Music

TAK PERLU JUAL GINJAL! INI ESTIMASI BUDGET NONTON KONSER COLDPLAY

Sebelum memutuskan nonton konser Coldplay, gimana kalau kita intip dulu estimasi pengeluarannya, kira-kira bakal cukup nggak ya uang tabungan kamu buat healing tipis-tipis November nanti.

title

FROYONION.COM - Seperti yang diketahui bahwa Coldplay telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan mengadakan konser perdananya di di Indonesia pada 15 November 2023 mendatang melalui akun Twitter resmi Coldplay, @coldplay, Selasa 9 Mei 2023. Coldplay adalah band asal Inggris beranggotakan empat personel ini akan mengadakan konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Indonesia.

Asia & Australia dates announced for November 2023,” tulis Coldplay.

Indonesia menjadi salah satu negara yang dikunjungi oleh Music of the Spheres World Tour leg Asia. Selain Jakarta, Coldplay juga akan mengunjungi Kaohsiung, Kuala Lumpur, dan Tokyo.

Dilansir dari Billboard, Coldplay duduk di posisi 7 dalam daftar highest grossing tour in the world. Tur konser A Head Full of Dreams Tour (2016-2017) dan berhasil mencatat pendapatan hingga USD 254 juta atau Rp7,7 triliun dari 115 pertunjukan yang mereka gelar.

BACA JUGA: THE GREAT RESIGNATION: HATI-HATI RESIGN HANYA KARENA IKUT TREN DOANG!

Jadi nggak herankan kalau euphoria konser dari Coldplay ini besar banget, dan kini Indonesia bakal jadi salah satu tujuan mereka buat konser tahun ini. Pasti bakal keren banget.

Uang bisa dicari tapi kalau nonton Coldplay di Indonesia mungkin nggak akan ada kesempatan lain selain kali ini. Ya nggak? Nah, tapi kira-kira tabungan cukup nggak sih buat nge-cover biaya nonton konser tersebut?

Jangan sampai uang dana darurat kamu kena imbasnya hanya demi buat nonton konser ya.

Tapi tenang-tenang, Froyonion bakal sajikan estimasi dan rincian pengeluaran buat kamu yang kebelet banget mau nonton konser Coldplay yang pastinya low budget, mulai dari estimasi tiket konser, transportasi, hotel, makan dan lain sebagainya.

ESTIMASI TIKET KONSER

Penjualan tiket untuk konser akan dilaksanakan pada Jumat, 19 Mei 2023 mendatang, hal ini disampaikan langsung oleh pihak promotor, PK Entertainment. Penonton bisa membeli tiket melalui situs coldplayinjakarta.com.

Update terbaru penjualan tiket konser Coldplay di Jakarta akan terbagi menjadi dua jenis. Yang pertama, penjualan presale pada 17-18 Mei yang bekerja sama dengan BCA, kemudian kloter kedua penjualan akan dilaksanakan secara publik pada 19 Mei 2023.

Dilansir dari laman resmi dari BCA, untuk penjualan tiket presale pada tanggal 17-18 Mei dan penjualan umum tanggal 19 Mei akan dapat diakses mulai pukul 10.00 WIB. 

Perlu diingat bahwa pembelian tiket pada periode 17-18 Mei 2023 hanya bisa dilakukan menggunakan beberapa bank yang telah bekerjasama, yaitu Kartu Kredit BCA (Visa, Mastercard, AMEX, JCB). Selain itu, menggunakan Debit BCA Mastercard, serta Virtual Account BCA melalui myBCA, BCA mobile, KlikBCA dan ATM BCA. Oh ya, selain itu, para penonton juga dimohon untuk bijak dalam membeli tiket, nantinya penonton hanya bisa membeli maksimal 4 tiket per transaksi atau per alamat e-mail.

BACA JUGA: ANIMO MASYARAKAT UNTUK DATANG KE FESTIVAL MUSIK TERUS MENINGKAT PADA 2023

Jadi kalian harus gercep, buat war tiket sama orang se-Indonesia, gimana udah siap belum? Nah tapi sebelum war tiket nanti, udah siapin belum uang buat beli tiketnya? Jangan sampai pas waktu hari-H malah kurang uangnya.

Daftar harga tiket dan layout konser Coldplay di Jakarta, Indonesia resmi dirilis pada Kamis 11 Mei 2023. Dalam unggahan di media sosial, promotor mengumumkan tiket akan terbagi dalam 11 kategori.

Dilansir dari siaran resmi, PK Entertainment, harga tiket konser Coldplay di Stadion Utama Gelora Bung Karno akan dijual mulai harha Rp800 ribu hingga Rp11 juta yang menjadi paket dengan harga termahal.

Tapi info ini di luar pajak pemerintah yang umumnya 15 persen dan biaya administrasi sebesar empat persen ya.

1. Ultimate Experience (CAT 1): Rp11 juta

2. My Universe (Festival): Rp5,7 juta

3. CAT 1 (Numbered Seating): Rp5 juta

4. Festival (Free Standing): Rp3,5 juta

5. CAT 2 (Numbered Seating): Rp4 juta

6. CAT 3 (Numbered Seating): Rp3,25 juta

7. CAT 4 (Numbered Seating): Rp2,5 juta

8. CAT 5 (Numbered Seating): Rp1,75 juta

9. CAT 6 (Numbered Seating): Rp1,25 juta

10. CAT 7 (Numbered Seating): Rp1,25 juta

11. CAT 8 (Numbered Seating): Rp800 ribu

Kesebelas kategori tersebut tentu saja menawarkan berbagai keistimewaan sesuai dengan harganya. Contohnya saja tiket Ultimate Experience yang akan ditempatkan di CAT 1 dibanderol dengan harga Rp11 Juta ini kamu akan memiliki sejumlah keuntungan mulai dari akses backstage, akses masuk venue eksklusif, hingga merchandise

Kemudian, kategori selanjutnya My Universe yang dihargai Rp5,7 juta. Penonton akan dimanjakan dengan keuntungan termasuk akses masuk venue lebih awal hingga merchandise.

