Music

PESTA BEBAS BERSELANCAR: FESTIVAL MUSIK TERANYAR HADIR DI JUNI 2023

Tahun ini sepertinya tahun festival. Kali ini ada festival yang ingin mengangkat pengalaman crowd surf.

title

FROYONION.COM - Tahun 2023 Indonesia padat banget sama konser dan festival musik, baik lokal maupun luar. Sebut saja deh, konser Arctic Monkeys, NCT, Blackpink, lalu ada festival sekelas HITC, Dream Fest, Joyland Fest, Synchronize Fest dan Pestapora. Tapi, sudah tau belum ada festival musik teranyar bernama Pesta Bebas Berselancar 2023?

Pesta Bebas Berselancar adalah festival musik perdana yang terealisasi dari ide sekelompok anak muda. Acara musik ini perdana diselenggarakan di Bogor pada Juni mendatang. Kayak apa sih acaranya dan siapa aja line upnya? Yuk, cek disini!

Pesta Bebas Berselancar (PBB) awalnya adalah sebuah wacana. Ketika diwawancara, Naba selaku Communication Director sekaligus Festival Officer PBB bilang, “Awalnya ini dari omongan sama temen-temen kampus, kita semua suka buat event. Festival musik adalah salah satu yang paling kita suka. Akhirnya kita semua mecah buat nyari ilmu di luar, ikut festival-festival lain dan kumpul lagi pas pandemi. Alhamdulillah baru ada kesempatannya di 2023 ini.”

Ia mengatakan kalau jarang ada festival medium-high yang ngangkat tema spesifik tentang crowd surf. “Kita coba cari naming scheme yang kuat karakternya. Ada beberapa pilihan nama sih, tapi team sepakat dengan Pesta Bebas Berselancar (PBB).”

Konsep festival Pesta Bebas Berselancar adalah crowd surfing dengan hashtag #ThePartyMustGoOn. Berdasarkan riset team PBB, Bogor itu kuat dengan gigs dan genre yang diminati adalah pop punk, punk rock, dan sejenisnya. Lewat Pesta Bebas Berselancar, mereka ingin membawa kembali pengalaman crowd surf untuk pengunjung yang dateng.

Sebagai festival musik multigenre, Pesta Bebas Berselancar gak punya genre spesifik, walaupun tematiknya adalah crowd surf, line up PBB pun beragam, bahkan ada Nadin Amizah dan JKT48 juga yang jelas-jelas buka penyanyi punk rock.

“Kita tidak ingin membatasi genre atau musik tertentu, justru ingin ngebawa tema crowd surf ini agar bisa dinikmati atau diekspresikan oleh siapapun yang datang dengan cara apapun. Makanya ada kata “Bebas” di Pesta Bebas Berselancar.” ungkap Naba.

Hmm.. yang mau moshing-moshing monggo, yang mau chilling juga silakan gitu, ya?

Nah, selain pertunjukan musik, nantinya pengunjung bisa mengikuti beragam aktivitas menarik yang disediakan di venue serta mengunjungi bermacam lapak jualan“Nanti gak cuma live music, bakal ada kejutan dari beberapa delegasi kita, ada yang di panggung dan ada yang bukan di panggung,” kata Naba, “bentuk kejutannya bakal kaya gimana? Dateng aja ke PBB. Buat audience kita yang ngikutin dari awal pasti paham kalo kita suka kasih kejutan hahaha!”

KEMENDAGIGS: PRA ACARA PESTA BEBAS BERSELANCAR YANG APIK ABIS

Dalam usaha menggaet lebih banyak calon penonton dan branding acara, PBB memiliki gigs pra-acara bernama Kemendagigs. Kemendagigs ini merupakan serangkaian pra-acara dari PBB yang dibalut dengan suasana intimate.

Kemendagigs diselenggarakan dengan mengundang beberapa delegasi yang namanya sudah tidak asing lagi. Selain menjadi branding, seri pra-acara ini dimaksudkan untuk silaturahmi antar penikmat musik serta mengangkat musikalitas daerah dengan melakukan kolaborasi bersama ekosistem dan kolektif kreatif lokal.

MAU DIJADIKAN FESTIVAL MUSIKNYA ANAK BOGOR

Pemilihan lokasi di Bogor juga bukan tanpa alasan, Civs. Team Pesta Bebas Berselancar melihat gerakan kolektif dan animo dari audience Bogor sangat kuat di gigs dan ternyata sangat sesuai dengan tema acara mereka.

Naba juga berharap kalau nantinya festival musik ini bisa jadi hajatan tahunannya anak-anak Bogor, “Kita berharap PBB bisa jadi hajatannya anak-anak bogor buat silaturahmi sama bikin karya, dan kita juga sangat berharap PBB bisa berdampak terhadap industri kreatif daerah Bogor sekecil apapun itu entah di komunitas, kolektif, UMKM, atau pekerja kreatif lainnya.”

MENGHADIRKAN MORFEM, REALITY CLUB, DEWA 19 SAMPAI JKT48!

Meskipun bisa dibilang baru, Pesta Bebas Berselancar memiliki delegasi-delegasi top dan terkenal yang akan meramaikan acara mulai dari Morfem, Dongker, The Jansen, The Panturas, Munhajat, Flourish, Tipe-x, The Changcuters, Reality Club, Andra and The Backbone, Dewa 19 sampai idolanya para wota, JKT48! 

Bukan main, masa yang kayak begini dilewatin sih? Pesta Bebas Berselancar akan hadir di Bogor, tepatnya di Ring 2 Stadion Pakansari, 17 Juni 2023. Mau tahu lebih banyak? 

Langsung cek official account Pesta Bebas Berselancar di Instagram di bawah ini atau klik tautan ini untuk info pembelian karcis. 

Nah, tertarik buat dateng ke Pesta Bebas Berselancar 2023 gak? Atau kamu sudah beli tiket festival lain di tahun ini? Mana aja sok atuh, asal inget ya Civs, hidup cuma sekali. Nabung boleh, tapi jangan lupa nyenengin diri sendiri ya. Nyesel itu belakangan, kalau di awal namanya daftar ujian! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Anisa Ramadhani

Sibuk menjalani dan menikmati hidup di dunia yang seru tapi fana ini. Menulis adalah salah satu dari hobi selain bersosialisasi, travelling dan ngecekin playlist Spotify orang lain.