Music

MERENUNGI JENJANG KARIER MUSISI BERSAMA BASBOI LEWAT SINGLE ‘ITU AKU’

Menggaet band The Adams, musisi hip-hop Basboi merilis single baru berjudul “Itu Aku”. Single tersebut mengangkat pergolakan pikirannya sebagai musisi tentang hal yang ia raih dan ia tinggalkan.

title

FROYONION.COM - Musisi hip-hop asal Medan, Basboi berkolaborasi dengan band rock ibukota, The Adams, melahirkan single “Itu Aku”.

Single “Itu Aku” memiliki lirik dan musik yang menarik di telinga. Misalnya pada permulaan lagu, terdapat bait Muka siapa yang di papan iklan sepanjang jembatan?/ Itu aku.

Potongan lirik di atas terdengar seakan menggembar-gemborkan karya dan pencapaian di industri musik hip-hop.

Namun, kalau akan dipahami berbeda dengan mendengar bait lanjutannya. Bisa kalian simak pada baris Siapa yang tinggalkan tersayang demi kesempatan? Itu aku.

Kalimat berikutnya malah menunjukkan sisi lain yang lebih dalam dari hidup seorang musisi. Tercermin lewat lagu tersebut upaya Basboi untuk rela berjarak dengan keluarga di Medan demi berkarya di Jakarta.

BACA JUGA: BASBOI: MENGHIDUPKAN KEMBALI NOSTALGIA URBAN DALAM ERA MODERN

“Lagu ini mengabadikan rasa-rasa positif seperti bangga, puas dan senang. Tapi di saat yang bersamaan juga merasa sedih, bersalah, takut, dan penyesalan,” kata Basboi. 

Menurut Basboi, perasaan campur aduk tersebut adalah hal penting baginya. Lagu “Itu Aku” pun ia tulis sebagai bentuk harapan untuk bisa membuat momen menjadi monumen.

MEMULAI KOLABORASI DENGAN THE ADAMS

Baskara Rizqullah alias Basboi sempat menggandrungi album CTV3: Cool Tape Vol. 3 oleh Jaden. Ia merasa musik Jaden cukup familiar di telinga, dan yang terlintas adalah nama grup musik The Adams.

Ide untuk berkolaborasi dengan The Adams pun muncul. Basboi langsung mengunjungi markas The Adams untuk bersua sekaligus mengajak mereka untuk melakukan kolaborasi. 

The Adams pun setuju dengan ajakan Basboi. Formasi band The Adams saat ini antara lain Saleh Husein (gitar vokal), Ario Hendrawan (gitar vokal), dan Gigih Surto Prayogo (drum).

BACA JUGA: FORMULA THE ADAMS DALAM MERACIK MUSIK AGAR TETAP SEGAR

Draft lagu pun Basboi sajikan kepada tiga personil The Adams. Kemudian Trio tersebut pun lanjut membuat aransemennya.

“Jadi gue dengar dulu lirik lagu ‘Itu Aku’,” kata Ario. “Dan yang kebayang di kepala gue adalah panorama saat naik mobil di Jalan Sudirman tahun 2000-an yang sepi malam-malam, dengan temaram lampu-lampu di jam 2 pagi. Itulah suasana yang gue angkat.” 

Dari demo yang tersedia, Ario pun membuat dinamika lagunya seakan berada di dalam perjalanan. Lalu The Adams menambahkan unsur-unsur lain, seperti vokal latar dan harmoni. 

PERMULAAN DARI ALBUM KEDUA BASBOI

Bukan sekadar single, “Itu Aku” juga jadi permulaan dari album kedua Basboi yang rencananya akan rilis pada bulan Oktober mendatang.

Proyek lagu ini adalah  lagu kolaborasi pertama dalam sejarah karier The Adams sejak melepas album Agterplaas (2019). Ario Hendarwan dari The Adams menjadi produser dalam pembuatan lagu “Itu Aku”.

Single “Itu Aku” akan dirilis oleh Dominion Records dan bisa kalian dengar mulai Jumat, 13 September. Video klip “Itu Aku” juga akan tayang dan bisa kalian tonton di YouTube pada hari yang sama. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung