adalah makhluk peliharaannya Hades yang digambarkan seperti anjing berkepala tiga dan dapat menyemburkan api. Kerberos ini menjaga tempat persemayaman Plato yang terletak di danau Stygian.

Kepala tiga Kerberos ini diwujudkan serupa dengan trisula atau simbol trinitas. Simbol tersebut terkait dengan tiga dorongan utama yaitu konservasi, reproduksi, dan spiritual. Kalau lo pernah nonton Harry Potter And The Sorcerer's Stone, makhluk ini digambarkan persis seperti yang udah gue sebutkan di atas dan dinamakan Fluffy. Dia bertugas menjaga pintu dunia bawah.

Namun, Prometheus dan Kerberos dalam dunia pemrograman memiliki arti tersendiri. Dikutip dari researchgate, Prometheus dapat membantu membuat system monitoring jaringan yang mudah dimengerti dan dapat membantu seorang system administrator. Prometheus akan mengambil data dari protokol SNMP dan memproses data  tersebut menggunakan exporter.

Hah? Maksudnya gimana sih? Jadi Prometheus ini pemograman untuk membuat realitas virtual. Pemrograman ini berfungsi sebagai pemantau jaringan komputer dan mengontrol sistem jaringan yang ada. Ini dilakukan agar resiko gangguan hingga kerusakan dalam suatu jaringan itu semakin kecil atau bahkan tidak ada. Terus Kerberos ini apa?

Kerberos ini adalah sebuah metode untuk melakukan autentikasi terhadap pengguna dalam sebuah jaringan yang besar dan terdistribusi. Kerberos menggunakan enkripsi kunci rahasia/kunci simetris dengan algoritma kunci yang kuat sehingga klien dapat membuktikan identitas mereka kepada server dan juga menjamin privasi dan integritas komunikasi mereka dengan server. Intinya Kerberos ini berfungsi untuk melindungi suatu jaringan agar tidak mudah diretas. 

LALU APA HUBUNGANNYA DENGAN SERIAL 1899?

Prometheus dan Kerberos dalam dunia pemrograman ini secara tidak langsung berhubungan dengan serialnya. Lo akan mengetahuinya ketika sudah menonton semua seriesnya. Beberapa hal penting akan terjawab di akhir episode dan kebenaran akan terungkap. Lo juga akan tau di akhir cerita bahwa apa sebenarnya Prometheus ini.

Gue nggak mau spoiler apa yang terjadi karena plot twist-nya emang bener-bener gila. Kemungkinan besar ini berhubungan dengan musim kedua karena di episode 8 diakhiri dengan open ending. Baran bo Odar mengakui bahwa akan ada musim kedua dan ketiga dengan cerita yang lebih rumit dari musim pertama ini.

Lo bisa nonton dulu di Netflix sebelum nanti banyak yang spoiler. Katanya starter pack nonton series ini tuh sedia kopi, buku catatan, sama obat tetes mata, wkwkwk. Gue saranin kalian kalau nonton di malam hari dalam keadaan gelap biar visualnya kelihatan sempurna. Duo kreator ini emang seneng banget ambil scene yang gelap gelap, heran gue. Tapi emang visualnya nggak ada lawan sih. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dynasti Savira

Investor Reksadana, pro player Blossom Blast Saga, pegiat hidup monoton, dan penikmat seni tapi bukan air. Motto hidup : Semua masalah pasti akan berlalu, iya berlalu lalang.