Movies

3 DETAIL DRAMA JEPANG ‘FIRST LOVE’ YANG MUNGKIN NGGAK LO SADARI

Terinspirasi dari lagu-lagu Utada Hikaru, drama Jepang berjudul ‘First Love’ yang tayang di Netflix ini ternyata punya banyak detail yang mungkin nggak lo sadari. Malahan, detail-detail inilah yang membuat drama satu ini jadi keren banget. Kira-kira apa aja ya?

title

FROYONION.COM - Rilis pada November 2022 lalu, drama Jepang First Love yang tayang di Netflix ini rame banget diomongin. 

Menceritakan tentang kisah cinta Noguchi Harumichi (Taisei Kido dan Satoh Takeru) dan Yae Noguchi (Rikako Yagi dan Mitsushima Hikari) yang saling jatuh cinta di bangku SMA. Namun cinta mereka terpaksa dipisahkan oleh keadaan selama berpuluh-puluh tahun hingga akhirnya mereka kembali dipertemukan layaknya sebuah takdir. 

Saking bagusnya drama ini, gue sampe nonton berulang-ulang. Abisnya visualnya cakep banget dan banyak detail yang bikin gue makin jatuh cinta sama drama Jepang yang terinspirasi dari lagu Utada Hikaru dengan judul yang sama, First Love. 

Sebenernya banyak detail-detail ini yang udah ditunjukkin di episode-episodenya, cuman lo nggak sadar aja. Abis tahu detail-detail ini, gue pribadi makin terpukau sama drama Jepang satu ini, Civs! Kuy disimak!

BACA JUGA: SELAIN PETUALANGAN SHERINA 2, INI FILM-FILM DRAMA INDONESIA YANG BAKAL TAYANG DI 2023

1. PENGAMBILAN GAMBAR DENGAN COLOR SCHEME YANG KONTRAS

Salah satu keunikan yang konsisten ditunjukkan dalam drama Jepang First Love ini adalah pengambilan gambarnya yang cantik banget. 

Menurut sutradara sekaligus penulis naskah First Love, Yuri Kanchiku, ia sengaja memperhatikan detail warna dalam setiap pengambilan gambar. Sehingga shot-nya selalu kontras dan menciptakan montase yang cantik. 

Salah satu shot di drama Jepang ‘First Love’ yang menyejukkan mata. Pengaplikasian skema warna yang kontras ditunjukkan dengan warna latar putih dan topi serta syal yang berwarna biru. (Foto: Netflix)
Salah satu shot di drama Jepang ‘First Love’ yang menyejukkan mata. Pengaplikasian skema warna yang kontras ditunjukkan dengan warna latar putih dan topi serta syal yang berwarna biru. (Foto: Netflix) 

Selain itu, Yuri juga lihai dalam menunjukkan keindahan Jepang kepada para penonton internasional. Karena First Love, gue yang tadinya cuma tahu Jepang sebagai negara yang sibuk dan padat jadi tahu kalo ternyata keindahan alam Jepang nggak kalah sama Indonesia. 

Dilansir dari salah satu video di YouTube Netflix, Takeru yang memerankan Harumichi pun merasa beruntung bisa syuting di Hokkaido dan menikmati keindahan alam di sana. Ditambah dengan teknik pengambilan gambar dan proses penyuntingan yang tepat, bikin drama Jepang First Love ini terasa teduh di mata. 

BACA JUGA: 4 REKOMENDASI DRAMA KOREA BERGENRE SLICE OF LIFE PALING SERU 2022

2. ALASAN YAE SUKA BUNGA LILAC

Di episode pertama kita dikasih tahu kalo Yae Noguchi suka banget sama bunga lilac. Ternyata ada alasan kenapa Yuri memilih bunga ungu ini jadi bunga kesukaan Yae. 

Dilansir dari Teleflora, dari mitologi Yunani bunga lilac melambangkan emosi pertama dalam cinta. Cocok banget sama tema drama ini yang nyeritain cinta pertama Yae dan Harumichi. 

Bahkan detail sekecil ini ternyata ada hubungannya ya sama jalan cerita. Mana pas banget lagi awal mula Yae dan Harumichi yang terpisah selama puluhan tahun dimulai dengan scene Harumichi yang ninggalin bunga lilac di taksi. 

Bunga lilac yang punya arti emosi pertama dalam cinta jadi salah satu detail penting dalam drama First Love. (Foto: Netflix)
Bunga lilac yang punya arti emosi pertama dalam cinta jadi salah satu detail penting dalam drama First Love. (Foto: Netflix) 

3. DETAIL AKTING PARA AKTOR MUDA

Seperti yang diketahui, tokoh Yae dan Harumichi muda diperankan oleh aktris dan aktor yang berbeda dengan tokoh mereya yang sudah dewasa. 

Untuk mendapatkan detail akting yang berkesinambungan, Rikako Yagi yang memerankan Yae muda dan Taisei Kido yang memerankan Harumichi muda harus memperhatikan bagaimana senior-senior mereka (Satoh Takeru dan Mitsushima Hikari) berakting. 

Contohnya saat ada adegan Harumichi dewasa yang merokok, Taisei juga harus memperhatikan cara Takeru memegang rokok. Diselipin di jari yang mana, cara menghisap rokoknya, serta ekspresinya saat menghembuskan asap rokok. 

BACA JUGA: DONGHUA, ANIME CHINA YANG KALAH SAING DENGAN ANIME JEPANG

Detail berakting yang diperhatikan oleh Rikako yang memerankan Yae muda. (Sumber: YouTube Netflix Indonesia)
Detail berakting yang diperhatikan oleh Rikako yang memerankan Yae muda. (Sumber: YouTube Netflix Indonesia

Hal serupa juga dilakukan sama Rikako yang memperhatikan cara Hikari memegang benda. Hikari yang memerankan Yae dewasa sangat hati-hati saat memegang buku. Contohnya saat Hikari memegang lembaran foto dari kapsul waktu yang ia tanam, ia memegang dengan ujung-ujung jari. Maka hal serupa juga dilakukan sama Rikako yang memerankan Yae muda. 

Ketiga detail inilah yang makin bikin First Love jadi drama Jepang terbagus yang pernah gue tonton. Walaupun ceritanya klise dan ending-nya agak nanggung, tapi overall First Love sangat layak untuk lo masukkan ke wishlist tontonan lo, Civs! (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Bercita-cita menjadi seperti Najwa Shihab. Member of The Archipelago Singers.