Music

SERDADU SAM MELANGKAH MAJU DENGAN SINGLE BARU ‘THE LADY WITH THE SAPPHIRE IN HER EYES’

"The Lady with The Sapphire in Her Eyes" adalah bukti nyata dari kreativitas dan semangat Serdadu Sam dalam bermusik. Lagu ini hadirkan menunjukkan perkembangan Serdadu Sam sebagai seorang musisi.

title

FROYONION.COM Setelah sukses dengan single "Setengah Tiang" yang merupakan interpretasi ulang dari karya Harry Roesli pada Oktober 2023.

Serdadu Sam kembali hadir dengan single terbarunya "The Lady with The Sapphire in Her Eyes". Lagu ini dirilis melalui kerja sama dengan label rekaman demajors dan siap menggebrak industri musik Indonesia.

KARYA BERBEDA YANG PENUH ENERGI

Serdadu Sam kembali dengan karya terbarunya, "The Lady with The Sapphire in Her Eyes". Lagu ini menawarkan nuansa berbeda dari karya-karyanya sebelumnya, dan kisah dibaliknya pun tak kalah unik.

Ternyata, inspirasi lagu ini datang dari situasi tak terduga, yaitu saat kmacallo, sosok di balik moniker Serdadu Sam, menjalani karantina selama 10 hari. Di tengah kesepian dan kerinduan pada keluarga, kmacallo justru menemukan energi yang luar biasa untuk berkarya.

"Lagu ini mungkin satu-satunya lagu yang saya tulis dari nol sampai selesai dan bahkan sampai menjadi demo utuh hanya dalam beberapa jam saja," ungkap kmacallo. 

BACA JUGA: LINTAS RESONAN: WADAH KOLABORASI BAGI MUSISI LINTAS GENRE UNTUK EKSPLORASI

Meskipun proses pembuatannya singkat, lagu ini memancarkan energi dan emosi yang luar biasa, berbeda dengan lagu-lagu lain yang biasanya membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan.

"The Lady with The Sapphire in Her Eyes" menjadi bukti bahwa kreativitas dapat muncul kapan saja dan di mana saja, bahkan di tengah situasi yang sulit. 

Lagu ini juga menunjukkan kemampuan kmacallo dalam menuangkan emosinya ke dalam musik, dan semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu musisi indie paling menarik di Indonesia.

BACA JUGA: MALIQ & D'ESSENTIALS KEMBALI DENGAN ALBUM BARU 'CAN MACHINES FALL IN LOVE?'

MELODI CERIA DARI KERINDUAN

Di balik melodinya yang ceria dan energik, lagu "The Lady with the Sapphire in Her Eyes" menyimpan kisah tentang kesepian dan kerinduan. 

Diciptakan oleh Serdadu Sam, lagu ini menghadirkan progresi akord yang relatif sederhana dan durasi yang lebih singkat dibandingkan lagu-lagunya yang lain.

Kesederhanaan melodi "The Lady with the Sapphire in Her Eyes" justru menjadi kekuatannya. Lagu ini mampu membangkitkan perasaan optimis dan penuh harapan di tengah situasi yang sulit. 

Progresi akord yang mudah diingat dan durasi yang singkat membuat lagu ini mudah dinyanyikan dan diingat oleh para pendengarnya.

Dalam proses penciptaan lagu ini, Serdadu Sam tidak terinspirasi oleh referensi musik tertentu. 

Ia hanya mengikuti aliran emosinya dan menuangkan kerinduannya kepada orang yang dicintainya di rumah. Hal ini membuat "The Lady with the Sapphire in Her Eyes" terasa begitu personal dan menyentuh hati.

BEBAS BERKARYA DAN TERUS BERKEMBANG

Lagu ini juga menegaskan bahwa Serdadu Sam tidak ingin terikat pada format maupun genre tertentu. 

Ia selalu terbuka untuk bereksperimen dan menjelajahi berbagai kemungkinan dalam bermusik.

"Saya tetap berpegang pada metode kerja menangkap dan meresapi semua nada, sound, lirik, tempo maupun birama yang melintas di kepala kemudian saya tuangkan dan ramu di aplikasi garageband saya," tuturnya.

"The Lady with the Sapphire in Her Eyes" diproduseri oleh Serdadu Sam bersama dengan Fay Ismail. 

Serdadu Sam mengisi vokal utama dan tambahan keyboards, lalu didukung oleh musisi-musisi handal seperti Rishanda 'Sanip' Singgih (bass, keyboards, synthesizer), Rama Moektio (drums), Denny Chasmala (gitar), Heritage Kurniawan (trumpet), Wahyu Hidayat (saxophone), Raden Silvester (trombone), dan vokal latar yang diisi Serdadu Sam bersama dengan Fay Ismail, Diki Satya, dan Andi Pey.

Rilisan single ini juga dilengkapi dengan musik video berbasis artificial intelligence karya Aristama Roesli (director dan AI visual development) dan Ekyno (offline & online editor). 

Musik video ini menghadirkan visualisasi yang unik dan menarik, menambah daya tarik lagu "The Lady with The Sapphire in Her Eyes".

"The Lady with The Sapphire in Her Eyes" direncanakan menjadi single menuju perilisan album penuh debut Serdadu Sam pada tahun 2024 ini. 

Saat ini, Serdadu Sam sedang merampungkan beberapa materi lagu yang akan menjadi bagian dari album debutnya tersebut.

"Saya sangat excited dengan proses perampungan materi album debut saya ini," ungkap kmacallo. "Saya berharap rentang variasi musik dan sound yang cukup luas di album tersebut akan dapat dinikmati dan memberikan pengalaman yang unik bagi yang mendengarkan. Yang pasti dalam berkarya Serdadu Sam tetap akan teguh memegang semboyan berekspresi tanpa banyak ekspektasi."

BACA JUGA: BERI SENTUHAN BARU DI LAGU GALAUNYA, BERNADYA RILIS ‘KINI MEREKA TAHU’

Single "The Lady with The Sapphire in Her Eyes" sudah bisa didengarkan di seluruh platform streaming digital mulai 17 Mei 2024. Jangan lupa untuk mendengarkan dan rasakan energi baru dari Serdadu Sam!

Serdadu Sam sendiri terus mendapatkan dukungan dan apresiasi dari para pecinta musik di Indonesia. Nominasi Anugerah Musik Indonesia 2022 untuk kategori produksi progressive terbaik ini telah membuktikan kualitas karyanya.

Dengan talenta dan kegigihannya, Serdadu Sam diyakini akan terus berkarya dan menghasilkan musik yang berkualitas. Kita tunggu saja karya-karya luar biasa lainnya dari Serdadu Sam yang akan datang. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhamad Hendra Prasetya

Budak startup nyambi freelance