Music

MENIKMATI MUSIK SENJA POP ‘3/12’ RILISAN TERBARU MRNMRS 

Kalau kalian mendengarkan musik MRNMRS, single barunya yang berjudul 3/12 ini pastinya menjadi salah satu lagu yang ditunggu-tunggu. 3/12 sudah bisa kalian dengarkan.

title

FROYONION.COM - Grup musik asal Bandar Lampung, MRNMRS merayakan 12 tahun bermusiknya dengan kembali merilis single baru bertajuk "3/12" pada 17 Mei 2024. Buat yang belum tahu, grup band ini cukup dikenal karena berhasil membawa musik-musik senja pop yang banyak digandrungi anak-anak muda zaman sekarang.

Meskipun memang, harus diakui jika genre musik yang mereka bawa ini sangat niche dan cenderung tidak dapat dinikmati oleh sembarang orang. 

Lantas bagaimana cerita dari single baru 3/12 yang baru dirilis ini? 

BACA JUGA: NOBLE END RILIS BERBISA, SEBUAH LAGU TEENAGE ROCK EMPAT CHORD TANPA BASA-BASI

Ibev, sang vokalis menyebutkan jika lagu ini menceritakan tentang trio personel band ini yang akhirnya berhasil membawa MRNMRS ke umur 12 tahun. Ibev (vokal), Panji (bass), dan Steven (drum) melihat kembali bagaimana perjalanannya bermusik dahulu hingga akhirnya menjadi seperti sekarang ini. 

Lagu ini memiliki lirik yang diambil dari potongan-potongan judul lagu mini album mereka She's on Process yang merupakan lagu debutnya mereka. 

Beberapa lirik menarik yang dibawa, misalnya: “Await is still the theme”, “Yet our boat still on the way”, “And the trees is getting older”, “Well, Beardy man still battle”, yang dijadikan sebagai pengingat kalau MRNMRS masih belum banyak bergerak, banyak diamnya.

BACA JUGA: BERKOLABORASI DENGAN MALIQ & D’ESSENTIALS, ASTRA SAJIKAN HIBURAN SERU KETIKA CAR FREE DAY

Memang, jika melihat jauh ke belakang grup band ini punya cerita banyak dalam bermusik. Membawa keunikan tersendiri di Indonesia karena musiknya sangat khas dengan instrumen gitar dan mengkombinasikan berbagai genre seperti blues, pop, jazz, funk, dan groove. 

Belum lagi, setiap lagi yang mereka rilis selalu menggunakan bahasa Inggris yang apik dan mudah dipahami. 

“Single “3/12” memiliki arti dimana 3 adalah kami para personil yaitu Ibev, Panji, dan Steven. Lalu 12 yang menjadi tanda MRNMRS sudah berumur 12 tahun,” kata Ibev dalam keterangan resmi yang diterima tim Froyonion.com

MUSIK DENGAN LIRIK MOTIVASI 

Membawa khas lain MRNMRS, lagu ini kembali mengangkat teman dengan kalimat-kalimat motivasi yang dibalut musikalitas tinggi. Kalau kata mereka, lirik motivasi ini memang sengaja digarap untuk memotivasi diri MRNMRS sendiri agar terus bisa ngeband yang maksimal pasca pandemi. 

Dia pun berharap, cerita dan semangat barunya juga akan sampai ke seluruh pendengar lama dan juga baru nantinya.

BACA JUGA: DUA VERSI, SATU KISAH: KEAJAIBAN CINTA DALAM ‘CANDYRELLA’

Tetap konsisten membuat musik tanpa suara gitar, “3/12” dibuat sedikit full power namun tetap disisipkan nada – nada manis ala MRNMRS hanya dengan layer bass, bassbox (set drum minimalis), dan sedikit sentuhan synthesizer, “3/12” akan jadi jembatan dan juga mesin pemanas menuju perilisan full album pertama MRNMRS, yang punya rencana di rilis tahun 2024 ini.

Sebagai informasi, MRNMRS sendiri sudah merilis total 2 Mini Album: “Pretty Butterfly” (2012) and “She’s on Process” (2019). Kemudian mereka juga memiliki tiga single:  "Forgive Us (2020)", "Money (2021)", “3/12 (2024)”. MRNMRS juga akan menjadi salah satu line-up yang pantas kalian nantikan di Java Jazz Festival 2024 ini. 

CARA TERBAIK NIKMATI MUSIK SENJA POP 

Nah, menikmati musik senja pop dengan gabungan berbagai genre seperti apa yang dibawa MRNMRS ini perlu trik khusus sepertinya. Karena memang tidak banyak orang yang pasti bisa merasa terhibur dengan musik sejenis ini. 

Untuk itu, kalian yang tertarik untuk ngulik dan pakai musik-musik MRNMRS untuk mengiringi hari-hari, coba deh untuk melakukan hal ini: 

  1. Dengerin saat suasana nyaman dan tepat
    Biasanya musik seperti MRNMRS ini harus dinikmati pada suasana yang cocok juga. Kalau kita membayangkan, suasana senja dengan pencahayaan yang lembut dan tidak terlalu menusuk wajah, pasti akan jadi pelengkap terbaik alunan musiknya. Sore hari dengan lampu hias ataupun lilin dan didengarkan di luar ruangan sambil menikmati pemandangan matahari terbenam dengan secangkir kopi. Cocok banget suasana syahdu seperti ini untuk memaknai setiap alunan musik yang dibawakan.
  2. Setiap detail musik yang menginspirasi
    Jangan lupa juga kalau salah satu keistimewaan musik lintas genre seperti ini ialah kompleksitas dari alunan musik yang terkandung di dalamnya. Kita terkadang perlu waktu yang sangat tenang untuk bisa menikmati setiap instrumen suara yang ada di lagu-lagu MRNMRS. Riff blues yang mendayu, melodi pop yang catchy, improvisasi jazz yang dinamis, groove funk yang menghentak, dan ritme groove yang menenangkan bisa membawa harmoni yang unik.
  3. Pengantar obrolan atau diskusi santai yang hangat
    Musik seperti ini juga sangat cocok untuk dinikmati bersama teman atau keluarga yang tengah mengadakan diskusi atau acara kecil-kecilan. Biasanya musik ini akan sangat nyaman didengarkan di luar ruangan dan dinikmati menjadi latar belakang obrolan yang hangat. 
  4. Musik yang menarik untuk dipelajari
    Bukan cuma untuk dinikmati saja, tapi musik senja pop seperti ini sangat menarik untuk dikulik lebih jauh apalagi kalau kita memang memiliki ketertarikan khusus pada alat musiknya. Sebut saja seperti, gitar, piano, bass, atau saxophone. Memahami cara memainkan alat musik tersebut akan membuat kita lebih menghargai kompleksitas dan keindahan musik yang didengarkan.
  5. Jelajah setiap makna lirik dan lagu
    Menggali lebih dalam lirik dan makna lagu bisa menambah lapisan baru dalam menikmati musik senja pop. Banyak lagu dalam genre ini yang memiliki lirik yang mendalam dan penuh makna. Mungkin bisa menjadi salah satu kegiatan menarik untuk kita bisa untuk mencari tahu cerita di balik lagu-lagu tersebut, baik melalui wawancara dengan artis, analisis lirik, atau diskusi dengan sesama penggemar. Soalnya, musik seperti ini memang memberi ruang yang luas bagi penikmatnya untuk bisa menggali dan menginterpretasikan setiap makna dibaliknya. 
  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Michael Josua

Cuma mantan wartawan yang sekarang hijrah jadi pekerja kantoran, suka motret sama nulis. Udah itu aja, sih!