Music

RAN BERKOLABORASI DENGAN SALMA SALSABIL DALAM FOCUS TRACK DI ALBUM BARUNYA

Album baru RAN berjudul ‘Teater Nestapa’ yang rilis pada 23 Oktober, nantinya akan berisi 12 track. Pada album barunya, RAN berkolaborasi dengan Salma Salsabil dalam focus track “Hey Tunggu Dulu”.

title

FROYONION.COM - Band RAN yang terdiri dari Rayi, Asta, dan Nino kembali merilis album baru Teater Nestapa. Berselang delapan tahun dari album terakhirnya.  

Album baru RAN terasa megah hingga dibuatkan trailer, serta video klip dari dua track pembuka, yaitu “Rahasia#1” dan “Rahasia#2” yang disutradarai Aco Tenri.

Hal ini sekaligus membuat lagu dalam album baru RAN tidak hanya untuk didengar, tapi juga untuk ditonton lewat dua buah video klipnya yang sudah rilis.

Ide tersebut tidak lain adalah untuk menguatkan unsur teater dalam Teater Nestapa

Sekaligus menjelaskan bahwa setiap individu adalah tokoh utama di panggung teater kehidupan mereka masing-masing. 

CIPTAKAN FOCUS TRACK BERSAMA SALMA SALSABIL

RAN kerap mengundang artis populer untuk menjadi bagian dari albumnya. 

Misalnya kolaborasi dengan Tulus di album Hari Baru (2013). Juga kolaborasi dengan Kahitna dan Yura Yunita di album RAN (2016).

Lalu pada album Teater Nestapa, RAN mengajak Salma Salsabil untuk berkolaborasi dalam lagu “Hey Tunggu Dulu” yang menjadi focus track di album barunya.

BACA JUGA: KEMBALINYA KEGEMBIRAAN LAGU ANAK LEWAT ALBUM ‘RAN FOR YOUR KIDS’

Nino mengatakan bahwa sebelum mengajak Salma untuk berkolaborasi, ia telah memerhatikan penyanyi lulusan ajang pencarian bakat. 

“Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat semuanya keren, tapi Salma adalah penyanyi yang warnanya sama kayak RAN,” ujar Nino dalam press conference pada Kamis (17/10/2024).

Menurut Nino, Salma memiliki kecocokan dengan RAN. Misalnya dengan nuansa groovy yang sama pada lagu-lagunya.

CERITA-CERITA DALAM ALBUM TEATER NESTAPA

Album Teater Nestapa mengangkat banyak kejadian dalam hidup dari berbagai perspektif. 

Misalnya “Rahasia#1” dan “Rahasia#2” yang mengangkat fenomena perselingkuhan dari sudut peselingkuh dan selingkuhan.

Lalu “Hey Tunggu Dulu” yang tersaji dalam video klip bergenre action comedy bercerita tentang ajakan lekas menikah dari pasangan.

Cerita-cerita dalam album baru RAN sangat dekat dengan berbagai kejadian yang dialami anak muda dan orang dewasa.

BACA JUGA: ALBUM KEDUA TIGAPAGI BERJUDUL RUKIAH’S SUITES MENGANGKAT PUISI TAHUN 50-AN

Lagu-lagu lainnya mengangkat tentang kejadian ditinggal pasangan, perasaan tak dianggap, hingga nostalgia mengingat kenangan tentang orang yang sudah berpulang.

RAN sebelumnya kerap menghadirkan lagu fun dengan musik yang up beat. Nuansa nestapa atau sedih tak terbayang ternyata akan mereka sajikan di album terbarunya.

“Menjelang umur 40 tahun, kami merasa perlu ngasih tahu bahwa hidup isinya gak cuma happy, tapi juga ada sedih yang pasti datang,” ujar Nino.

BACA JUGA: PAROOTS, UNIT REGGAE ASAL PASURUAN BERKOLABORASI DENGAN MUSISI NIGERIA

Lewat album barunya, RAN membawa pendengar untuk merasa seakan berada di keadaan keadaan yang rumit, misalnya dalam masalah hubungan. 

Bukan untuk mengajari atau memberi solusi, tapi untuk membuat pendengar lebih bisa berpikir untuk merespons kesedihan dengan caranya masing-masing.

Cerita-cerita dalam album Teater Nestapa oleh RAN bisa kalian dengarkan dan tonton mulai 23 Oktober. Sebagai permulaan, kalian bisa menonton video klip lagu “Rahasia#1 dan “Rahasia#2” di YouTube. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung