Music

PAROOTS, UNIT REGGAE ASAL PASURUAN BERKOLABORASI DENGAN MUSISI NIGERIA

Irama reggae, dancehall, dan rock di dalamnya klop dengan tema lirik semangat dalam lagu-lagu Paroots. Kolaborasinya dengan Kay-S menyempurnakan warna musik “For Love”.

title

FROYONION.COM - Band Reggae andalan dari Pasuruan, Paroots, merilis single berjudul "For Love". Nantinya Paroots akan menggelar release party pada 29 September 2024 di kallula Cafe, Pasuruan.

 Ini adalah lagu yang spesial, karena dalam isian lagu "For Love" Paroots berkolaborasi dengan Kay-S, musisi asal Nigeria. 

Sang vokalis, Hanum, Mengatakan bahwa “For Love” berarti “sebab cinta”. Ia mengatakan bahwa cinta punya spektrum makna yang luas. Ia merasakannya dari orang-orang sekelilingnya yang paling dekat hingga yang paling jauh sekalipun.

“Tidak ada tempat yang benar-benar jauh. Tidak ada sesuatu yang benar benar berjarak. Sebab cinta, semuanya hanya sebatas urat nadi. Cinta benar benar luas,” katanya. 

BACA JUGA: SERUAN UNTUK BERTAHAN OLEH BAP LEWAT ALBUM BARU ‘WAKE UP! LOOK ALIVE!’

Pengalaman pribadi Hanum membawanya menulis lirik “For Love” tahun lalu. baginya, cinta yang membuat makna kehidupan bisa benar-benar hidup. 

“Sesuatu yang sering terjadi membersamai kehidupan kita sehari hari. Ada begitu banyak rupa cinta. Cinta menguatkan, cinta membuat kita bisa,” ujar perempuan yang juga pengusaha angkringan itu. 

PAROOTS DAN SPIRIT CINTA DALAM LIRIK

Soal lirik, Paroots adalah band dengan penulisan yang bagus. Sang mastermind-nya yakni sosok Hanum selalu membuat prosa yang indah perihal semangat, cinta, dan tentunya dengan bumbu-bumbu filosofinya. 

musik reggae-nya dengan tempo yang tergolong cepat, seakan memberikan suntikan semangat bagi pendengarnya.  

Corak musik yang mereka suguhkan juga penuh warna. Ada irama dancehall sekaligus rock di dalamnya yang cukup klop dengan tema lirik semangat dalam lagu-lagu Paroots. 

Kolaborasinya dengan Kay-S menyempurnakan warna musik “For Love” yang juga menulis lirik untuk bagian yang dinyanyikan Kay-S. Ide Paroots menggandeng musisi dari negeri minyak itu berawal dari koneksi pertemanan Hanum dengan Kay-S.  

Ngalor ngidul, iseng kami ingin bikin lagu bareng. Lalu teringat materi yang sempat medak sejak tahun lalu, dengan sinergi dari teman-teman Paroots akhirnya terciptalah lagu kolaborasi ini,” terang Hanum. 

PROSES PENCIPTAAN KARYA

Pembuatan single ini melibatkan dua tim produksi. Paroots mempercayakan kawannya dari Lumajang yakni Rizki Alfiansyah untuk mixing dan mastering.  

Dari timnya Kay-S, dibantu oleh Blu Disco dari kota yang sama yaitu Lagos, Nigeria. Sedangkan artwork dikerjakan oleh seniman Pasuruan, Abraham.

“Untuk pembuatan video klip kami percayakan pada Mas Wildan Sora Sore. Dan Kay-S punya tim produksi video klip sendiri di sana. Lalu kami menggabungkan semua kredit filenya,” ungkap Hanum. 

Untuk diketahui saat ini personil Paroots adalah Hanum sebagai vokalis. Antox sebagai lead guitar, Hanafi sebagai rhythm guitar, Adi sebagai bassist. Bangpras penabuh perkusi, Mad Jalil penggebuk dram, dan Yudi sebagai kibordis.

For Love merupakan single ketiga setelah kepergian sang vokalis, Jijul, pada 20 februari 2022 lalu. Kemudian estafet mikrofon dilanjutkan oleh sang keyboardist sekaligus istri Jijul, Hanum.

 Setelah rampung rangkaian perilisan “For Love”, Paroots berencana akan membuat album dari berbagai single yang telah mereka rilis. 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Ugik Endarto

Pegiat di Perpustakaan Jalanan Wahana Baca juga berkecimpung di Metallagi.com