Lalu kategori lain, yaitu CAT 1 yang dibandrol dengan harga Rp5 juta, kemudian ada Festival seharga Rp3,5 juta dan CAT 2 dibanderol Rp4 juta.

Untuk kategori selanjutnya, CAT 3 dijual dengan harga Rp3,25 juta, CAT 4 seharga Rp2,5 juta, CAT 5 dibanderol Rp1,75 juta, dan CAT 6 dan CAT 7 dijual dengan harga Rp1,25 juta.

Kemudian CAT 8 didapuk sebagai kategori termurah dengan harga jual tiket Rp800 ribu. Sebagai informasi semua kategori yang tersedia adalah numbered seating, kecuali kategori festival yang merupakan free standing di area lapangan.

TRANSPORTASI, TIKET HOTEL DAN MAKAN

Untuk transportasi sebenarnya ada beberapa pilihan seperti pesawat terbang, bus, travel atau menggunakan kereta. Namun, karena kita mencari yang low budget kali ini kita bakal menggunakan kereta aja ya, guys. Sebagai contoh saja, kita akan berangkat dari Surabaya ke Jakarta menggunakan jasa layanan kereta api.

BACA JUGA: RESMI! COLDPLAY BAKAL MANGGUNG DI GBK 15 NOVEMBER

Untuk tiket kereta api dari Surabaya ke Pasar Senen, Jakarta, kamu bisa menggunakan kereta api Dharmawangsa dengan kelas Ekonomi. Kamu cukup membayar Rp245.000 sekali jalan, untuk tiket PP kamu akan membayar Rp490.000.

Lama perjalanan kereta ini akan memakan waktu sekitar 11 jam perjalanan, kereta akan berangkat pada pukul 22.35 WIB dari stasiun Pasar Turi, Surabaya dan akan sampai pada Pasar Senen, Jakarta pukul 09.25 WIB.

Buat hotelnya sendiri nggak perlu muluk-muluk deh, nggak usah nyari hotel yang punya city view, city light dan sebagainya. Cari saja hotel bintang dua atau tiga seperti OYO atau Reddoorz yang ada di sekitar GBK, ada banyak kok. Kita ambil contoh saja, Super OYO 101 Apple Platinum yang terletak di Tanah Abang ini menawarkan harga sewa sekitar Rp260.000 saja per-malamnya. Jika dua malam maka, kamu hanya akan membayar sekitar Rp520.000.

Kemudian, sesampainya di Pasar Senen, agar lebih hemat kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti ojek online ke hotel terdekat. Untuk biaya ojek online berkisar Rp20.000-50.000 sekali jalan. Jika sendirian, kamu bisa menggunakan jasa ojek online motor ke hotel Super OYO 101 Apple Platinum dengan harga Rp23.000 saja. Kemudian, jika menggunakan mobil, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp42.000 saja.

BACA JUGA: JOYLAND FESTIVAL JAKARTA BAKAL HADIRKAN INTERPOL DAN ALVVAYS PADA NOVEMBER 2023

Melihat kalau perjalanan dari Surabaya ke Jakarta memakan waktu yang cukup lama, yaitu 11 jam. Agar hemat biaya, sebelum berangkat persiapkan dulu amunisi makanan seperti makanan instan, atau cemilan lainnya sebelum berangkat.

Jangan lupa juga untuk membawa bekal, agar kamu tak kelaparan selama ada di dalam kereta. Walaupun, di kereta sebenarnya juga disediakan makanan, namun karena kita lagi di mode hemat jadi lebih baik membawa makanan saja.

Oh ya, kalau mau lebih hemat lagi ada baiknya niat dari awal harus dimantapkan, buat nggak keluyuran sebelum konser. Soalnya kalau nggak kamu bakal menghabiskan banyak uang untuk itu. Usahakan untuk nggak nongkrong-nongkrong dulu deh. Udah stay saja di hotel sambil istirahat agar nanti fit saat konser.

Paginya, kamu bisa mencari warung di sekitar hotel untuk makan pagi, jika kamu pintar mengatur uang mungkin untuk biaya makan hanya akan menghabiskan sekitar Rp 300.000 ribu saja atau bahkan kurang.

Setelah itu, kamu bisa siap-siap buat konser dan untuk menuju ke tempat konser, yaitu GBK gunakan transportasi ojek online, motor Rp24.500 dan mobil Rp42.000 – 50.000. Estimasi PP menggunakan motor sekitar, Rp50.000 saja.

Jika dikalkulasi, maka biaya yang akan kamu habiskan hanya sekitar Rp 3.560.000 aja lho, kita asumsikan harga tiket konser Coldplay kita ambil kategori 4 sekitar Rp2.100.000, tiket kereta dari Surabaya ke Jakarta Rp490.000, hotel Rp520.000, ojek online Rp150.000, Rp300.000 untuk uang makan.

Nah, itu tadi kira-kira prediksi biaya yang akan kamu habiskan untuk nonton konser band asal Inggris beranggotakan empat personil, yaitu Chris Martin (vocal, gitar), Johnny Buckland (guitar), Guy Berryman (bass), dan Will Champion (drum). (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Anandita Marwa Aulia

Hanya gadis yang suka menulis